x

3 Pemain Naturalisasi Indonesia Terbaik yang Berasal dari Amerika Latin

Minggu, 10 Maret 2019 14:21 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT. COM - Berkaca pada jagat sepak bola, Indonesia sebagai negara ternyata memiliki beberapa pemain naturalisasi yang berasal dari kawasan Amerika Latin.

Ya, naturalisasi jadi hal yang sudah biasa bagi kancah lapangan hijau. Naturalisasi diterapkan kepada pemain asing dan umumnya sengaja dilakukan untuk meningkatkan prestasi sepak bola suatu negara.

Indonesia pun menerapkan kebijakan yang sama dalam kancah sepak bolanya. PSSI dan Timnas Indonesia kerap kali memainkan beberapa pemain hasil naturalisasi.

Baca Juga

Naturalisasi yang dilakukan Indonesia ternyata punya pola tersendiri. Indonesia diketahui punya beberapa pemain hasil naturalisasi dari kawasan Amerika Latin.

Lalu, siapa sajakah para pemain naturalisasi Indonesia yang berasal dari Amerika Latin tersebut? INDOSPORT.com mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Cristian Gonzales

Mantan striker Timnas Indonesia, Cristian Gonzales.

Reputasi Cristian Gonzales sudah sangat gemilang di jagat sepak bola Indonesia. Awal kedatangannya ke Indonesia, Gonzales tampil gemilang bersama PSM Makassar dan Persik Kediri.

Ketika membela PSM dari tahun 2003 sampai 2004, Gonzales mampu mencetak 66 gol dari 56 penampilan. Lebih hebat lagi saat berkostum Persik,  174 gol berhasil dicetaknya hanya dari 106 penampilan saja.

Puncak popularitas Gonzales terjadi pada 2010 lalu, tepatnya saat Timnas Indonesia berlaga di ajang Piala AFF. Gonzales yang aslinya lahir di Uruguay, dinaturalisasi dan mampu menunjukan performa gemilang.

Baca Juga

Sayang, kini Gonzales sudah tergolong cukup tua, yakni berusia 42 tahun. Jadi, sepertinya sudah sangat sulit peluang bagi Gonzales untuk bisa membela Timnas Indonesia lagi.


2. Esteban Vizcarra

Selebrasi Esteban Vizcarra

Lahir dan besar di Argentina, Esteban Vizcarra memutuskan untuk berkecimpung sebagai pesepak bola. Vizcarra pun memulai karier sepak bolanya bersama klub lokal Argentina, Huracan.

Perjalanan karier Vizcarra perlahan mulai berubah saat dirinya datang ke Indonesia pada 2009 dan bergabung ke Pelita Jaya. Sejak saat itu, Vizcarra mampu tampil apik dan berkelana membela sejumlah klub top Tanah Air.

Sebut saja Semen Padang, Arema FC, Sriwijaya FC, dan teranyar Persib Bandung, kesemuanya pernah merasakan kehebatan kualitas olah bola Vizcarra. Hal itu kemudian memuncak kepada proses naturalisasi Vizcarra yang resmi rampung pada 2018 lalu.

Baca Juga

Sosok Vizcarra sendiri sejak dinaturalisasi baru sekali diandalkan Timnas Indonesia. Melihat usianya yang baru 32 tahun, masih ada peluang Vizcarra menjadi pemain reguler bagi Skuat Garuda.


3. Otavio Dutra

Otavio Dutra melakukan selebrasi usai cetak gol

Mungkin, ketika masih muda dahulu, Otavio Dutra tak pernah sekalipun terbesit akan begitu jaya di Indonesia. Berprofesi sebagai pesepak bola dan besar di Brasil, Dutra rasanya sudah mendapat berkah yang sungguh nikmat.

Namun, jalan hidup Dutra seakan mulai berubah ketika dirinya datang ke Indonesia pada 2010 dan bergabung dengan Persebaya Surabaya. Sejak saat itu, Dutra perlahan menunjukan kualitasnya sebagai bek berkualitas wahid.

Puncaknya terjadi ketika gelaran Liga 1 2018 usai. Membawa Persebaya Surabaya mengakhiri kompetisi di urutan lima, Dutra kemudian mendapat hadiah spesial.

Baca Juga

Dutra kini telah resmi dinaturalisasi sebagai warga negara Indonesia. Bahkan, Dutra juga masuk ke dalam skuat Timnas Indonesia yang dipanggil pelatih Simon McMenemy.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Cristian GonzalesNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini