x

Merantau ke Negeri Orang, Ini 6 Pemain Britania Raya yang Sukses di Liga Italia

Selasa, 12 Februari 2019 13:11 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM – Merantau ke negeri orang lain bukanlah sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan. Diperlukan keberanian untuk meninggalkan zona nyaman untuk adu nasib di negeri orang dan itu ada pada para pemain sepak bola.

Buktinya dalam sejarah terdapat sejumlah pemain sepak bola yang tercatat merantau pergi ke negeri orang dan ternyata sukses. Terkhusus untuk pemain dari Britania Raya yang berani untuk bermain di tanah Italia.

Baca Juga

Sebagai catatan, Britania Raya itu tidak hanya Negara Inggris saja seperti yang dikenal orang awam selama ini. Britania Raya sejatinya mencakup 4 Negara berdaulat yaitu Inggris, Irlandia Utara, Wales, dan Skotlandia.

Biasanya pemain sepak bola dari Britania Raya enggan bermain di luar negeri utamanya Italia karena perbedaan budaya, suasana, dan gaya main. Akan tetapi baru-baru ini Aaron Ramsey sebagai orang Britania Raya memutuskan untuk bermain di Juventus.

Baca Juga

Langkah berani dari Aaron Ramsey ini perlu diacungi jempol karena bisa saja ia sukses di Italia. Seperti 6 pemain Britania Raya berikut ini yang sudah mengecap kesuksesan di tanah Italia.


1. David Beckham

David Beckham - AC Milan.

Pemain andalan Timnas Inggris ini bahkan bermain di Italia dalam dua periode yaitu saat bermain untuk AC Milan pada musim 2009 dan 2010. Meski sudah uzur, David Beckham tetap mampu mempertunjukan kemampuan mengumpan dan mengatur permainan.

Hasilnya, David Beckham berhasil membawa AC Milan meraih sejumlah kemenangan yang krusial di ajang Serie A Italia. AC Milan pun membayar kerja keras David Beckham dengan memanggilnya untuk bermain lagi di Italia pada tahun 2010.

Paul Gascoigne

Paul Gascogine - Lazio.

Paul Gascoigne dikenal dunia karena tangisannya yang begitu tulus ketika Inggris tersingkir dari Piala Dunia 1990 di Italia. Siapa sangka, Gascoigne ternyata kembali lagi ke Italia untuk membela Lazio pada musim 1992 dengan sejumlah penampilan gemilangnya.

Gascoigne sebelum Piala Dunia 1990 merupakan salah satu pemain paling potensial di Inggris. Sayang dikarenakan gaya hidup dan tekanan yang dialami, Gascoigne mulai redup dalam kariernya utamanya setelah bermain gemilang di Italia.


2. Paul Ince

Paul Ince - Inter.

Bermain gemilang di Manchester United dan Liverpool membuat Paul Ince ditaksir oleh Inter Milan. Pada akhirnya Paul Ince bergabung dengan Inter Milan pada musim 1995-1997 dengan pencapaian membawa tim ke partai puncak Piala UEFA.

Di akhir musim itu, presiden Inter Milan, Massimo Moratti sempat menawarkan perpanjangan kontrak. Namun sayangnya, Ince menolak dan memutuskan untuk bermain lagi di kampung halamannya, Britania Raya.

David Platt

David Platt - Sampdoria.

Satu lagi pemain Britania Raya sukses di Italia adalah David Platt yang sempat membela Bari, Juventus, dan Sampdoria. Hasilnya, David Platt berhasil meraih gelar Piala UEFA di tahun 1993 bersama Juventus dan Coppa Italia saat masih di Sampdoria pada musim 1994.

Terkhusus di Sampdoria, David Platt alami masa-masa terbaiknya bermain di Italia. Hal itu dikarenakan, David Platt dilatih oleh seorang pelatih bertangan dingin seperti Sven Goran Eriksson yang tahun lalu melatih Filipina.


3. Gerry Hitchens

Gerry Hitchens.

Gerry Hitchens adalah pemain Britania Raya yang miliki karier terlama di Italia yaitu, selama 9 tahun bersama sejumlah klub Italia seperti Inter Milan, Torino, Atalanta, dan Cagliari. Musim perdananya di Inter Milan, Hitchens berhasil mengemas 17 gol dalam 38 laga.

Setelah bermain baik di Inter Milan, Hitchens melanjutkan penampilan gemilangnya bersama Torino. Di Turin, Hitchens mampu mencetak 28 gol dari 89 pertandingan yang ia jalani bersama klub sekota Juventus itu.

John Charles

John Charles.

John Charles merupakan pemain yang direkrut oleh Juventus dari Leeds United pada tahun 1957. Di Juventus, John Charles bermain luar biasa dengan mampu mencetak 93 gol dari 150 partai di tanah Italia.

Sempat pulang kampung pada tahun 1962, John Charles akhirnya kembali lagi di Italia untuk bermain di AS Roma pada akhir tahun yang sama. Meski diganggu dengan cedera, Charles mampu tampil dalam 10 pertandingan dan berhasil mencetak 4 gol.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga Italia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.