x

3 Fakta Becamex Binh Duong, Calon Lawan Persija yang Juga Mantan Klub Simic

Rabu, 13 Februari 2019 20:10 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
logo Becamex Binh Duong

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta, resmi bermain di AFC Cup 2019 usai tersingkir di babak kualifikasi Liga Champions Asia.

Persija Jakarta tergabung dalam grup G bersama Becamex Binh Duong (Vietnam), Ceres Negros (Filipina), dan Shan United (Myanmar).

Pertandingan pertama Macan Kemayoran akan berlangsung Selasa (26/02/19). Laga tersebut bakal berlangsung di kandang Persija Jakarta.

Baca Juga

Persija Jakarta pada musim 2018 lalu pernah bertemu wakil asal Vietnam, yakni Song Lam Nghe An. Klub ibu kota tidak terkalahkan selama fase penyisahan, baik kandang maupun tandang.

Akan tetapi, Persija Jakarta kali ini patut waspada dengan Becamex Binh Duong. Binh Duong ternyata merupakan salah satu mantan klub dari striker asing Persija Jakarta, Marko Simic.

Terlepas dari itu, berikut portal berita INDOSPORT merangkum 3 fakta Becamex Binh Duong.


1. Mantan Klub Simic

Marko Simic saat masih bermain bersama Becamex Binh Duong

Marko Simic telah melalang buana ke sejumlah klub di daratan Eropa dan Asia Tenggara. Namun demikian, ia pertama kali mendaratkan kakinya ke ASEAN di negara Vietnam.

Pada tahun 2015, Simic mendarat di Vietnam untuk memperkuat Becamex Binh Duong. Striker asal Kroasia itu datang dari klub Serie C Italia, Pordenone.

Baca Juga

Semusim membela Binh Duong, Simic mengemas 4 gol dalam 6 pertandingan. Simic menghabiskan dua musim di V League 1 (Liga 1 Vietnam) sebelum akhirnya hijrah ke Malaysia.


2. Juara Piala Vietnam

Logo Piala AFC.

Becamex Binh Duong lolos ke AFC Cup 2019 berstatus sebagai juara Piala Vietnam 2018. Di kompetisi V League 1 2018, Binh Duong hanya finis di urutan ke-7 dari 14 peserta liga.

Tahun 2019 ini merupakan keikutsertaan Binh Duong di AFC Cup yang ke-3. Terakhir kali Binh Duong tampil di AFC Cup ialah tahun 2010.

Baca Juga

Kala itu, Binh Duong satu grup dengan Sriwijaya FC di babak penyisihan. Binh Duong finis sebagai runner up di bawah Sriwijaya FC.

Mereka saling mengalahkan di laga kandang. Sriwijaya FC menang 1-0 di kandang lewat gol tunggal Keith Kayamba Gumbs, sementara Binh Duong menang 2-1 di markas mereka sendiri.


3. 4 Kali Juara Liga

Becamex Binh Duong, klub Vietnam

Sejak pertama kali promosi ke kasta tertinggi pada musim 2003, Binh Duong sudah 4 kali meraih gelar juara V League 1. Gelar tersebut diraih pada tahun 2007, 2008, 2014, dan 2015.

Menariknya, pada musim 2015, Binh Duong masih diperkuat oleh Marko Simic. Simic turut menorehkan catatan manis di musim pertamanya.

Baca Juga

Binh Duong berhasil meraih dua kali juara secara beruntun. Rekor tersebut menjadi salah satu kehebatan tersendiri bagi tim yang bermarkas di Go Dau Stadium itu.

Binh Duong juga merupakan tuan rumah perdana sekaligus juara pertama turnamen antarnegara bertajuk Mekong Club Championship. Turnamen tersebut diikuti satu perwakilan dari klub negara Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan Thailand.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaVietnamAFC CupBola InternasionalMarko SimicTRIVIA

Berita Terkini