x

Seperti Zidane, Ini 3 Mantan yang Bisa Kembali Latih Persib Bandung

Selasa, 12 Maret 2019 10:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Roberto Carlos Mario Gomez pelatih baru Persib Bandung.

INDOSPORT. COM - Kembalinya Zinedine Zidane ke kursi kepelatihan Real Madrid, nampaknya bisa ditiru oleh Persib Bandung.

Ya, Real Madrid belakangan sedang dalam kondisi yang cukup terpuruk. Tersingkir dari ajang Copa Del Rey dan Liga Champions, dialami El Real secara beruntun.

Pada ajang Copa Del Rey, Real Madrid menerima kekalahan pahit dari Barcelona. Berlaga di semifinal, Real Madrid digilas Blaugrana dengan agregat skor 1-4.

Baca Juga

Berlanjut ke Liga Champions, sebagai juara bertahan Real Madrid secara mengejutkan takluk dari Ajax Amsterdam. El Real menyerah di laga 16 besar dengan agregat skor 1-4.

Tak heran bila kemudian manajemen Real Madrid mengambil kebijakan tegas. Real Madrid memecat pelatihnya, Santiago Solari, dan menunjuk sang mantan, Zinedine Zidane.

Sosok Zidane dianggap sebagai orang yang cocok dan bisa menyelamatkan reputasi Real Madrid. Hal ini mengingat dulu Zidane pernah menukangi Los Blancos dan berhasil meraih gelar Liga Champions dalam tiga musim berturut.

Kisah serupa nampaknya juga sedang dialami Persib Bandung. Sejak ditangani Miljan Radovic, peforma Persib Bandung terbilang tak terlalu baik.

Buktinya bisa terlihat dalam dua laga awal babak Grup A Piala Presiden 2019. Persib Bandung secara mengejutkan menderita kekalahan beruntun dan resmi tersingkir dari kompetisi.

Bila Persib Bandung mau, mereka bisa meniru yang dilakukan Real Madri tadi. Persib Bandung bisa memanggil mantan untuk kembali menjabat kursi kepelatihan.

Lalu, siapa saja kira-kira para mantan yang bisa kembali latih Persib Bandung? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan berikut ini.


1. Mario Gomez

Pelatih Persib, Mario Gomez saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Nama pertama ini nampaknya sudah sangat jelas layak untuk masuk ke dalam kandidat. Apalagi, isu Mario Gomez yang akan kembali tangani Persib Bandung sempat beberapa kali muncul.

Gomez sendiri terbilang pelatih yang pernah membawa kesuksesan bagi Persib Bandung. Buktinya sudah bisa terlihat jelas pada gelaran Liga 1 2018 lalu.

Baca Juga

Gomez mampu membawa Persib Bandung mengakhiri kompetisi di posisi empat klasemen. Padahal, sebelum ditangani Gomez, Persib hanya mengakhiri musim Liga 1 2017 di urutan 13 klasemen.


2. Jaya Hartono

Mantan pelatih Persib Bandung, Jaya Hartono.

Nama berikutnya yang layak untuk dipanggil pulang oleh Persib Bandung adalah Jaya Hartono. Dahulu, tepatnya sejak 2008 hingga 2010, Jaya Hartono pernah membawa kejayaan bagi Maung Bandung.

Pada kompetisi sepak bola Liga Super Indonesia musim 2008/09, Jaya Hartono hampir membawa Persib Bandung juara. Sayang, kala itu Persib Bandung harus mengakhiri kompetisi di urutan tiga klasemen.

Sementara musim selanjutnya, Jaya Hartono berhasil memberikan konsistensi untuk Persib Bandung menduduki papan atas. Buktinya, pada Liga Super Indonesia musim 2009/10, Persib Bandung mampu mengakhiri kompetisi di urutan empat klasemen.

Baca Juga

Jaya Hartono sendiri terakhir kali terdengar melatih PSCS Cilacap. Namun, PSCS Cilacap kini telah mengumumkan punya pelatih baru, dan Jaya Hartono kemungkinan bisa kembali ke Persib Bandung.


3. Arcan Iurie

Arcan Iurie

Satu lagi mantan pelatih yang bisa dipanggil oleh Persib Bandung. Nama legendaris yang sudah lama terpisah dengan Maung Bandung, yakni Arcan Iurie.

Sosoknya dahulu menukangi Persib Bandung sejak tahun 2006 hingga 2007. Namun, kala itu, Arcan Iurie gagal membawa kejayaan lantaran Persib Bandung gagal menembus babak 8 besar Liga Indonesia setelah bertarung di wilayah barat.

Baca Juga

Arcan Iurie sendiri terakhir kali terdengar melatih Cilegon United. Namun, Cilegon United kini telah mengumumkan punya pelatih baru, dan Arcan Iurie kemungkinan bisa kembali ke Persib Bandung. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Real MadridZinedine ZidanePersib BandungLiga Indonesia

Berita Terkini