x

3 Kelemahan Vietnam yang Bisa Dimanfaatkan Timnas Indonesia U-23

Kamis, 21 Maret 2019 08:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Perebutan di lini tengah dalam pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Vietnam U-22 di Piala AFF U-22 2019

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Vietnam pada laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Vietnam, MInggu (24/03/19). 

Serangkaian uji coba sudah dilakoni seperti menghadapi klub-klub Liga 1 yakni Arema FC, Bhayangkara FC dan Bali United dan juga berkompetisi di Piala AFF U-22. 

Indra Sjafri pun telah menetapkan formasi 4-3-3 sebagai andalan timnas. Trio penyerang diyakini akan diisi oleh Osvaldo Haay, Saddil Ramdani yang membantu Ezra Walian atau Marinus yang dipasang sebagai striker.

Baca Juga

Sementara itu, di sisi lain, Timnas Vietnam diketahui tengah dalam masalah. Berdasarkan informasi dari laman media lokal, Bondga, Vietnam diketahui memiliki sejumlah masalah yang bisa menjadi celah untuk Timnas Indonesia.  


1. 1. Fisik Pemain

Marinus Wanewar (tengah) melakukan duel udara dengan pemain Vietnam.

Pemain Vietnam diketahui memiliki kondisi fisik yang tak sebagus Indonesia atau Thailand. Hal ini diakui langsung oleh pelatih Vietnam, Park Hang-seo. 

Tim kepelatihan Vietnam pun terus melakukan latihan ketahanan demi menempa kekuatan fisik pemain. Tak hanya keras, asupan makanan mereka pun bakal dijaga. 

Jika melihat karakteristik pemain Indonesia yang memiliki kecepatan, tentunya kondisi fisik Vietnam yang buruk bisa dimanfaatkan.


2. 2. Pertahanan

Pemain Timnas Indonesia menyerang pertahanan Vietnam.

Berbeda dengan skuat yang masuk final Piala ASi U-23 2018, para penggawa Vietnam kali ini memiliki pertahanan yang kurang solid. 

Disebutkan oleh Bongda, bek-bek baru Vietnam U-23 seperti Tien Dung, Duy Manh, dan Tran Dinh Trong masih belum cukup baik dalam mengawal lini belakang. 


3. 3. Cederanya Pilar Lini Depan

Nguyen Tien Linh, pemain Becamex Binh Duong dan Timnas Vietnam

Indonesia patut beruntung jelang laga esok hari lantaran satu penyerang andalan Vietnam, Nguyen Tien Linh, mengalami cedera. 

Tien Linh menderita cedera sebelum laga level klub di Piala Super Vietnam antara Hanoi vs Binh Duong, Februari 2019. 

Baca Juga

Saat ini, di skuat asuhan Park Hang-seo tak ada striker yang benar-benar memiliki pengalaman dan catatan gol sebanyak Tien Linh. Sekadar informasi, Tien Linh menjadi top skorer V-League musim 2018 lalu. 

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia U-23 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

VietnamTimnas Indonesia U-23Liga IndonesiaTRIVIAKualifikasi Piala Asia U-23 2020

Berita Terkini