x

Ketidakadilan untuk Ezra Walian? 4 Pemain Top Dunia Ini Bisa Perkuat 2 Timnas

Jumat, 22 Maret 2019 13:31 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
Diego Costa salah pemain asal Brasil yang membela Timnas Spanyol.

INDOSPORT. COM - Pemain Timnas sepak bola Indonesia, Ezra Walian, tidak sendirian sebagai pemain yang berganti kewarganegaraan dan membela dua negara sekaligus. Berkaca di jagat sepak bola dunia, ada beberapa pemain top yang pernah melakukan hal serupa.

Ya, Ezra Walian belakangan namanya sedang menjadi sorotan jagat sepak bola. Pasalnya, ia tiba-tiba dilarang oleh FIFA untuk membela Timnas Indonesia.

Pelarangan ini muncul lantaran Ezra Walian diketahui pernah membela Belanda U-17, sebelum dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. FIFA pun telah resmi melarang Ezra Walian membela Timnas Indonesia berdasarkan surat keputusan tertanggal 21 Maret 2019, yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira.

Baca Juga

Kisah pelarangan Ezra Walian ini memang jarang sekali terjadi. Namun, kalau untuk kisah pemain yang berganti kewarganegaraan dan membela dua negara, ini bukanlah barang baru.

Beberapa pemain top dunia pernah melakukan hal ini dan nyatanya tak mendapat larangan FIFA. Siapa sajakah para pemain top dunia yang dimaksudkan?


1. Thiago Motta

Thiago Motta

Sosok Thiago Motta terkenal sebagai salah satu gelandang elegan yang dimiliki Italia. Thiago Motta sudah 30 kali membela Timnas Italia dan mencetak satu gol.

Namun, pada masa silam, tepatnya ketika Motta awal merintis karier, ia bukanlah seseorang berkewarganegaraan Italia. Motta dahulu merupakan seorang pemain yang membela Timnas Brasil.

Ya, Motta pernah memperkuat Brasil di level U-17 dan U-23. Ia juga sempat mencicipi dua caps senior di Timnas Brasil di ajang Gold Cup.


2. Wilfried Zaha

Penyerang Crystal Palace, Wilfried Zaha

Nama Wilfried Zaha kini bersinar bersama klub Liga Primer Inggris, Crystal Palace. Berkat penampilan apiknya, Zaha kerap dikaitkan dengan klub-klub top Eropa.

Jauh sebelum seperti sekarang, Zaha merupakan sosok wonderkid Timnas Inggris. Ia diandalkan Timnas Inggris di usia muda level U-19 dan U-21.

Baca Juga

Bahkan Zaha pernah memperkuat Timnas Inggris U-21 ajang Piala Eropa U-21. Ia juga telah dua kali mencatatkan penampilan bersama Timnas Inggris level senior.

Namun, pada tahun 2017, Zaha mengambil sebuah keputusan besar dalam karier internasionalnya. Ia memilih meninggalkan status kewarganegaraan Inggris dan membela Pantai Gading.


3. Diego Costa

Diego Costa, striker Atletico Madrid.

Sosok yang terbilang cukup kontroversial mungkin ada dalam diri Diego Costa. Ia berganti status kewarganegaraan dari Brasil menjadi Spanyol.

Ya, pada tahun 2013 Diego Costa sempat dua kali merasakan penampilan bersama Timnas Brasil. Dua penampilannya itu dicatatkan dalam laga uji coba kontra Italia dan Rusia.

Baca Juga

Namun, setahun setelahnya, tepatnya pada 2014, Diego Costa malah memilih membela negara Spanyol. Diego Costa pun hingga kini terus jadi andalan Timnas Spanyol di lini depan.


4. Kevin Prince Boateng

FORTALEZA, BRASIL - 21 Juni: Kevin-Prince Boateng dari gerakan Ghana selama Piala Dunia 2014 FIFA Brasil Grup G pertandingan antara Jerman dan Ghana di Castelao pada 21 Juni, 2014 di Fortaleza, Brasil.

Nama Kevin Prince Boateng dahulu ternyata merupakan seorang wonderkid Jerman. Ya, Boateng terus diandalkan Timnas Jerman di berbagai jenjang umur, kecuali senior.

Mulai dari tahun 2002, Boateng sudah diandalkan Timnas Jerman U-16. Puncaknya pada tahun 2006 ketika ia terakhir kali membela Timnas Jerman U-21.

Baca Juga

Pada tahun 2010, Boateng mengambil sebuah keputusan besar dalam kariernya. Ia memilih berganti kewarganegaraan dan membela Timnas Ghana di Piala Dunia 2010.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalEzra Walian

Berita Terkini