x

Termasuk Persib, Ini 5 Klub Indonesia yang Cocok untuk Diperkuat Darren Sidoel

Jumat, 1 Maret 2019 14:30 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Darren Sidoel (Reading)

INDOSPORT.COM – Media Vietnam Bongda24h.vn menyebutkan bahwa Timnas Indonesia U-22 akan memanggil delapan pemain yang berkiprah di luar negeri.

Lima di antaranya disebut merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia, salah satunya Darren Sidoel.

Nama Sidoel terdengar akrab di telinga masyarakat Tanah Air, terutama pencinta sepak bola Indonesia karena namanya mirip tokoh serial televisi Si Doel Anak Betawi.

Sidoel memiliki keturunan Jawa Tengah asal Wonosobo dari sang ayah. Ia berposisi sebagai bek tengah, namun bisa merangkap sebagai bek kanan dan gelandang bertahan.

Baca Juga

Pemain yang masih berusia 20 tahun ini terakhir berstatus sebagai pemain Reading (Liga Inggris) dan sedang dipinjamkan ke klub asal Belgia, KSV Roeselare.

Seperti halnya banyak pemain naturalisasi Indonesia, beberapa di antara mereka ada yang memutuskan untuk berkiprah di Indonesia agar lebih mengenal tanah kelahirannya.

Pemain seperti Stefano Lilipaly, Kim Kurniawan, Diego Michels, dan Raphael Maitimo memilih berkarier di Indonesia meski punya peluang berkiprah di luar negeri.

Tidak menutup kemungkinan, Sidoel tertarik bermain di Indonesia. Sejumlah klub bisa menjadi pilihannya untuk mencicipi panasnya kompetisi sepak bola Tanah Air.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan lima klub Indonesia yang cocok diperkuat Darren Sidoel.


1. Bali United

Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius, dan Nick Van Der Velden.

Bali United terkenal sebagai klub yang ramah terhadap pemain naturalisasi. Mereka diperkuat sejumlah pemain naturalisasi ternama, seperti Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, dan Irfan Bachdim (memilih kewarganegaraan).

Selain itu, Bali menjadi tempat yang indah bagi pemain luar negeri. Suasana dan lingkungan yang nyaman mendukung adaptasi mereka dalam berkarier di Indonesia.

Baca Juga

Bali United juga punya kemampuan finansial yang kuat. Darren Sidoel tidak perlu khawatir mengenai masalah gaji dan fasilitas.


2. Persija dan PSIS

Skuat utama Persija Jakarta saat melawan Becamex Binh Duong pada laga perdana Piala AFC 2019 grup G di stadion GBK, Selasa (26/02/18).

Persija Jakarta

Persija Jakarta bisa menjadi pelabuhan bagi Sidoel. Hal itu tidak lepas dari namanya yang lekat dengan tokoh Si Doel yang diperankan oleh Rano Karno.

Itu bisa menjadi identitas tersendiri bagi Persija Jakarta dan Sidoel. Selain itu, Persija Jakarta juga klub yang memiliki sejarah besar di sepak bola Indonesia.

Baca Juga

PSIS Semarang

Sidoel memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Wonosobo. Jika melihat klub Liga 1 yang kompetitif untuk dibela Sidoel, tim tersebut ialah PSIS Semarang.

Jarak dari Wonosobo ke Semarang tidak terlalu jauh dan masih punya kedekatan kultur budaya. Ia bisa lebih dekat dengan tanah leluhurnya saat membela PSIS Semarang.


3. PSM dan Persib

Raphael Maitimo dan Sergio van Dijk

PSM Makassar

PSM Makassar dihuni dua pemain asal Belanda, yakni Wiljan Pluim dan Marc Klok. Hal tersebut bisa mendukung kedatangan Sidoel ke tim PSM Makassar.

Selain itu, Darije Kalezic juga pengalaman melatih klub Belanda dan Belgia, seperti De Graafschap, Roda JC, dan Zulte Waregem. Bisa dibilang, Kalezic telah paham karakter permainan Sidoel.

Baca Juga

Persib Bandung

Sidoel bisa memilih Persib Bandung karena alasan suporter. Bobotoh tidak diragukan lagi kesetiaannya dalam mendukung Maung Bandung.

Ketika menggelar laga kandang, Bobotoh selalu memenuhi setiap sudut stadion. Selain itu, Persib Bandung punya sejarah manis ketika membantu proses naturalisasi pemain asal Belanda, Sergio van Dijk.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persib BandungPersija JakartaPSM MakassarPSIS SemarangBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1TRIVIADarren Sidoel

Berita Terkini