x

3 Striker Lokal yang Bisa Jadi Duet Amido Balde di Persebaya, Nomor 2 Tak Terduga

Rabu, 13 Februari 2019 13:45 WIB
Editor: Juni Adi
Ilustrasi logo Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COMPersebaya Surabaya kembali bergeliat dalam perburuan pemain di bursa transfer musim ini. Klub kebanggaan Bonek itu baru saja mendatangkan penyerang baru yakni Amido Balde.

Amido dikontrak selama satu tahun, usai lolos tes medis. Dirinya diproyeksikan sebagai suksesor David Da Silva yang hengkang usai kompetisi Liga 1 2018 selesai.

"Amido resmi akan bermain di Persebaya. Hari ini (Selasa, 05/02/19). Dia sudah bergabung bersama tim untuk menjalani latihan, meskipun hanya latihan ringan," kata pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Amido Balde sendiri didatangkan oleh Persebaya dari  Al Nasr, klub asal Lybia yang diperkuatnya musim lalu. Pemain asal Guinea-Bissau itu pernah memperkuat salah satu klub top Eropa, Glasgow Celtic hingga masuk skuat Portugal U-20.

Lantas, siapa striker lokal yang bisa menjadi tandem Amido di lini depan untuk melengkapi skema taktik Djanur yang hobi menurunkan tiga penyerang? Berikut INDOSPORT ulas kandidatnya:


1. Osvaldo Haay

David Silva bersama Osvaldo Haay berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Bali United.

Dibawah asuah Djajang Nurdjaman pada pertengahan musim lalu, Osvaldo Haay tampil menggila. Dirinya berhasil jadi tandem mematikan bersama David da Silva dan jadi top skor kedua klub.

Selain itu, Haay juga sukses membayar kepercayaan Djanur untuk menggantikan peran Irfan Jaya, karena dipanggil Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018 kala itu.

Pemain asal tanah Papua itu mampu mencetak 7 gol hanya dari enam pertandingan di paruh kedua Liga 1. Total ia membukukan 10 gol di musim 2018 lalu. Torehannya itu menjadikan Haay jadi top skor kedua Persebaya. 


2. Taufiq Hidayat

Thropy Piala Soeratin dibawa ke Lapangan Karanggayam. Minggu (10/2/19).

Selain mengandalkan penyerang lokal yang sudah ada, Djajang Nurdjaman juga berpeluang menduetkan Amido Balde dengan striker mudanya, yakni Taufiq Hidayat.

Taufiq musim ini tampil trengginas, dengan membawa Persebaya U-17 jaura Piala Soeratin U-17 baru-baru ini. Taufiq bahkan berhasil menggenapkan gelar juara dengan gelar top skor.

”Kita lihat lah, seperti halnya nanti ada yang dari U-17, kita lihat juga perkembangannya seperti apa,” kata Djajang Nurdjaman mengenai peluang pemain lokal untuk mengisi posisi striker.


3. Indra Setiawan

Indra Setiawan menerima penghargaan sebagai top skor Liga 2.

Pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman juga tidak menutup kemungkinan untuk mendatang striker lokal baru, jika menurutnya materi pemain saat ini khususnya lini depan belum membuatnya puas saat tampil di Piala Indonesia.

"Sekali lagi saya tidak terlalu terburu-buru (mencari striker lokal baru). Nanti tanya sana-sini tapi belum ada yang memuaskan," ujar Djanur pada Rabu (13/02/19).

Jika demikian, salah satu penyerang lokal yang berpeluang direkrut Bajul Ijo adalah Indra Setiawan. Penyerang PS Mojokerto Putra itu musim lalu tampil trengginas, dengan menyabet gelar top skor Liga 2 2018.

Indra juga berkeinginan untuk bertahan di kompetisi Liga Indonesia, setelah PSMP mendapat sanksi dari PSSI tidak boleh ikut berkompetisi musim 2019 ini.

Pemain berusia 28 tahun itu juga pernah mengikuti seleksi di Persija. Namun, nasibnya hingga kini belum jelas dan kemungkinan ia tidak lolos untuk memperkuat Macan Kemayoran.

Persebaya SurabayaDjajang NurdjamanLiga IndonesiaOsvaldo HaayLiga 1TRIVIA

Berita Terkini