x

Kratingdaeng Piala Indonesia: 3 Fakta Menarik Pasca Persebaya Bantai Persinga

Sabtu, 16 Februari 2019 18:34 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Tim Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Indonesia, Persebaya Surabaya baru saja melakukan pesta gol 8-0 lawan Persinga Ngawi pada babak 32 besar Kratingdaeng Piala Indonesia (16/02/19). Berikut fakta-fakta menariknya.

Setelah sempat mengalami penundaan beberapa kali, akhirnya laga antara Persebaya vs Persinga digelar. Berstatus sebagai tuan rumah, Persebaya pun menurunkan pemain terbaiknya dalam laga ini.

Baca Juga

Klub berjuluk Bajul Ijo itu memainkan 3 pemain asingnya sekaligus, termasuk dua asing anyarnya, Manuchekhr Dzhalilov dan Amido Balde. Tak pelak, sepanjang pertandingan, Persebaya mampu mendominasi.

Bahkan pertandingan baru berjalan satu menit, Persebaya sudah mampu unggul lebih dulu. klub asuhan Djajang Nurjaman ini pun menutup babak pertama dengan skor 3-0.

Di babak kedua, Persebaya tak mengendurkan serangan sama sekali. Seolah tak puas dengan skor 3 gol tanpa balas, Bajul Ijo justru semakin membuat Persinga hancur.

Baca Juga

Empat gol tambahan dicetak oleh para pemain Persebaya di babak kedua, sekaligus memastikan kemenangan dengan pesta gol 8-0 atas Persinga. Dengan kemenangan ini, Persebaya berhak lolos ke 16 besar dan bakal emenantang Persidago Gorontalo.

Pada laga Persebaya vs Persinga tadi, nyatanya terdapat beberapa fakta menarik. Berikut INDOSPORT merangkum 3 fakta menarik dari laga 32 besar Kratingdaeng Piala Indonesia itu.


1. Amido Balde Quatrick

Persebaya vs Persinga

Keputusan Djajang Nurjaman dan Persebaya dalam merekrut penyerang asing baru, Amido Balde nampaknya berbuah manis. Eks pemain klub Skotlandia, Celtic itu langsung tampil ganas di laga debutnya sore tadi.

Balde hanya membutuhkan waktu satu menit untuk bisa mencetak gol di laga perdananya bagi Persebaya. Sundulan pemain berusia 27 tahun itu berhasil menjebol gawang kiper Persinga dan membawa Bajul Ijo unggul 1-0.

Baca Juga

Selanjutnya, di menit ke-23 Balde kembali menyarangkan bola ke gawang lawan. Ia yang berdiri di depan gawang kiper lawan, tanpa pengawalan dan dengan mudahnya menceploskan bola menjadi gol.

Di babak kedua, Balde terus menggila. Memanfaatkan minimnya komunikasi pertahanan Persinga, Balde mencetak hattrick alias gol ketiganya bagi Persebaya pada menit ke-46.

Baca Juga

Seolah tak puas dengan tiga golnya, pada menit ke-61 Balde menambah pundi-pundi golnya. Lagi, penyerang berkepala plontos itu melakukannya melalui sundulan.


2. 2 Pemain Asing Anyar Cetak Gol

Amido Balde (Persebaya surabaya) saat rayakan gol dengan teman setimnya.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dalam laga ini Persebaya memainkan tiga pemain asingnya sekaligus. Termasuk dua pemain anyar Manuchekhr Dzhalilov dan Amido Balde.

Menariknya, meski baru melakukan debut, kedua pemain asing anyar itu langsung mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Bahkan, baik Dzhalilov maupun Balde nampak sudah nyetel dengan permainan tim.

Baca Juga

Hal itu terbukti dari Balde yang tanpa diduga-duga, sukses mencetak quattrick di laga debutnya. Istimewanya, tiga dari empat gol itu dibuat melalui sundulan kepala.

Sementara Dzhalilov, sepanjang pertandingan beberapa kali melakukan pergerakan-pergerakan yang berbahaya. Hasilnya, eks Sriwijaya FC itu mencatatkan satu gol (menit ke-79) dan satu assist dalam laga ini.


3. 4 Gol Sundulan

Sundulan Amido Balde (Persebaya surabaya) jebolkan gawang Persinga Ngawi.

Fakta yang terakhir ini bisa dibilang sangat menarik. 4 dari 8 atau setengahnya dari total gol Persebaya yang tercipta dalam pertandingan ini ternyata merupakan gol sundulan.

Gol sundulan pertama dicetak oleh Amido Balde. Penyerang asing itu menerima umpan manja dari seorang Manuchekhr Dzhalilov saat pertandingan baru berjalan satu menit.

Baca Juga

Selanjutnya, pada menit ke-23, giliran gelandang mungil Fandi Eko yang mengirimkan umpan matang kepada Balde. Tanpa ampun, pemain asal Guinnea Bissau itu langsung menyarangkan gol ketiga Persebaya.

Di babak kedua, Amido Balde kembali mencetak gol melalui sundulan kepala. Kali ini pada menit ke-60 setelah menerima umpan lambung dari Irfan Jaya.

Baca Juga

Terakhir, gol sundulan keempat Persebaya dipersembahkan oleh pemain asing anyar lainnya, yakni Manuchekhr Dzhalilov. Pemain asal Tajikistan itu mencetaknya di menit ke-79.

Terus Ikuti Update Seputar Kratingdaeng Piala Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persebaya SurabayaKratingdaeng Piala IndonesiaPersinga NgawiLiga IndonesiaManucheckhr DzhalilovTRIVIAAmido Balde

Berita Terkini