x

Dari Maradona dan Ronaldo, Ini 3 Momen Panas Jelang Grande Partita Napoli vs Juventus

Minggu, 3 Maret 2019 17:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM - Pekan ke-26 kompetisi kasta tertinggi Serie A musim 2018/19, akan menyajikan satu partai sengit bertajuk grande partita antara Napoli vs Juventus pada Senin (04/03/19) dinihari WIB.

Bertanding di stadion Sao Paulo markas dari Napoli, anak asuh Massimiliano Allegri berusaha menjaga tren tak pernah kalah mereka di sepanjang gelaran Serie A musim 2018/19 ini.

Tercatat Juventus belum terkalahkan di Serie A dengan raihan 22 kemenangan, dan meraih 3 hasil imbang. Si Nyonya tua juga selalu menang tanpa kebobolan dalam tiga laga terakhirnya di Serie A.

Baca Juga

Namun Napoli bukanlah lawan yang mudah ditaklukan, apalagi mereka tak pernah menelan kekalahan dalam enam laga terakhirnya di semua kompetisi, dengan rincian empat kemenangan dan dua hasil imbang.

Tak hanya statistik pertandingan dari kedua kesebelasan, namun berbagai intrik di luar lapangan diyakini mampu menambah panas tensi laga nanti, dan berikut INDOSPORT.COM coba merangkum 3 momen panas jelang grande partita Napoli vs Juventus.


1. Sejarah Rivalitas

Napoli vs Juventus final piala super italia 1990

Memang rivalitas Juventus dan Napoli tidak sepanas derby-derby lainnya di Italia. Namun bukan berarti rivalitas keduanya tidak memiliki gengsi.

Persaingan Juventus dan Napoli tidak lepas dari unifikasi Italia pada tahun 1861, yakni penyatuan dan perebutan kerajaan Italia dari kekaisaran Austria-Hungaria yang berimbas pada terbelahnya kerajaan Italia menjadi Utara dan Selatan.

Wilayah utara menjadi wilayah industri yang maju, berkembang, dan bahkan membuat peradaban baru yakni renaissance. Sedangkan bagian selatan mengalami perlambatan untuk mengalami kemajuan dengan banyaknya Mafia dan Camorra.

Kondisi ini juga berpengaruh dengan sepakbola. Hampir semua kesebelasan dari bagian selatan Italia apabila bertemu dengan klub dari bagian Utara selalu menghadirkan intensitas tinggi.

Kala itu Napoli dan Juventus mempresentasikan masing-masing wilayah Italia, Napoli sebagai wakil selatan sedangkan Juventus mewakili Italia bagian Utara.


2. Efek Maradona

Ferrara dan Maradona serta rekannya di Napoli kala merengkuh gelar Piala UEFA (Europa League).

Sama-sama mewakili tim dari wilayah yang berbeda, kedua tim ini pernah menciptakan animo pada persepakbolaan Italia yang saat itu tengah mengalami krisis.

Berawal dari kisah Napoli dengan mendatangkan legenda sepak bola Diego Maradona tahun 1980an, saat itu Napoli masih merupakan tim medioker dan Juventus cukup disegani di ranah Italia.

Kehadiran Maradona membuat San Paolo penuh sesak dengan 75.000 orang hadir dalam acara penyambutannya. Tak butuh waktu lama, musim 1986/1987 Napoli berhasil menjadi juara Serie A untuk pertama kalinya. Sedangkan Juventus menempati peringkat kedua di bawah Napoli.

Datangnya Maradona membuat persaingan Napoli dan Juventus menjadi rival terpanas pada saat itu, namun saat Napoli tangah bangkit sebuah ide gila muncul dengan membentuk sebuah negara sendiri di bagian Italia utara bernama Padania.

Alasan utamanya adalah karena Italia bagian selatan (wilayah kota Napoli) dianggap sebagai beban baik secara ekonomi maupun politik. Tentu saja ini membuat warga Naples berang.

Napoli di era tersebut lantas diharamkan untuk kalah dari klub-klub Italia bagian utara seperti AC Milan, Inter Milan, AS Roma, dan tidak terkecuali Juventus.


3. Ronaldo Jadi Korban

Cristiano Ronaldo, pemain megabintang Juventus.

Euforia datangnya sang mega bintang kembali terjadi di musim ini, di mana Juventus berhasil mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid, dan terbukti Juve tak terbendung hingga pekan ke-26 ini.

Namun Napoli sebagai rival dari wilayah Selatan merasa sedikit cemburu dengan kedatangan Ronaldo, pasalnya dengan kekuatan uang dan kedatangan Ronaldo dapat mematikan peluang Napoli untuk meraih gelar, atau minimal bersaing di papan atas klasemen.

Sebuah aksi ejekan pun dilakukan para pendukung Napoli kepada Juventus dan terutama Ronaldo, di mana para pendukung Napoli membuat tisu toilet bergambar Ronaldo dan menjajakannya di pinggir jalan.

Tak hanya Ronaldo, beberapa tisu juga ada yang bergambar mantan pemain Napoli yang membelot dan malah membela Juventus, seperti Gonzalo Higuain, serta klub-klub rival Napoli lainnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Serie A Italia dan Bola Internasional Lain di INDOSPORT

Serie A ItaliaJuventusNapoliLiga ItaliaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini