x

Jelang Final Piala Liga, Ini 3 Statistik Krusial Chelsea vs Manchester City

Sabtu, 23 Februari 2019 15:11 WIB
Editor: Juni Adi
Chelsea vs Manchester City

INDOSPORT.COM - Duel seru akan tersaji di ajang final Piala Liga Inggris antara Chelsea vs Manchester City, pada Minggu 24/02/19) malam WIB.

Akan berlangsung di Stadion Wembley, kedua tim tentu akan menampilkan permainan all out, untuk meraih gelar juara khususnya Chelsea.

Tim besutan Maurizio Sarri ini kemungkinan hanya bisa meraih dua gelar musim ini yakni Liga Europa dan Piala Liga Inggris. Sebab, mereka telah terlempar dari persaingan gelar juara Liga Primer Inggris dan Piala FA.

Baca Juga

Meski ini adalah turnamen kelas dua, namun penting bagi Sarri untuk memenangkannya demi menyelamatkan karier dia, setelah rentetan hasil buruk dalam beberapa laga terakhir.

Namun hal tersebut tidaklah mudah, karena Chelsea berus berhadapan dengan City yang dalam beberapa musim terakhir tampil konsisten berada dalam performa terbaik.

Apalagi Chelsea juga baru saja mengalami kekalahan telak 6-0, di pertemuan terakhir kedua pada ajang Liga Primer Inggris pekan ke-26. 

Baca Juga

The Citizens juga meraih lima kemenangan berturut-turut, termasuk comeback 3-2 melawan Schalke 04 di pentas Liga Champions. Catatan itu jadi modal penting bagi anak asuh Pep Guardiola.

Sebelum menyaksikan duel sengit ini, ada baiknya kita simak dahulu statistik mencengangkan kedua klub. Beriku INDOSPORT mengulasnya:


1. Statistik Kedua Tim dalam Meraih Gelar

Kovacic berusaha merebut bola.

Final Piala Liga Inggris musim ini, mempertemukan dua klub tersukses di Inggris dalam 10 tahun terakhir. Manchester City telah mendominasi turnamen ini dalam lima tahun terakhir, tiga diantaranya berhasil keluar sebagai juara (2014, 2016 dan 2017).

Selain itu, City juga mampu merajai Liga Primer Inggris dengan meraih tiga gelar dalam delapan tahun terakhir. Total, City meraup tujuh trofi dalam 10 tahun terakhir, yakni Liga Primer Inggris (3X), Piala FA (1X), dan Piala Liga Inggris (3X).

Begitu pun Chelsea, dalam 10 tahun terakhir mereka berhasil meraih kesuksesan besar dalam meraih gelar. Total The Blues memenangkan sembilan gelar prestisius sejak musim 2009/10 dengan rincian 1 Liga Champions, 3 Liga Primer Inggris, 3 Piala FA, 1 Piala Liga Inggris.

Dilansir dari Sky Sports, sejak musim 2009/10, tidak ada tim Inggris lain yang memenangkan banyak trofi utama seperti kedua klub ini.


2. Statistik Timpang Juru Taktik

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (kiri) dan Maurizio Sarri, pelatih Chelsea.

Final Piala Liga Inggris akan menjadi pertandingan besar bagi Maurizio Sarri sepanjang kariernya. Sebab, sejak ia melatih tahun 1990 lalu, baru kali ini bisa membawa tim yang dilatihnya ke partai final.

Fakta tersebut cukup timpang dengan reputasi besar Pep Guardiola. Juru taktik calon lawannya itu telah memenangkan 20 gelar bergengsi sepanjang karier jadi pelatih, termasuk tujuh gelar liga dan dua Liga Champions.

Maurizio Sarri vs Pep Guardiola.

3. Statistik Tajam Pemain Man City

Aguero dan De Bruyne.

Manchester City dapat angin segar jelang laga melawan Chelsea. Ya, klub berjuluk The Citizens itu berpeluang besar akan kembali diperkuat oleh Kevin De Bruyne, setelah sembuh dari cedera.

De Bruyne merupakan pemain kunci di lini serang City, karena mempunyai catatan yang sangat baik di Piala Liga Inggris. Ia sudah mencetak sembilan gol, pada turnamen tersebut sejak bergabung dengan City tahun 2015 lalu. 

Tidak ada gelandang yang mampu mencetak banyak gol seperti De Bruyne dalam lima musim terakhir Piala Liga Inggris. Selain De Bruyne, Manchester City juga punya pemain kunci lainnya yakni Sergio Aguero.

Penyerang asal Argentina itu merupakan pencetak gol terbanyak City ke gawang Chelsea. Total ia sudah mencetak 15 gol dari 18 penampilannya melawan The Blues.

ChelseaManchester CityPiala Liga InggrisLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini