x

3 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Wajib Dimainkan Indra Sjafri di Final Piala AFF U-22

Senin, 25 Februari 2019 12:23 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Skuat Timnas Indonesia U-22

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, siap menurunkan komposisi tim terbaik saat pertandingan final turnamen Piala AFF U-22 2019 melawan Thailand, Selasa (26/02/19).

Kapten Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo, bahkan sudah berangsur pulih dan kembali berlatih bersama tim usai mengalami cedera punggung.

Timnas Indonesia U-22 lolos ke partai puncak usai menang 1-0 atas Vietnam pada babak semifinal, Minggu (24/2/19). Gol tunggal kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Luthfi Kamal Baharsyah melalui tendangan bebas.

Baca Juga

Sejak laga kedua melawan Malaysia, Indra telah memiliki skuat andalan. Marinus Wanewar ditempatkan sebagai ujung tombak ditopang kecepatan Osvaldo Haay dan Witan Sulaiman.

Di lini tengah, Gian Zola bertugas sebagai pembagi bola, sementara Luthfi Kamal berperan sebagai jangkar. Begitu juga di lini pertahanan, Indra telah menetapkan pos-pos penting kepada pemain yang ia percayai.

Namun demikian, Indra setidaknya wajib memainkan tiga pemain ini pada pertandingan final Piala AFF U-22 2019 untuk memastikan kemenangan Garuda Muda. Berikut portal berita INDOSPORT mengulasnya untuk Anda.


1. Marinus Wanewar

Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia usai Marinus mencetak gol

Dengan torehan tiga gol, Marinus Wanewar kini menempati posisi puncak daftar top skor sementara Piala AFF U-22 2019 bersama pemain Vietnam, Tran Danh Trung.

Marinus menciptakan tiga gol dalam dua laga Timnas Indonesia U-22 secara berturut-turut menghadapi Malaysia dan Kamboja. Ini menjadi bukti Marinus telah diplot sebagai striker permanen di lini depan.

Striker berusia 22 tahun itu memang tidak mencetak gol pada laga menghadapi Vietnam. Akan tetapi, ia mampu memberikan tekanan kepada sektor pertahanan lawan dan menunjukkan sikap tenang dengan tidak mudah terprovokasi.

Baca Juga

Pelatih Indra Sjafri bahkan memuji Marinus Wanewar sebagai pemain yang cerdas karena dapat mengontrol emosinya dengan baik.

“Dia anak cerdas. Jangan pikir dia gampang dipancing emosinya sama lawan. Dia bisa kontrol emosinya,” kata Indra, Minggu (24/2/19), seperti dilansir dari situs berita Antara.

Marinus layak kembali menghuni posisi striker dalam skema 4-1-4-1. Dia tidak hanya berperan sebagai finisher atau predator, tetapi turut menjadi tembok bagi Osvaldo dan Witan di lini kedua.


2. Luhfi Kamal Baharsyah

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Luthfi Kamal ke gawang Vietnam.

Pemain klub Mitra Kukar ini bisa dibilang layak menyandang man of the match pada pertandingan semifinal lalu. Golnya menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam di semifinal.

Namun demikian, kontribusi Luthfi turut tidak hanya sekadar gol belaka. Sebagai seorang gelandang jangkar, ia memiliki peran vital untuk memutus alur serangan lawan.

Baca Juga

Menurut statistik Labbola, Luthfi sukses menyatatkan enam clearance, lebih banyak dari Bagas Adi Nugroho dan Nurhidayat Haji Haris yang berposisi sebagai bek tengah.

Luthfi juga mampu melepaskan 22 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 92 persen. Tak heran, selain sibuk bersih-bersih di lapangan tengah, ia kerap mengirimkan umpan daerah di sisi sayap atau langsung ke jantung pertahanan lawan.


3. Osvaldo Haay

Aksi Osvaldo Haay saat melakukan umpan ke rekannya.

Pemain muda terbaik Liga 1 2018 ini memang belum menciptakan satu biji gol bagi Timnas Indonesia U-22 pada ajang Piala AFF U-22 2019.

Akan tetapi, perannya di lini depan tidak bisa dianggap sepele. Tidak tergantikan di sektor gelandang sayap kiri menjadi bukti Indra Sjafri mempercayai Osvaldo.

Baca Juga

Puluhan peluang yang ia sia-siakan di beberapa laga barangkali hanya masalah waktu. Osvaldo berpeluang memecah telur pada pertandingan final nanti dan akan memberi kebobolan pertama ke gawang Korrphat Nareechan.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Piala AFF U-22 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Timnas U-22Bola InternasionalMarinus WanewarOsvaldo HaayTRIVIAPiala AFF U-22 2019Timnas Indonesia U-22Luthfi Kamal

Berita Terkini