x

8 Pemain Pinjaman yang Bisa Saja Jadi Pahlawan Chelsea

Sabtu, 23 Februari 2019 17:10 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Yohanes Ishak
Para pemain Chelsea tertunduk sedih saat timnya mendapatkan kekalahan.

INDOSPORT.COMChelsea tak bisa mendatangkan pemain baru di dua jendela transfer mendatang lantaran menerima sanksi dari FIFA. Namun, The Blues bisa berharap kepada para pemain pinjamannya.

FIFA menjatuhkan sanksi tersebut setelah Chelsea melanggar regulasi transfer pemain. Salah satunya adalah mendatangkan pemain di bawah usia 18 tahun –termasuk Bertrand Traore pada tahun 2013.

Atas sanksi tersebut, Chelsea baru diperbolehkan membeli pemain baru pada awal musim 2020/21. Hal ini tentu patut membuat manejemen Chelsea resah mengingat mereka butuh pemain baru untuk meningkatkan performa tim yang sedang menurun dalam beberapa pertandingan terakhir.

Baca Juga

Namun ada celah bagi Chelsea. Sanksi FIFA tersebut tak melarang klub Roman Abrmovich itu untuk memulangkan para pemain pinjamannya.

Chelsea kini memiliki 41 pemain yang dipinjamkan ke beberapa klub. Sekarang tinggal bagaimana manajemen bisa memilah para pemain yang telah ‘lulus’ dari masa peminjamannya.

Salah satu pemain muda berbakat yang bisa dipulangkan The Blues adalah Charly Musonda Jr. yang sedang dipinjamkan ke Vitesse Arnhem.

Charly Musonda Jr, gelandang serang muda milik Chelsea yang sedang dipinjamkan ke Vitesse Arnhem.

Pemain ber-KTP Belgia ini memiliki permainan yang gesit, cepat, dan agresif yang tentunya jika ia kembali ke Stamford Bridge akan membuat Chelsea tetap membuat lini serang yang apik.

Selain Musonda Jr. tentu masih banyak pemain bintang lainnya yang bisa dipulangkan pada musim panas mendatang. Siapa sajakah mereka? Berikut adalah beberapa pemain pinjaman yang layak dipertimbangkan untuk kembali memperkuat Chelsea musim depan:


1. 1. Christian Pulisic

Christian Pulisic resmi ke Chelsea.

Christian Pulisic sebenarnya telah resmi bergabung dengan Chelsea pada Januari lalu. Namun, ia memutuskan untuk tetap berada bersama Borussia Dortmund hingga akhir musim 2018/2019.

Hal tersebut karena Dortmund masih membutuhkan servis gelandang serang berusia 20 tahun tersebut dalam perebutan gelar juara Bundesliga musim ini. Pulisic juga menjadi pilar penting Die Borussen di Liga Champions.

Saat ini Pulisic telah tampil sebanyak 22 kali di semua ajang. Ia telah membantu Dortmund kini bertengger di puncak klasemen Bundesliga dan membawa timnya ke babak 16 besar Liga Champions.

Dengan talenta yang dimilikinya, Pulisic diprediksi juga akan menjadi bagian penting di Stamford Bridge musim depan.

2. Tiemoue Bakayoko

Tiemoue Bakayoko

Awalnya, Bakayoko dipinjamkan karena tak cukup membuat manajer anyar Chelsea, Maurizio Sarri, terkesan. Namun, performanya justru gemilang bersama raksasa Italia, AC Milan.

Gelandang asal Prancis ini menjadi tulang punggung kebangkitan Rossoneri di Serie A. Meski belum mencetak gol, namun peran vitalnya di lini tengah AC Milan tak tergantikan.

Bakayoko telah tampil sebanyak 20 laga dan berhasil membawa Milan menempati tangga keempat Serie A. Rossoneri pun berpeluang besar untuk kembali mentas ke Liga Champions musim depan.

Nama gelandang lain yang patut diperhitungkan adalah Mario Pasalic yang juga tampil moncer bersama Atanlanta musim ini.

3. Kurt Zouma

Kurt Zouma, bek tengah Chelsea yang sedang dipinjamkan ke Everton.

Bek asal Prancis ini menjadi pilar penting saat Chelsea meraih gelar Liga Primer Inggris pada musim 2015/16. Namun, cedera dan recovery yang tak terlalu baik membuatnya tersingkir dari skuat utama.

Ia kemudian menjalani peminjaman di Stoke City musim 2017/2018 sebelum kemudian dipinjamkan lagi ke Everton musim ini. Penampilannya bersama The Toffees cukup menawan.

Zouma nampaknya telah kembali ke performa terbaiknya. Ia kini telah bermain sebanyak 23 laga dan menyumbang satu gol dan dua assist.

Memulangkan Zouma bisa menjadi opsi untuk memperkuat lini pertahanan Chelsea yang dalam beberapa pertandingan berhasil digelontor banyak gol oleh lawan.

4.  Michy Batshuayi

Michy Batshuayi, striker Chelsea yang sedang dipinjamkan ke Crystal Palace.

Batshuayi juga menjadi bagian dari Chelsea saat meraih juara Liga Primer Inggris di musim 2016/2017. Namun, kemudian ia menjalani beberapa kali peminjaman.

Di awal musim 2018/2019, ia dipinjamkan ke Valencia, tetapi gagal bersinar. Kemudian ia dipinjamkan ke Crystal Palace pada Januari 2019.

Masa peminjaman bersama The Eagles mungkin akan lebih relevan bagi Batshuayi untuk kembali membela Chelsea. Karena tim tersebut sama-sama berkompetisi di Liga Primer Inggris.

Penyerang berusia 25 tahun itu diharapkan mampu berkembang dengan baik di Crystal Palac dan bisa menjadi jawaban dari permasalahan di lini depan The Blues yang belum terpecahkan walaupun telah mendatangkan Gonzalo Higuain.


2. 5. Lucas Piazon

Lucas Piazon, pemain sayap Chelsea yang sedang dipinjamkan ke Chievo.

Pemain sayap asal Brasil ini bisa dikatakan nyaris tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk bermain selama satu musim penuh bersama Chelsea.

Piazon lebih banyak dipinjamkan ke sejumlah klub Eropa, termasuk pada musim ini dirinya dipinjamkan ke klub Serie A Italia, Chievo Verona.

Dengan adanya larangan transfer seperti ini, jelas The Blues harus memberikan kesempatan bagi pemain yang telah berusia 25 tahun tersebut.

6. Victor Moses

Victor Moses, gelandang sayap Chelsea yang dipinjamkan ke Fenerbahce.

Gelandang sayap asal Nigeria ini sebenarnya patut diperhitungkan oleh Chelsea untuk dibawa pulang kembali. Ya, Moses jasanya tak terpakai oleh pelatih Maurizio Sarri yang pada akhirnya meminjamkannya ke Fenerbahce.

Dengan situasi seperti ini, memulangkan Moses dan kembali memberikannya kesempatannya bermain jelas akan menambah daya gedor bagi tim asal London Barat tersebut.

7. Kenedy

Kenedy, pemain Chelsea yang dipinjamkan ke Newcastle United.

Sama seperti Moses, peranan Kenedy juga tak terlalu membuat kesan di mata Sarri. Padahal, pemain asal Brasil ini belum pernah diberikan kesempatan oleh Sarri dalam laga resmi karena ia langsung dipinjamkan kembali ke Newcastle United.

Kenedy sebenarnya sudah dipinjamkan oleh pelatih Chelsea sebelumnya, Antonio Conte pada Januari 2018. Namun, pada musim 2018/19, Sarri tampaknya tak mau menggunakan jasanya sehingga ia pun langsung dipinjamkan kembali ke Newcastle United.

Bersama Newcastle, bisa dikatakan permainan Kenedy mampu berkembang dengan baik. Sehingga memulangkan Kenedy bukanlah pilihan yang salah.

8. Alvaro Morata

Striker pinjaman Atletico Madrid Alvaro Morata.


Pada awal musim kedatangannya ke Chelsea di musim 2017/18, Morata sempat mampu menunjukkan tajinya dengan baik. Sayang makin lama pemain asal Spanyol ini malah menunjukkan permainan yang kurang konsisten.

Kini, Morata pun dipinjamkan ke Atletico Madrid dengan harapan ia mampu mengeluarkan magisnya kembali. Meski sejauh ini Morata belum mencetak gol bagi Atletico, namun memulangkannya kembali ke London setidaknya masih bisa membuat kekuatan Chelsea tak terlalu berkurang.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Liga Inggris dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

ChelseaKurt ZoumaMaurizio SarriLiga InggrisChristian PulisicTiemoue Bakayoko

Berita Terkini