x

Lengkap! Jika Yoo Jae-hoon Jadi WNI, Timnas Punya Skuat Penuh Pemain Naturaliasi

Jumat, 8 Februari 2019 15:07 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim depan, kejutan terjadi usai kiper asal Korea Selatan Yoo Jae-hoon menyatakan bakal menjadi WNI.

Keputusan tersebut membuat Timnas sepak bola Indonesia memiliki skuat yang penuh dengan pemain naturalisasi.

Kiper kelahiran Korea Selatan ini sejatinya sudah resmi bergabung dengan klub Barito Putera, dan ditengah proses kepindahannya pihak klub menyebut sang pemain sedang menjalani proses naturalisasi. 

"Ada beberapa naturalisasi yang sebelumnya menjadi incaran kita, Yoo adalah salah satunya. Proses naturalisasi sedang berlangsung dan itu yang membuat kita tertarik mendatangkannya,” kata Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman.

Baca Juga

Yoo Jae-hoon sendiri telah merumput di Indonesia sejak tahun 2010 lalu, dan dengan pengalaman selama itu di kompetisi sepak bola Indonesia dirinya kemungkinan tak mendapat kesulitan untuk menjadi WNI.

Andai benar kiper berusia 35 tahun itu menjadi WNI, maka Timnas Indonesia akan mempunyai skuat yang penuh dengan para pemain naturalisasi.

Lantas siapa sajakah pemain-pemain naturalisasi yang bakal menghuni skuat Garuda tersebut. Berikut INDOSPORT coba merangkum ulasannya.


1. Kiper

Yoo Jaehoon

Di posisi penjaga gawang, jelas hanya akan diisi Yoo Jae-hoon lantaran cuman dirinya seorang yang sedang menjalani proses naturaliasi.

Meski telah berumur diatas 30 tahun, namun kemampuannya dalam membaca arah bola dan pengalaman bermain di Liga Indonesia patut mendapat perhatian khusus.

Tercatat dirinya pernah merengkuh sejumlah gelar bergengsi, diantaranya Indonesia Super League pada musim 2010/11 dan 2013 serta Inter Island Cup pada 2011.

Pemain Bertahan

Bek sayap Borneo FC, Diego Michiels

Cukup banyak pilihan di posisi ini, diantaranya adalah Fabiano Beltrame (proses), Victor Igbonefo, Bio Paulin, Mamadou Alhadji, OK John dan Diego Michiels.

Dari berbagai nama diatas, tampaknya hanya Igbonefo yang cukup terampil untuk membela Timnas. Sebab mantan pemain Persib Bandung itu pernah tampil diberbagai kompetisi Asia Tenggara, bahkan musim ini dirinya resmi berseragam PTT Rayong di Liga Thailand.


2. Pemain Tengah

Esteban Vizcarra (Persib Bandung)

Disektor pemain tengah ataupun gelandang, Timnas juga mempunyai cukup banyak pemain naturalisasi diantaranya adalah Esteban Vizcarra, Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly, Marc Klok (proses), Shohei Matsunaga (proses), dan Yoo Hyun-koo (proses).

Dari nama-nama tersebut hanya Stefano Lilipaly yang mampu memberikan prestasi cukup membanggakan bagi Indonesia, tepatnya saat pemain berusia 29 tahun ini menghantarkan Timnas meraih gelar runner up Piala AFF 2016 lalu.

Pemain Depan

Greg Nwokolo dan Andik Vermansyah menjadi rebutan fans MU untuk berfoto

Pada barisan penyerangan, terdapat cukup banyak opsi yang bisa dipilih skuat Timnas Indonesia. Sebab cukup banyak striker tajam yang justru memilih mengabdi dengan Merah-Putih, di antaranya adalah Greg Nwokolo, Beto Goncalves, Guy Junior, Herman Dzumafo, Osas Saha, Cristian Gonzales, Silvio Escobar (proses), dan Ilija Spasojevic.

Duet Greg Nwokolo, Beto Goncalves, Cristian Gonzales plus Ilija Spasojevic kemungkinan menjadi pilihan terbaik, meski salah satu pemain tersebut harus mengalah dan memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Baca Juga

Secara statistik, Cristian Gonzales jelas paling menonjol dimana ujung tombak asal Uruguay itu turut menghantarkan Timnas Indonesia ke babak final Piala AFF 2010, meski akhirnya skuat Garuda harus puas finish diurutan kedua.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaYoo Jae-hoonLiga 1TRIVIA

Berita Terkini