x

2 Kompetisi Berdekatan, Ini yang Harus Dilakukan Ivan Kolev untuk Persija

Jumat, 8 Februari 2019 21:56 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Coro Mountana
Logo Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta saat ini tengah dipusingkan dengan dua kompetisi, yakni Piala Indonesia 2018/2019 dan Liga Champions Asia 2019. Lantaran jarak yang berdekatan.

Piala Indonesia 2018/2019 babak 16 besar rencananya akan dihelat pada 15 hingga 24 Februari 2019. Namun belum diketahui kapan Persija Jakarta main.

Di sisi lain Liga Champions Asia 2019 babak kedua kualifikasi akan berlangsung 12 Februari. Persija Jakarta akan bertolak ke Australia untuk melawan Newcastle Jets.

Baca Juga

Lebih lanjut, andai Persija Jakarta lolos ke babak berikutnya, Macan Kemayoran telah ditunggu oleh wakil Jepang Kashima Antlers pada 19 Februari.

Sehingga bisa dibilang jadwal pertandingan Liga Champions Asia 2019 dan Piala Indonesia 2018/2019 begitu dekat. Lantas apa yang mesti dilakukan pelatih Ivan Kolev?


1. 1. Rotasi Pemain

Aksi Alberto Goncalvez bersama Persija di Liga Champions Asia.

Bermain di dua kompetisi secara bersamaan membuat pelatih Ivan Venkov Kolev tampaknya harus melakukan rotasi pemain Persija Jakarta.

Sebab tak mungkin menurunkan seluruh pemain andalan dalam mengarungi dua kompetisi yang jaraknya begitu dekat ini. Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera dan kelelahan yang menimpa tim.

Baca Juga

Rotasi dilakukan demi menjaga kebugaran pemain. Sebab ada skuat Persija Jakarta saat ini bisa dibilang belum final dan bisa saja berganti.


2. 2. Fokus Kompetisi

Jakmania hadir di Stadion Jalan Besar, Singapura, untuk menyaksikan laga Home United vs Persija.

Lebih lanjut Persija Jakarta juga harus bisa fokus terhadap dua kompetisi yang jalannya berdekatan ini. Sebab kalau tidak malah bisa merembet ke laga-laga lainnya.

Bahkan wakil kapten Persija Ismed Sofyan menekankan rekan-rekannya untuk fokus mengahdapi Newcastle Jets di Liga Champions Asia. Sebab laga nanti tidak akan mudah.

Baca Juga

"Sekarang kami mesti fokus lawan Newcastle Jets, harus fokus! Sekarang lawan kami lebih berat supaya di sana tidak mengecewakan," kata Ismed di Jakarta, Kamis (07/02/19).


3. 3. Ubah Skema Bermain

Home United 1-3 Persija Jakarta

Terakhir adalah mengubah skema bermain ketika bertanding di Piala Indonesia 2018/2019 dan Liga Champions Asia 2019.

Hal itu dikarenakan komposisi pemain Persija Jakarta belum sepenuhnya. Bahkan pelatih Macan Kemayoran Ivan Kolev telah mendapatkan cara merepotkan lawan di Liga Champions Asia 2019.

“Saya sudah ada gambaran mau bermain seperti apa. Tapi saya tidak bisa sebutkan. Intinya kami sudah siap untuk menghadapi Newcastle Jets," tutur Kolev.

Baca Juga

Lebih lanjut jika bermain di Piala Indonesia 2018/2019, skuat Persija bisa dikatakan kuat. Sebab ada tiga pemain asing yang tak tampil di level internasional.

Meski begitu, ditekankan kembali kalau pelatih Ivan Kolev pastinya punya rencana lain untuk menangani Persija Jakarta menghadapi dua ajang berbeda.

Terus Ikuti Update Persija Jakarta dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Persija JakartaLiga Champions AsiaKratingdaeng Piala IndonesiaLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini