x

10 Fakta Penting yang Wajib Diketahui Tentang Piala Presiden 2019

Kamis, 21 Februari 2019 11:34 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Kompetisi pramusim Piala Presiden 2019 bakal digelar pada 2 Maret 2019 yang akan dimulai dengan pertandingan pembuka Persib Bandung vs Tira Persikabo di Stadion si Jalak Harupat, Bandung.

Ketua Panitia Pelaksana (OC) Piala Presiden 2019, Iwan Budianto mengatakan jika Piala Presiden 2019 mendatang akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca Juga

Selaku Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan juga menyatakan bahwa pihaknya bakal terus mempercepat persiapan teknis maupun nonteknis agar turnamen sepak bola itu nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Untuk itu, berikut 10 fakta yang wajib Anda ketahui tentang Piala Presiden 2019.

1. Penyelenggaraan Keempat

Piala Presiden 2019 merupakan penyelenggaraan keempat setelah sebelumnya telah berlangsung yakni di tahun 2015, 2017, dan 2018.

Dari empat sesi ini, hanya pada penyelenggaraan pertama yang ditangani oleh operator swasta yaitu Mahaka Sports and Entertainment. Kemudian setelah itu langsung dipegang oleh PSSI.

Baca Juga

Tim Persib Bandung pun menjadi jebolan juara perdana di Piala Presiden pertama. Kemudian, tahun 2017 disusul oleh Arema FC yang menjadi kampiun. Serta gelaran terakhir, Persija Jakarta yang duduk berjaya di Piala Presiden 2018.


1. 2. Babak grup diikuti 20 tim, lima tuan rumah

Tiga klub yang pernah juara Piala Presiden.

Piala Presiden 2019 diikuti oleh 20 tim, yang terdiri dari tim Liga 1 dan perwakilan Liga 2, serta dibagi dalam lima grup. Kompetisi di babak grup ini berlangsung di satu stadion yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kendati demikian, salah satu tim yang telah masuk daftar peserta masih mungkin diganti karena mereka belum mengkonfirmasi terkait keikutsertaannya.

Keputusan tersebut akan berakhir jika hingga Rabu (20/02/19) belum ada kepastian, maka klub yang berasal dari Liga 1 Indonesia itu akan diganti. Mengenai hal inipun PSSI sendiri enggan memberitahukan secara resmi nama klub yang belum mengesahkan keterlibatannya tersebut.

Baca Juga

Berikut pembagian grup Piala Presiden 2019.

Grup A - digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung: Persib Bandung (tuan rumah), Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan Tira-Persikabo.

Grup B - digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi: Bhayangkara FC (tuan rumah), Semen Padang, Bali United dan Mitra Kukar.

Grup C - digelar di Stadion Moch. Soebroto, Magelang: PSIS Semarang (tuan rumah), PSM Makassar, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra.

Grup D - digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman: PSS Sleman (tuan rumah), Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC.

Grup E - digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang: Arema FC (tuan rumah), Persela Lamongan, Persita Tangerang dan Barito Putera.

3. Format Baru

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menyebut turnamen pramusim Piala Presiden 2019 akan menerapkan format baru khusus untuk laga final.

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2019 bakal menerapkan format kandang-tandang untuk laga final.

Menurut Iwan, alasan utama ini diambil karena semata-mata keputusan tersebut untuk meningkatkan jumlah penonton.

Baca Juga

"Final akan digelar dengan sistem kandang dan tandang, rencananya berlangsung pada 9 dan 12 April 2019," ujarnya.

4. Alur Menuju Juara

Guna lolos menjadi juara Piala Presiden 2019, tim peserta pertama-tama harus melaju ke babak delapan besar.

Kemudian mereka yang lolos ke perempat final itu ialah juara grup bersama tiga peringkat kedua terbaik. Di delapan besar ini, pertandingan berlangsung masih dengan format satu tuan rumah.

Lalu, tim tersebut harus melewati semifinal yang berlangsung dengan format baru yakni, kandang-tandang.

Terakhir, tim tersebut resmi menjadi juara jika menyelesaikan partai final, yang juga bersistem kandang-tandang, dengan memperoleh kemenangan.


2. 5. Hadiah

Logo Piala Presiden 2018.

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto mengungkapkan bahwa juara kompetisi pramusim Piala Presiden 2019 nanti, akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 3,3 miliar rupiah.

"Tim juara akan mendapatkan Rp3,3 miliar dipotong pajak. Persis seperti edisi tahun lalu," tutur Iwan, juga selaku ketua panita pelaksana (OC) Piala Presiden 2019.

Hadiah "runner up" turnamen juga masih sama dengan edisi tahun 2018 yaitu berhak memperoleh 2,2 miliar rupiah. Namun, penurunan hadiah terjadi pada peringkat ketiga yang kini hanya meraup 750 juta rupiah dan jumlah yang sama juga akan diperoleh tim peringkat keempat.

Baca Juga

Sejumlah kategori terbaik lainnya di Piala Presiden 2019 juga akan diberikan apresiasi. Di antaranya, pencetak gol terbanyak menerima Rp150 juta, pemain terbaik 250 juta rupiah, pemain muda terbaik mendapat Rp150 juta dan wasit terbaik juga kebagian 50 juta rupiah.

6. "Match Fee" dan Subsidi

Setiap tim yang berlaga di Piala Presiden 2019 akan menerima biaya pertandingan atau "match fee" yang besarnya tergantung hasil pertandingan.

Di turnamen kali ini, tiap-tiap tim memperoleh Rp125 juta jika memenangkan pertandingan, Rp75 juta untuk kalah dan Rp100 juta kalau laga berakhir imbang.

Selain itu, lewat konsep lima tuan rumah di fase grup, setiap tim yang berstatus tandang akan mendapatkan tunjangan transportasi sebesar 100 juta rupiah.

Baca Juga

Sedangkan bagi tuan rumah bakal diberikan subsidi Rp800 juta yang nantinya digunakan untuk melayani tiga klub lainnya di babak grup.

7. Pemain Asing

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menyebutkan bahwa regulasi pemain asing di Piala Presiden 2019 adalah tiga plus satu, sama seperti yang akan diterapkan di Liga 1 Indonesia tahun 2019.

Tiga plus satu artinya setiap tim berhak diperkuat tiga pemain yang berasal dari seluruh negara di dunia dan satu sisanya wajib dari Asia.

Terkait hal tersebut, Tisha mengatakan jika ini masih akan dirinci lagi dalam pertemuan manajer Piala Presiden yang rencananya diadakan pada Rabu, 27 Februari 2019 mendatang.


3. 8. Perizinan

Pembukaan Piala Presiden 2018 diwarnai pertunjukan seni.

Mengenai pemain asing, PSSI tidak mau Piala Presiden diganggu permasalahan terkait perizinan tinggalnya di Indonesia.

Akhirnya kini PSSI pun menjalin koordinasi dan komunikasi dengan banyak pihak seperti Kementerian Ketenagakerjaan dan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Iwan Budianto berpesan menjelang tanggal 2 Maret 2019, saat Piala Presiden 2019 akan dimulai, pihaknya bekerja keras untuk menuntaskan semua terkait perizinan baik dengan kepolisian, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan lainnya supaya seluruhnya berjalan sesuai dengan harapan.

9. Uji coba

Piala Presiden 2019 bakal menjadi ajang bagi klub untuk mengetes kelayakan para pemain barunya, baik itu lokal maupun asing.

Hal lain, PSSI juga memanfaatkan Piala Presiden 2019 untuk menguji kerja Badan Independen Wasit Profesional yang bekerja sama dengan pihak Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

10. Siaran Langsung

Wakil Ketua OC Piala Presiden 2019, Harsiwi Achmad mengatakan bahwa pihaknya akan menayangkan secara langsung seluruh pertandingan, yakni sebanyak 40 laga turnamen pramusim tersebut.

Direktur stasiun televisi pemegang hak siar Piala Presiden 2019 ini juga menyampaikan selain melalui televisi, yang disebut tidak akan diacak jika ditonton melalui antena biasa, serta keseluruhan laga itu juga dapat disaksikan secara "streaming" melalui laman daring.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

PSSIJoko WidodoPiala PresidenLiga IndonesiaTRIVIAPiala Presiden 2019

Berita Terkini