x

Marc Klok Harus Waspada! Ini 3 Pemain Naturalisasi Berdarah Belanda yang Nasibnya Apes

Rabu, 13 Maret 2019 13:10 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Tonnie Cusell, Ruben Wuarbanaran, dan Jhon van Beukering.

INDOSPORT.COM - Impian pemain pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok, untuk menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI) selangkah lagi akan terwujud. Proses naturalisasi Klok kabarnya akan dikabulkan.

Marc Klok menyebut jika kini proses naturalisasi dirinya terus berjalan, namun belum rampung.

Klok pun mengaku tidak sabar menantikan momen dirinya diresmikan sebagai seorang WNI. Marc Klok memang sangat berhasrat bermain untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sebagai pesepakbola, karier Marc Klok cukup bagus di Indonesia. Di Indonesia Klok sanggup menjadi tulang punggung tim PSM Makassar dalam berkompetisi di papan atas Liga 1 2019. 

Namun begitu, bukan berarti Klok akan dengan mudah membela Timnas Indonesia. Perlu diketahui ada banyak pemain-pemain naturalisasi asal Belanda yang gagal berkarier di timnas. 

Siapa-siapa saja pemain-pemain tersebut? Berikut rangkumannya. 


1. 1. Jhonny van Beukering

Mantan pemain Tim Nasional Indonesia Jhon van Beukering.

Jhonny Van Beukering sempat menjadi salah satu pemain naturalisasi yang ada dalam skuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012.

Sayang ia gagal menampilkan permainan apik di ajang tersebut. Penampilan buruknya ternyata tak terlepas dari kondisi cedera yang dialami Van Beukering.

Hal itu terbukti ketika dirinya tak masuk dalam skuat Timnas Indonesia dalam dua pertandingan awal di penyisihan grup Piala AFF 2012.

Pemain naturalisasi asal Belanda itu baru bisa dimainkan pada pertandingan terakhir kontra Malaysia. Dirinya masuk pada menit ke-63 menggantikan Samsul Arif. Sayangnya, ia gagal mencetak gol, hingga akhirnya kalah 0-2 atas Malaysia.
 


2. 2. Tonnie Cusell

Tonnie Cusell

Tonnie Cusell merupakan pemain yang terbilang tak mampu memberikan kontribusi yang baik bagi Timnas Indonesia. Hal tersebut terbukti ketika dirinya tak mampu berikan perfroma terbaik bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 lalu.

Karena pada ajang tersebut, pemain naturalisasi asal Belanda tersebut sama sekali tak mampu memberikan kontribusi yang nyata. Pria yang kini telah berusia 35 tahun tersebut tak mampu mencetak gol dan assist sepanjang gelaran turnamen.

Melihat performa Tonnie Cusell tersebut, dapat disimpulkan bahwa dirinya merupakan pemain yang gagal bersama Timnas Indonesia. Pasalnya, performanya masih kalah jauh dengan pemain-pemain asli Indonesia.


3. 3. Ruben Wuarbanaran

Ruben Wuarbanaran.

Ruben Wuarbanaran sempat digadang-gadang akan menjadi pemain muda berbakat yang mampu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Oleh karena itu otoritas tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI, tanpa ragu menjadikannya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain asal Belanda yang lahir pada 15 Agustus 1990 tersebut nyatanya gagal saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2011. Tak hanya itu, ia juga akhirnya terbuang dari klubnya saat itu, Pelita jaya.

Baca Juga

Kondisi tersebut sepertinya cukup membuktikan bahwa Ruben Wuarbanaran merupakan salah satu pemain naturalisasi yang buruk bagi Timnas Indonesia. Karena untuk masuk skuatnya saja, sang pemain tak mampu.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

Liga IndonesiaTonnie CusellJhonny van BeukeringRuben WarbanaranMarc KlokTRIVIA

Berita Terkini