x

Juga Persipura, 4 Klub Ini Baru Ikut Lagi di Ajang Piala Presiden 2019

Senin, 18 Februari 2019 09:53 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola nasional pra musim Piala Presiden di musim 2019 telah menetapkan 20 tim yang ikut berpartisipasi. Berikut empat (4) klub yang baru ikut kembali pada ajang ini.

Piala Presiden 2019 kali ini akan dihelat pada 2 Maret hingga 12 April mendatang. Dari 20 tim yang ikut akan dibagi ke dalam lima grup.

Tiap-tiap grup akan dihuni oleh empat tim, yang akan memperebutkan dua posisi teratas untuk dapat lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan urutan tiga harus menjadi yang terbaik.

Baca Juga

Piala Presiden 2019 juga akan dihelat di lima Stadion, yakni Stadion Si Jalak Harupat, Moch. Soebroto, Maguwoharjo. Patriot Candrabhaga, dan Kanjuruhan.

Meski begitu dalam 20 tim yang berpartisipasi ternyata ada empat klub baru tampil perdana lagi di Piala Presiden 2019. Siapa saja kira-kira?


1. 1. PSS Sleman

Skuat PSS Sleman jalani latihan

Klub pertama yang baru ikut kembali pada Piala Presiden di musim 2019 adalah PSS Sleman.  Klub berjuluk Super Elang Jawa ini tampaknya siap memberikan kejutan.

PSS Sleman terakhir kali ikut meramaikan ajang Piala Presiden adalah pada edisi 2017 lalu. Saat itu, PSS Sleman menempati posisi buncit Grup 1 dengan raihan tiga poin.

Baca Juga

Selang dua musim kemudian, PSS Sleman kembali ikuti ajang Piala Presiden 2019. Bahkan, turnamen ini menjadi persiapan untuk seleksi pemain.

"Piala Presiden 2019 sebenarnya bisa untuk trial, khususnya pemain asing. Kami bisa melihat kualitasnya, tapi kalau memang belum ada, ya, pakai pemain lokal saja tidak masalah," kata Seto di Sleman, Rabu (06/02/19).


2. 2. Persipura Jayapura

Suasana Latihan Skuat Persipura Jayapura di Stadion Mandala.

Kemudian, klub kedua adalah Persipura Jayapura, yang baru ikut lagi pada edisi Piala Presiden 2019. Sebelumnya ,terakhir kali mereka ikut ialah pada 2017.

Pada edisi 2018, sebenarnya Persipura ingin ikut, tetapi terpaksa absen karena terkena masalah dana yang belum cair dari operator kompetisi Liga 1 2017 PT LIB.

"Bagaimana kami mau ikut (Piala Presiden 2018) kalau ada utang yang belum lunas," ujar Sekretaris Persipura Rocky Babena, Rabu (10/01/18).

Baca Juga

Persipura saat ini berharap untuk bisa melakukan uji coba sebelum terjun di Piala Presiden 2019. Mereka tergabung di Grup C dan bermain di Magelang.

"Saya minta minggu depan kalau bisa. Saat ini saya baru persiapkan dan konsentrasi dengan tim dulu untuk kami perbaiki kekurangan yang ada baru kami bisa menjalani uji coba," ungkap pelatih Persipura, Leandro, kepada INDOSPORT, Jumat (15/02/19).


3. 3. Persita Tangerang

Skuad Persita kala berjumpa Arema FC, Minggu (03/02/19).

Selanjutnya, ada klub Liga 2, Persita Tangerang, yang baru ikut kembali pada ajang Piala Presiden 2019. Terakhir kali Persita ikut adalah edisi 2015 lalu.

Saat itu, langkah Persita Tangerang terhenti di posisi tiga babak Grup C usai hanya meraih dua angka saja dari dua hasil imbang dan satu kekalahan.

Baca Juga

Kali ini, Persita Tangerang tengah menyiapkan tim untuk bisa berbicara banyak di Piala Presiden 2019. Apalagi, Persita kini dilatih oleh Widodo C. Putro.

"Saya hanya menunggu manajemen sambil mempersiapkan tim, melakukan seleksi pemain, latihan dan uji coba," kata Widodo di Tangerang, Jumat (15/02/19).


4. 4. Semen Padang

Skuat Semen Padang FC saat menjalani pra musim jelang Liga 1 2019.

Terakhir, ada klub asal Sumatera Barat, yakni Semen Padang, yang ikut kembali berparitisipasi di ajang Piala Presiden 2019. Terakhir kali Semen Padang ikut ialah pada 2017 lalu.

Semen Padang sempat memulai langkah yang apik sampai akhirnya terhenti pada babak semifinal usai dikalahkan Arema FC dengan agregat 3-5.

Baca Juga

Kini, Semen Padang tengah mempersiapkan tim untuk kembali mengukir prestasi yang pernah didapat sebelumnya. Latihan taktikal kerap dilakukan.

"Persiapan kami untuk menghadapi Piala Presiden saat ini perbandingannya 60-40 untuk taktikal. Dalam dua-tiga minggu ini, kami terus matangkan tim," tutur pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli, Rabu (13/02/19).

Terus Ikuti Update Piala Presiden 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Persita TangerangSemen PadangPersipura JayapuraPSS SlemanPiala PresidenLiga IndonesiaTRIVIAPiala Presiden 2019

Berita Terkini