x

3 Temuan Menggegerkan yang Sudah Didapat Satgas Anti Mafia Bola

Minggu, 10 Februari 2019 06:41 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Prio Hari Kristanto
Pengaturan Skor Sepak Bola

INDOSPORT.COM - Lebih dari sebulan bekerja usai dibentuk, Satgas Antimafia Sepak Bola sukses menarik perhatian penggemar sepak bola nasional dengan berbagai gebrakannya.

Mulai dari menangkap tiga orang tersangka kasus pengaturan skor pada akhir desember 2018 lalu, hingga yang terbaru menetapkan status tersangka kepada tiga orang yang terbukti merusak barang bukti kasus pengaturan skor di kantor komisi disiplin (komdis) PSSI.

Selain menetapkan beberapa tersangka, gebrakan Satgas Antimafia Sepak Bola juga menghebohkan dengan beberapa barang bukti yang mereka temukan.

Baca Juga

Yang paling menghebohkan tentu adalah temuan terakhir di kantor komdis PSSI yang terindikasi sebagai data keuangan klub juara Liga 1 2018, Persija jakarta.

Selain dokumen yang akhirnya dirusak tiga tersangka itu, berikut INDOSPORT merangkumkan 3 dokumen yang sempat menghebohkan dalam daftar temuan Satgas Antimafia Sepak Bola.


1. Bukti Transfer ke Wasit Rp 45 juta

Lasmi Indriyani bongkar Mafia di liga 3.

Berawal dari laporan manajer klub Persibara Lasmi Inriyani, Satgas Antimafia Sepak Bola berhasil menangkap empat  tersangka. Mulai dari anggota Exco PSSI Johar Ling Eng, Dwi Irianto, mantan anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto, hingga wasit Nurul Safarid. yang memimpin pertandingan Persibara melawan PS Pasuruan. 

Penangkapan empat tersangka itu tak lepas dari temuan Satgas berupa bukti uang suap yang mencapai Rp 45 juta yang didapat dari Nurul Safarid dari Dwi dan Priyanto. Barang bukti itu didapat Satgas Antimafia Sepak Bola dalam bentuk Rp 40 juta uang tunai dan lima juta dalam bentuk bukti transfer.


2. Dokumen Anggaran Keuangan PSSI 2017 dan 2018

Penggeledahan kantor PSSI di FX Sudirman, Jakarta Pusat

Dalam gerakannya mengeledah tempat, Satgas Antimafia Sepak Bola memang kerap kali mengamankan dokumen yang kaitannya dengan masalah keuangan, seperti rekening bank dan laporan keuangan PSSI tahun 2017 dan 2018.

Temuan laporan keuangan PSSI tahun 2017 dan 2018 memang masih dalam analisis Satgas dan belum terindikasi dengan satu pun pelanggaran hingga saat ini. 

Namun, diamankannya bukti tersebut cukup menghebohkan karena dilakukan Satgas secara tiba-tiba dengan mengeledah dua kantor PSSI sekaligus.

Dalam pengeledahan di dua tempat itu, Satgas total mengamankan 224 dokumen dan juga tiga unit komputer.


3. Dokumen Keuangan Persija di Kantor Komdis

Logo Persija Jakarta

Satu yang paling menghebohkan dalam temuan Satgas Antimafia Sepak Bola adalah dokumen yang diduga kuat merupakan laporan keuangan klub Persija Jakarta.

Baca Juga

Menjadi menari karena dokumen tersebut di temukan di tempat yang tak semestinya kantor Komdis PSSI. Semakin menjadi pembicaraan ketika dokumen tersebut dirusak oleh dua orang yang kemudain ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Sepak Bola.

Terus Ikuti Update Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Liga IndonesiaLiga 2TRIVIALasmi IndaryaniSatgas Anti Mafia Sepak Bola

Berita Terkini