x

5 Selebrasi Gokil Pesepak Bola yang Berujung Kartu Merah

Rabu, 20 Februari 2019 16:30 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Selebrasi Neymar usai cetak gol ke gawang Liverpool

INDOSPORT.COM - Seorang pemain sepakbola umumnya akan melakukan selebrasi usai berhasil menciptakan sebuah gol. Hal tersebut menjadi hal yang lumrah, mengingat itu merupakan ekspresi kebahagiaan setelah sukses membobol gawang tim lawan.

Momen selebrasi pun dimiliki dengan cara yang berbeda-beda bagi setiap pemain. Mereka meluapkan kegembiraan mencetak gol dengan beragam gaya bersama rekan setimnya.

Akan tetapi, siapa sangka seorang pemain bisa lepas kontrol saat melakukan selebrasi. Karena ada saja selebrasi unik atau nyeleneh yang malah menjadi boomerang bagi si pencetak gol. 

Baca Juga

Alhasil, aksinya itu kerap menyulut emosi wasit hingga akhirnya si pemain harus menerima kartu merah. Berikut, lima pemain yang malah berbuah kartu merah dan menerima nasib apes tersebut yang INDOSPORT rangkum. 


1. 1. Edinson Cavani

Edinson Cavani kesakitan dalam pertandingan Liga Champions.

Striker andalan Uruguay dan PSG ini amat sumringah saat berhasil mencetak gol lewat titik penalti saat Paris Saint-Germain bertandang ke markas Lens pada pekan ke-10 Liga Prancis 2014-2015.

Cavani pun merayakan golnya dengan bergaya ala penembak jitu yang menargetkan jarinya ke arah penonton. Sangat disayangkan, selebrasi yang dilakukannya dianggap sensitif dan berlebihan. 

Cavani pun diganjar kartu kuning oleh wasit. Tak suka dengan keputusan tersebut, Cavani akhirnya mendorong sang pengadil sehingga kartu kuning kedua didapatkan penyerang tersebut dan malah berujung menjadi kartu merah.

2. Lukasz Sapela

Sepertinya nasib buruk sedang dialami kiper Miedz Legnica, Lukasz Sapela. Setelah sukses menggagalkan penalti tim lawan, Sapela melakukan selebrasi dengan menunjukkan otot tangan bagian bisep.

Hal ini ia lakukan ketika masih memperkuat klub Azerbaijan, Ravan Baku, melawan Qabala di liga kompetisi kasta tertinggi Azerbaijan pada Februari 2014.

Secara mengejutkan, wasit yang memimpin pertandingan malah memberikan kartu merah langsung kepada Sapela. Imbasnya, kiper yang kini berusia 36 tahun itu pun harus meninggalkan lapangan lebih cepat ketimbang pesepakbola lainnya.


2. 3. Medi Dresevic

Carlos Tevez kini bermain untuk Boca Juniors

Gaya Dresevic dalam merayakan hattrick-nya memang out of the box. Bek Norrby IF ini berhasil mencetak tiga gol untuk membantu timnya menang 6-1 atas Tvååker di pertandingan Divisi Satu Swedia pada Agustus 2016.

Ketika berhasil mencetak gol ketiganya dalam pertandingan, bek tengah Swedia ini segera berlari ke bangku penonton, dan berlagak seolah menjadi penonton bola sambil bertepuk tangan.

Sayangnya, wasit tidak menyukai tindakan selebrasinya yang dianggap berlebihan dan memperlambat permainan. Akibatnya, begitu kembali ke lapangan ia pun segera disambut dengan kartu kuning keduanya yang berujung pengusiran keluar lapangan.

4. Carlos Tevez

Selebrasi yang dilakukan Tevez dianggap kontroversial. Pada saat itu, laga antara Boca Junior kontra River Plate di Liga Argentina tahun 2004 memang sedang dalam tensi yang tinggi. 

Usai mencetak gol dan melepaskan bajunya, Tevez pun melakukan tarian layaknya ayam dengan mengepak-kepakkan kedua tangannya. Menurut wasit, selebrasi Tevez dinilai telah meremehkan lawan.

Karena itu, wasit pun tanpa ampun segera mengeluarkan kartu merah dari sakunya.


3. 5. Neymar Jr

Selebrasi Neymar usai cetak gol ke gawang Liverpool

Di tahun 2011, Neymar Jr. digadang-gadang menjadi pemain yang memiliki prospek untuk berkembang menjadi pesepakbola kelas dunia di Amerika Selatan. Karena itu, gerak-gerik Neymar pun selalu mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Saat membela Santos, Neymar melakukan selebrasi dengan memakai topeng bergambar wajah dirinya sendiri usai mencetak gol di ajang penyisihan Grup 5 Piala Libertadores di Vila Belmiro, 6 April 2011. 

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

NeymarCarlos TevezEdinson CavaniBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini