x

Sanksi Bobotoh Dicabut, Persib Akan Rasakan 3 Keuntungan Ini di Liga 1

Jumat, 1 Maret 2019 14:03 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Bobotoh padati Stadion Si Jalak Harupat

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung tengah mendapat kabar baik usai PSSI mencabut hukuman kepada para pendukung Persib. Sejumlah keuntungan pun akan dirasakan tim asal Jawa Barat atas penghapusan sanksi tersebut.

Diketahui sebelumnya jika Komite Eksekutif PSSI akhirnya resmi mencabut hukuman yang dijatuhkan kepada Bobotoh atau Viking disampaikan lewat surat keputusan Komisi Banding PSSI No. 09/KEP/KB/Liga-1/XI/2018.

"Segala larangan yang sempat dijatuhkan kepada Bobotoh tidak akan berlaku di kompetisi Liga 1 2019 mendatang," bunyi isi surat tersebut, Kamis (28/02/19).

Baca Juga

Surat pencabutan hukuman larangan bagi para Bobotoh atau Viking untuk menonton pertandingan Persib tersebut, ditandatangani langsung oleh Plt Ketum PSSI Joko Driyono.

Dengan keputusan tersebut, maka bisa dipastikan seluruh warga Jawa Barat khususnya Bandung dapat kembali mengawal dan memberi dukungan kepada Persib dalam setiap pertandingan.

Selain keuntungan yang dirasakan oleh warga Bandung, terdapat beberapa nilai postif lain yang kemungkinan bisa dirasakan berbagai elemen usai pencabutan sanksi Persib oleh PSSI tersebut.

Berikut INDOSPORT coba merangkum tiga keuntungan yang dirasakan usai pencabutan sanksi Persib Bandung di Liga 1 musim 2019.


1. Keuntungan Finansial

Skuat Persib Bandung mendapat dukungan langsung dari Bobotoh saat menggelar sesi latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung

Tak perlu dipungkiri lagi, Persib Bandung merupakan salah satu klub yang mampu memberikan penghasilan cukup besar baik kepada stasiun TV yang menyelenggarakan pertandingan ataupun para penjual merchandise.

Tercatat pada musim lalu, tepatnya saat Persib Bandung belum mendapatkan sanksi hukuman larangan tampil tanpa penonton, hampir seluruh rakyat Tanah Air dan khususnya warga Bandung menyaksikan laga Persib baik secara langsung maupun melalui televisi.

Baca Juga

Hal tersebut tentu berimbas kepada rating stasiun tv yang menyiarkan pertandingan, dan sedikit memberi efek positif kepada penjual pernak-pernik yang berada di dekat stadion saat pertandingan berlangsung.

Keuntungan finasial juga akan dirasakan Persib Bandung, dengan kembalinya Bobotoh tentu membuat kas masuk Persib semakin bertambah dari penjualan tiket di setiap pertandingan.


2. Menambah Persaingan Liga 1

Pemain Persib Bandung sebelum kick off

Dengan kembalinya para bobotoh ke tribun dalam setiap pertandingan Persib, sedikit banyak akan mengembalikan kekuatan Maung Bandung yang sempat mati suri jelang berakhirnya Liga 1 musim lalu.

Persib Bandung sendiri memang cukup menggila pada paruh pertama Liga 1 musim 2017 lalu (sebelum sanksi komdis PSSI), bahkan anak asuh Mario Gomez tersebut pernah memimpin klasemen sementara dan berjarak cukup jauh dari rivalnya.

Baca Juga

Namun setelah jatuhnya sanksi tersebut, perlahan kekuatan Persib mulai menurun bahkan dalam beberapa pertandingan kontra tim kecil mereka mampu ditaklukan.

Contohnya saat mereka berhadapan dengan tim promosi PSIS Semarang, Maung Bandung harus rela dicukur tiga gol tanpa balas. Atau saat menjamu PSMS Medan yang diakhir musim terdegradsi ke Liga 2, Persib kalah 0-1.


3. Citra Baik PSSI di Mata Bobotoh

Pemain Persib Bandung, merayakan gol yang dicetak Ezechiel N'Douassel.

Selain keuntungan finansial dan meningkatnya kualitas kompetisi, keputusan pencabutan sanksi tersebut dapat memberikan citra baik PSSI di mata para Bobotoh.

Maklum saja, induk federasi sepak bola tertinggi Indonesia tersebut sempat mendapat cibiran panas dari para pendukung Persib terlebih saat beberapa hukuman dan sanksi di musim lalu terasa merugikan Persib.

Tercatat Persib telah menerima berbagai sanksi mulai dari denda ratusan juta, larangan tampil tanpa penonton hingga bermain diluar kandang sendiri pernah diterima Persib.

Baca Juga

Kini dengan pencabutan sanksi yang mungkin paling terberat bagi Persib jelang Liga 1 musim depan, sedikit banyak dapat merubah image jahat PSSI di mata Bobotoh.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Persib Bandung dan Informasi Seputar Liga Indonesia di INDOSPORT

Persib BandungPSSILiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini