x

Park Chul-hyung Ungkap Liga Korea Selatan Lebih 'Miris' Ketimbang Indonesia

Minggu, 17 Maret 2019 15:05 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM- Baru-baru ini, mantan pesepakbola Korea Selatan yang pernah bermain di Liga Indonesia, Park Chul-hyung, menceritakan pengalamannya saat bermain di Tanah Air saat diwawancarai oleh rekan senegaranya yang fasih berbahasa Jawa, Hansol Jang.

Dalam video yang diunggah oleh akun Korea Reomit, milik Hansol Jang, Park mengakui dirinya jatuh cinta dengan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap sepak bola saat pertama kali datang ke Tanah Air, khususnya Malang ketika membela Persema Malang.

Dirinya bahkan tak segan membandingkan antusiasme masyarakat Indonesia dengan Korea Selatan yang menurutnya tidak ada apa-apanya.

Baca Juga

"Di Korea penontonya, kalau sekarang paling banyak 5000 sampai 6000 penonton. Tapi saat saya main di Korea tahun 2005, penontonnya keluarga sama saudara saja." kata Park.

"Kalau kita bicara (saat bermain di Korea), suara kita bisa menggema. Tetapi ketika main di Malang, jarak dekat pun susah untuk komunikasi. Saya kaget sekali, tapi sangat senang karena merasa seperti semua (penonton) melihat saya sehingga jadi lebih semangat," lanjutnya dalam video tersebut.

Selain besarnya antusiasme para penonton, Park juga mengakui sangat kagum dengan banyaknya pertandingan-pertandingan sepak bola yang ditayangkan oleh stasiun televisi di Indonesia. Mennurutnya di Korea tayangan sepakbola sulit sekali untuk disaksikan.

"Di korea, meski tim professional, tetapi pertandingannya tidak disiarkan di TV. Sedangkan di Indonesia, hampir setiap hari ada siaran pertandingan bola," lanjutnya.

Baca Juga

Park pun mengakui alasan terbesarnya bisa bertahan di persepakbolaan Indonesia adalah para suporter yang loyal mendukungnya. Bahkan dirinya mengakui sangat senang apabila ada yang mengenalinya.

"Jadi di Korea, kemana-mana tidak ada yang mengenali. Kalau di Indonesia, waktu di Mall atau di Kota ada yang ngajak foto. Saya kaget, merasa seperti jadi artis. Saya dikenal jadi saya senang. Ini yang paling penting," pungkasnya.

Park Chul-hyung sendiri sudah malang melintang di kancah persepakbolaan Indonesia. Terhitung sejak tahun 2009 hingga 2015, dirinya sudah membela enam klub Indonesia berbeda. Mulai dari Persema Malang, Semen Padang, Persela Lamongan hingga Mitra Kukar.

Terus Ikuti Update Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.

Mitra KukarSemen PadangKorea SelatanPersela LamonganLiga IndonesiaPersema Malang

Berita Terkini