x

Hasil Pertandingan Vietnam U-22 vs Timnas Indonesia U-22: Menang Tipis, Timnas Garuda ke Final

Minggu, 24 Februari 2019 17:30 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Timnas Indonesia menyerang pertahanan Vietnam.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 sukses menekuk Vietnam dalam laga semifinal Piala AFF U-22 2019 di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Minggu (24/02/19). Hasil ini sekaligus mengantar Timnas Garuda ke babak final untuk berhadapan dengan Thailand atau Kamboja pada Selasa (26/02/19) mendatang. 

Timnas Indonesia U-22 menang dengan skor tipis 1-0 atas Vietnam. Satu gol Indonesia diciptakan oleh Luthfi Kamal melalui skema tendangan bebas pada menit 70'.

Kedua tim bermain sama-sama ngotot dari babak pertama. Namun, pertandingan berjalan lebih menarik saat memasuki babak kedua di mana kedua tim sudah mampu bermain lebih menyerang dan terbuka.

Baca Juga

Dengan hasil ini maka Timnas Indonesia U-22 sukses melenggang ke final untuk berhadapan dengan Thailand atau Kamboja yang akan bertandingan malam ini. 


1. Babak Pertama

Marinus Wanewar menggiring bola.

Pertandingan berjalan  cukup membosankan di awal babak pertama. Kedua tim bermain hati-hati dan sering kehilangan bola saat tengah menyusun serangan mendekati kotak penalti.

Hingga pertengahan babak pertama, kedua kesebelasan masih sulit menembus pertahanan masing-masing. Namun begitu, pemain kedua tim sama-sama ngotot untuk menguasai bola.

Pada menit ke-19, Vietnam hampir membuka keunggulan melalui sundulan Tran Duc Nam yang masih melambung.

Pada menit 33' Timnas Indonesia mendapatkan peluang melaui tendangan bebas, namun bola terlalu lemah dan masih bisa dihalau kiper Vietnam, Phan Van Bieu.

Semenit berselang giliran Gian Zola yang melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Lagi-lagi, bola masih bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Vietnam. 

Pada menit 38 Vietnam mendapatkan peluang cukup matang. Melalui skema set piece, Nguyen Huu Thang menyundul bola yang masih menyamping tipis dari gawang Awan Setho. 

Kedua tim masih mencoba keras untuk menembus pertahanan, namun hingga wasit meniupkan peluit akhir babak pertama, tak ada gol yang tercipta di antara kedua tim. 


2. Babak Kedua

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Luthfi Kamal ke gawang Vietnam.

Pertandingan babak kedua berjalan lebih menarik di mana kedua tim tak lagi tampil hati-hati dan mulai terbuka. 

Pada menit ke-63 Vietnam hampir mencetak gol disebabkan blunder yang dilakukan barisan belakang Indonesia. Beruntung, tembakan keras dari Tran Duc Nam masih bisa diantisipasi Awan Setho.

Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol pada menit 70'. Melalui tendangan bebas, Luthfi Kamal sukses memperdaya kiper Vietnam untuk memberikan keunggulan bagi Timnas Garuda. 

Serangan Indonesia semakin baik setelah unggul 1-0 Namun memasuki menit 80', Timnas Indonesia terpaksa harus bertahan lantaran Vietnam terus menggempur pertahanan yang dikawal Nurhidayat. 

Walau terus menyerang, Vietnam gagal mencetak gol balasan. Skor 1-0 pun bertahan dan Indonesia lolos ke final Piala AFF U-22. 


3. Susunan Pemain

Marinus Wanewar (tengah) melakukan duel udara dengan pemain Vietnam.

Vietnam U-22: Phan Van Bieu, Nguyen Van Day, Tran Duc Nam, Tran Thanh Son, Dung Quang Nho, Nguyen Huu Thang, Nguyen Van Hanh, Phan Thanh Hau, Nguyen Hoang Duy, Nguyen Hung Thien, Le Van Xuan.

Indonesia U-22: Awan Setho, Nurhidayat, Bagas Adi, Luthfi Kamal, Firza Andika, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Gian Zola, Osvaldo Haay, Sani Riski, Marinus Wanewar.

Terus Ikuti Perkembangan Piala AFF U-22 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM
 

VietnamTimnas U-22Bola InternasionalPiala AFF U-22 2019Timnas Indonesia U-22

Berita Terkini