x

3 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Wajib Main Lawan Vietnam di Piala AFF U-22 2019

Minggu, 24 Februari 2019 10:35 WIB
Editor: Coro Mountana
Skuat Timnas Indonesia U-22.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-22 akhirnya berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF U-22 2019 usai lolos dari grup B. Timnas Indonesia U-22 pun sudah ditunggu oleh Vietnam untuk memperebutkan tiket ke babak final.

Juara adalah target yang dicanangkan oleh PSSI kepada skuat asuhan Indra Sjafri di Kamboja, dengan kata lain Timnas Indonesia U-22 harus melewati hadangan Vietnam di babak semifinal. Masalahnya Vietnam bukan lawan yang mudah di Piala AFF U-22 2019.

Baca Juga

Menang atas Filipina dan Timor Leste, serta imbang dengan Thailand adalah bukti sahih kehebatan dari Vietnam di Asia Tenggara. Apalagi di tingkat senior, Vietnam saat ini merupakan yang terbaik di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, Timnas Indonesia U-22 perlu persiapan seperti taktik khusus agar bisa melaksanakan misi melewati tim terbaik di Asia Tenggara. Untuk menjalankan taktik itu, Indra Sjafri rasanya perlu memainkan 3 pemain Timnas Indonesia U-22 ini sebagai starter.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkumnya dalam 3 pemain Timnas Indonesia U-22 yang wajib main lawan Vietnam di Piala AFF U-22 2019.


1. Marinus Wanewar

Marinus Wanewar saat mengontrol bola melawan Komboja.

Kuat dan punya determinasi tinggi merupakan keunggulan dari seorang Marinus Wanewar sebagai penyandang nomor ‘9’ di Timnas Indonesia U-22. Nomor 9 tentu bukan nomor punggung Marinus (nomor 3), tetapi merujuk pada perannya sebagai penyerang tengah.

Catatan tiga gol di sepanjang turnamen menjadikan Marinus Wanewar saat ini tengah bersaing ketat dengan Tran Danh Trung dalam perebutan sepatu emas Piala AFF U-22 2019. Uniknya kedua pemain itu akan saling bertemu di babak semifinal sore nanti.

Baca Juga

Melihat peforma dan semangat yang sedang menggebu-gebu dari Marinus, rasanya tidak ada alasan untuk tak menurunkannya sejak menit awal. Ketahanan fisik yang mampu berduel satu lawan satu dengan lawan harus dimanfaatkan Timnas Indonesia U-22 untuk lebih banyak menguasai bola.


2. Awan Setho

Awan Setho melempar bola ke tengah gawang melawan Thailand

Meski tampil buruk bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018 lalu, sejatinya Awan Setho merupakan salah satu kiper paling potensial saat ini. Usia masih muda tetapi sudah banyak makan asam garam karena sering terpilih untuk membela Timnas Indonesia usia senior.

Biar bagaimanapun bicara soal posisi kiper maka tak akan lepas dengan faktor pengalaman. Sehebat apapun kemampuan seorang penjaga gawang, pasti akan kalah dengan seorang kiper yang memiliki pengalaman segudang sehingga mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Baca Juga

Tanpa mengerdilkan kiper Timnas Indonesia U-22 yang lain, Awan Setho adalah favorit untuk diberi kesempatan mengawal keperawanan gawang. Hanya saja Awan Setho perlu berhati-hati dengan sepakan jarak jauh dari para pemain Vietnam yang sering mereka lakukan.


3. Muhammad Luthfi Kamal

Muhammad Luthfi Kamal pencetak satu gol saat melawan Qatar U-19.

Sosok di lapangan tengah yang satu ini ibarat Jenderal Sudirman bagi Timnas Indonesia U-22 tahun ini. Ketenangannya menjadi penyeimbang di lini tengah membuatnya terlihat seperti pemain berusia 27 tahun padahal dirinya baru berumur 19 tahun.

Muhammad Luthfi Kamal sejatinya telah menjadi andalan Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19 kala bermain di ajang Piala Asia. Bahkan di level klub, dirinya bisa menembus tim utama Mitra Kukar yang berisi Bayu Pradana dan Danny Guthrie.

Baca Juga

Mengingat Vietnam memiliki gaya bermain high press yang sangat merepotkan, maka ketenangan dari Luthfi Kamal akan sangat dibutuhkan. Ketenangan akan membuat pemain Timnas Indonesia U-22 yang lain tidak panik dan tetap memainkan gaya sepak bolanya sendiri

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Timnas Indonesia U-22 dan Piala AFF U-22 2019 di INDOSPORT.COM.