x

Hasil Pertandingan Borussia Dortmund vs Tottenham Hotspur: Kalah Dominan, Spurs Tetap Melenggang

Rabu, 6 Maret 2019 04:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Harry Kane merayakan gol ke gawang Dortmund.

INDOSPORT.COM - Tottenham Hotspur sukses mengalahkan tuan rumah Borussia Dortmund dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/19 di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (06/03/19). 

Spurs menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol Harry Kane pada menit 48'. Dengan hasil ini maka Spurs dipastikan lolos ke babak perempatfinal dengan agregat 4-0.

Pertandingan sebenarnya berjalan sulit bagi Spurs karena Dortmund tampil begitu ominan sejak babak pertama. Namun, pertahanan yang solid dari Spurs membuat Reus dkk gagal menciptakan peluang-peluang berbahaya. 

Baca Juga

Asyik menyerang, justru Dormund yang harus kebobolan melalui aksi Harry Kane yang melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang. 


1. Babak Pertama

Son (kanan) dibayang-bayangi oleh Mario Gotze.

Dortmund yang tertinggal agregat 3-0 berusaha memegang kendali pertandingan sejak awal babak pertama. Berkali-kali melalui Guerreiro dan Sancho, Dortmund melancarkan umpan ke jantung pertahanan Spurs. 

Spurs masih belum bisa keluar dari tekanan hingga memasuki menit 20'. Namun, walau Dortmund menguasai bola, Reus dkk masih kesulitan menciptakan peluang berbahaya. 

Barulah pada menit 22', penyerang Dortmund, Marco Reus, menembakan bola hasil umpan tarik Guerreiro. Sayang, tembakan Reus masih bisa diamankan Hugo Lloris. 

Dormund masih terus mengurung pertahanan Spurs. Sampai menit 26', Dortmund memegang penguasaan bola hingga 75 persen. Dortmund pun tak membiarkan Spurs mengembangkan permainan. 

Spurs akhirnya mendapatkan peluang pertamanya pada menit 31'. Eriksen mengirimkan umpan ke arah Son yang langsung menembakkan bola dari area penalti Dortmund, Namun, sepakan pemain asal Korea Selatan itu masih menyamping tipis di sisi gawang. 

Menjelang akhir laga, Dortmund mendapatkan peluang emas melalui Alcacer. Eks pemain Barcelona itu melepaskan tembakan dari ujung kotak penalti Spurs yang masih bisa diamankan Lloris. Peluang Alcacer pun menjadi yang terakhir di babak pertama ini. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. 
 


2. Babak Kedua

Harry Kane mencetak gol ke gawang Dortmund.

Awal babak kedua Dortmund langsung tancap gas. Marco Reus dan Pablo Aclacer menjadi motor serangan Die Borussen di awal-awal babak kedua ini. 

Asyik menyerang, justru gawang Dortmund yang bobol terlebih dahulu melalui aksi striker Tottenham, Harry Kane. 

Kapten Spurs itu lolos dari perangkap off side setelah menerima umpan Sissoko. Kane dengan dingin melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang Dortmund. Skor pun berubah jadi 1-0 sekaligus memperbesar agregat untuk Spurs menjadi 4-0. 

Gol dari Kane membuat perjuangan Dortmund semakin sulit. Raksasa Bundesliga itu minimal harus mencetak empat gol untuk menyamakan agregat. 

Namun begitu, Dortmund belum menyerah dan terus menggempur pertahanan Spurs. Pada menit 57', Wolf melepaskan tembakan dari sisi area penalti. Namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Spurs. 

Tertinggal 4-0 gol tak membuat Dortmund putus asa. Mereka terus berusaha membongkar pertahanan Spurs. Pada menit 76' giliran Christian Pulisic yang nyaris memperkecil ketertinggalan. 

Menerima umpan dari Delaney, Pulisic langsung menyundul tajam bola yang sayangnya masih melambung tipis di atas gawang Spurs. 

Dortmund akhirnya mulai mengendurkan serangan. Spurs pun di atas angin. Skor 1-0 akhirnya bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir babak kedua. Spurs lolos ke perempatfinal dengan keunggulan agregat 4-0. 


3. Susunan Pemain

Pemain Dortmund, Julian Weigl, menyesali peluang yang gagal menjadi gol ke gawang Tottenham Hotspur.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki; Marius Wolf, Manuel Akanji, Abdou Diallo, Raphael Guerreiro; Julian Weigl, Axel Witsel; Jadon Sancho, Mario Gotze, Marco Reus; Paco Alcacer.

Tottenham Hotspur (3-4-1-2): Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Serge Aurier, Harry Winks, Moussa Sissoko, Ben Davies; Harry Kane, Son Heung-min.

Terus Ikuti Perkembangan Liga Champions 2018/19 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 
 

Liga ChampionsTottenham HotspurBorussia Dortmund

Berita Terkini