x

Kisah Daeng Uki: Hijrahnya Sang Pentolan Suporter PSM Makassar

Minggu, 17 Maret 2019 15:38 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Nama Uki Nugraha mungkin tak asing bagi pecinta PSM Makassar. Ya, pria yang kerap disapa Daeng Uki ini merupakan Panglima Laskar Ayan Jantan (LAJ).

INDOSPORT.COM - Nama Uki Nugraha mungkin tak asing bagi pencinta PSM Makassar. Ya, pria yang kerap disapa Daeng Uki ini merupakan Panglima Laskar Ayam Jantan (LAJ).

Daeng Uki selalu berada di garda paling depan dalam mendukung PSM Makassar bertanding. Tak perlu di Stadion Andi Mattalatta, Daeng Uki juga setia mendampingi Juku Eja bermain di luar kandang.

Baca Juga

Penampilan Daeng Uki juga mudah dikenali dengan rambut mohawk, serta baju lengan buntung, Daeng Uki kerap berada paling depan. Serta dia paling lantang saat bernyanyi di tribun untuk membakar semangat pasukan PSM Makassar beraksi.

Namun kini, penampilan nyentrik Daeng Uki dengan rambut mohawk sepertinya tidak akan dijumpai lagi. Sebab Uki sudah memutuskan untuk hijrah.

Kini dia tampak lebih kalem dengan balutan baju serta peci putih yang menghiasi kepalanya. Kepada INDOSPORT, Daeng Uki secara blak-blakan akan perubahan dirinya. 

Berbagai alasan, ia curahkan dari dalam hatinya khusus kepada INDOSPORT. Berikut petikan wawancara INDOSPORT dengan Daeng Uki.


1. Penampilan Daeng Uki Jadi Berbeda

Nama Uki Nugraha mungkin tak asing bagi pecinta PSM Makassar. Ya, pria yang kerap disapa Daeng Uki ini merupakan Panglima Laskar Ayan Jantan (LAJ).

INDOSPORT: Penampilan Daeng Uki sekarang sedikit berubah dari biasanya, bisa diceritakan alasannya?

Daeng Uki: Sebenarnya tak ada niat lain, istilahnya ini hijrah buat saya. Mungkin kemarin saya rambut berdiri buka baju, alhamdulillah sekarang saya sedikit tahu kalau selama ini apa yang saya lakukan banyak dicontoh orang. Dan ternyata itu semua melenceng dari akidah islam. 

INDOSPORT: Setelah hijrah, hal apa yang Daenk Uki lakukan?

Daeng Uki: Setelah saya sadar itu semua salah, untuk itu saya ikhtiar. Saya mencoba untuk tidak lagi berpenampilan seperti itu (Rambut mohawk dll), tidak lagi teriak-teriak mencaci, rasis, binantang seperti itu. Tapi kita coba dengan solawatan atau hal lainnya. 
 


2. Harapan Sang Pentolan Suporter PSM Makassar yang Kini Hijrah

Nama Uki Nugraha mungkin tak asing bagi pecinta PSM Makassar. Ya, pria yang kerap disapa Daeng Uki ini merupakan Panglima Laskar Ayan Jantan (LAJ).

INDOSPORT: Kini setelah Daeng Uki hijrah, apa yang Daek Uki harapkan?

Daeng Uki: Masa iya saya bisa menyuruh orang-orang untuk berteriak kasar mencaci wasit seperti dulu, tapi masa iya sekarang tidak bisa membawa sekian saja dari suporter untuk bersolawat. Sebagian saja, tidak usah semua untuk takbir masa saya tidak bisa. 

Ini menjadi bagian tanggung jawab saya, mengapa saya tidak bisa mengajak saudara saya padahal ini adalah jalan baik. Alhamdulillah semua bisa berjalan.

INDOSPORT: Adakah rasa khawatir saat pertama kali memutuskan hijrah?

Baca Juga

Daeng Uki: Memang sempat kemarin saya berpikir apakah saya ditinggal saudara-saudara suporter saya. Atau bagaimana nanti, tapi alhamdulillah saya justru mendapat banyak saudara lagi. 

Terlihat tadi teman-teman suporter semangat dan ikut apa yang saya bilang dan arahkan, saya sangat bersyukur ternyata semua ada hidayah buat saya. 
 


3. Dengan Penampilan Baru, Daeng Uki Tetap Dampingi PSM Makassar

INDOSPORT: Penampilan baru tetap mendampingi PSM Makassar di tribun?

Daeng Uki: Selama tidak ada itu ajaran menjadi suporter itu haram saya tetap jalan dan saya tetap tunjukkan kepada saudara-saudara saya dengan penampilan saya sekarang ini tidak mengurangi fanatisme saya terhadap PSM Makassar.

Baca Juga

Mudah-mudahan ini menjadi motivasi yang lain. Masa seorang Daeng Uki saja mau berubah dan mudah-mudahan menjadi inspirasi orang lain.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT 

PSM MakassarWawancara KhususLiga Indonesia

Berita Terkini