x

Tak Bisa Dipandang Remeh, Ini 3 Tim Promosi yang Guncang Piala Presiden

Minggu, 17 Maret 2019 10:33 WIB
Editor: Rafif Rahedian
3 Tim promosi yang Guncang Piala Presiden.

INDOSPORT.COMPiala Presiden menjadi turnamen yang cukup dinantikan oleh beberapa pihak. Karena turnamen pramusim ini selalu menghadirkan kejutan bagi para penikmat si kulit bundar nasional.

Sejumlah insiden hingga rekor-rekor fantastis terjadi di Piala Presiden. Tak jarang beberapa bintang di persepakbolaan Indonesia hadir di turnamen tersebut. Sebut saja penyerang Persija Jakarta, Marko Simic.

Penyerang berkebangsaan Kroasia tersebut lebih dulu dikenal pecinta sepak bola Indonesia setelah tampil fantastis di Piala Presiden 2018. Barulah nama Marko Simic menjadi perhatian di kompetisi Liga 1 2018 dan Piala AFC 2018.

Baca Juga

Tak hanya itu, kejutan lain juga dihadirkan oleh klub-klub promosi yang bersaing di sepanjang sejarah Piala Presiden. Karena dalam tiga edisi terakhir, klub promosi mampu memberikan guncangan hebat dalam sejarah Piala Presiden.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum tiga klub promosi yang mengguncang Piala Presiden lewat permainan fantastisnya.


1. Borneo FC (Piala Presiden 2017)

Logo Borneo FC.

Borneo FC pernah tampil mengejutkan di Piala Presiden 2017 lalu. Bagaimana tidak, tim yang mendapatkan julukan Pesut Etam tersebut memberikan kejutan dengan menginjakkan kakinya di partai final.

Saat itu Borneo berhasil menngalahkan tim-tim dengan nama besar, yakni Sriwijaya FC (penyisihan grup) dan Persib Bandung (semifinal). Sayangnya, ketika berhadapan dengan Arema di partai final, Borneo dipaksa menyerah dengan skor telak 1-5.

Baca Juga

Sekedar informasi, Borneo sendiri berhasil promosi ke kasta teratas Liga Indonesia setelah menjuarai Divisi Utama musim 2014. Namun karena kompetisi Liga Indonesia sempat kacau dan tidak karuan, maka bisa dikatakan jika Borneo masih menyandang status tim promosi di Liga 1 2017.


2. PSMS Medan (Piala Presiden 2018)

PSMS Medan vs PSM Makassar di Piala Presiden 2018.

PSMS Medan mampu kembali bertarung di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia pada musim 2018 lalu. Itu terjadi ketika tim berjuluk Ayam Kinantan tersebut berhasil menjadi runner up di Liga 2 2017 lalu.

Sebelum bertarung di Liga 1 2018, PSMS Medan lebih dulu menjajal kekuatannya di turnamen Piala Presiden 2018. Hasilnya, PSMS Medan berhasil memberikan kejutan di ajang yang telah digelar sejak 2015 tersebut.

Tim yang saat itu dilatih Djajang Nurdjaman tersebut sukses melangkah hingga babak semifinal di Piala Presiden 2018 . Menariknya, mereka berhasil mengalahkan tim-tim sekaliber Persib Bandung, PSM Makassar dan Persebaya Surabaya di ajang tersebut.

Baca Juga

Namun PSMS Medan harus mengakui kehebatan Persija Jakarta, hingga akhirnya mereka tersingkir di semifinal. Saat memperebutkan peringkat ketiga, PSMS Medan pun kembali tumbang 0-4 atas Sriwijaya FC.

Meski demikian, pencapaian Ayam Kinantan terbilang cukup fantastis di Piala Presiden 2018. Karena mereka menjadi satu-satunya tim promosi yang mampu mendapatkan tiket semifinal Piala Presiden 2018.


3. Kalteng Putra (Piala Presiden 2019)

Titus Bonai melakukan pengontrolan bola dari pemain Kalteng.

Tradisi kejutan tim-tim promosi di turnamen pramusim Piala Presiden pun berlanjut hingga musim 2019. Kali ini giliran Kalteng Putra yang memperlihatkan kekuatannya di turnamen tersebut.

Sempat tak diperhitungkan sejak awal, namun Kalteng Putra berhasil lolos ke babak perempatfinal Piala Presiden 2019 dengan status juara grup. Bahkan mereka berhasil menumbangkan dua klub ternama di Indonesia, yakni Persipura Jayapura dan PSM Makassar.

Baca Juga

Kalteng Putra sendiri nyatanya memiliki poin yang sama dengan Persipura dan PSIS Semarang. Namun Laskar Isen Mulang unggul head to head sekaligus jumlah gol dibandingkan dengan dua tim Liga 1 tersebut.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

PSMS MedanBorneo FCPiala PresidenLiga IndonesiaPiala Presiden 2017Kalteng Putra FCPiala Presiden 2018TRIVIAPiala Presiden 2019Bola Indonesia

Berita Terkini