x

PSSI Bisa Belajar dari Kasus Charyl Chappuis untuk Ezra Walian

Jumat, 22 Maret 2019 15:55 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Ezra Walian dipastikan tidak boleh lagi membela Timnas Indonesia. Hal ini menyusul surat resmi yang dikeluarkan oleh FIFA.

Ezra Walian sebelumnya diterpa masalah terkait status kewarganegaraannya. Pemain jebolan Ajax Amsterdam itu dahulu pernah membela Belanda U-17, sehingga kini mengganjal statusnya untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

FIFA lantas mengambil kebijakan terkait status Ezra Walian. Keputusan yang ada, FIFA telah melarang Ezra Walian membela Timnas Indonesia untuk seterusnya.

Baca Juga

Ternyata, kasus seperti Ezra Walian pernah terjadi pada seorang pemain Thailand bernama Charyl Chappuis. 

Charyl Chappuis merupakan pesepakbola Thailand yang dulu pernah mengalami nasib serupa dengan Ezra Walian, tepatnya pada 2013 lalu. 

Pada waktu itu, Charyl Chappuis sempat dilarang membela Timnas Thailand oleh FIFA lantaran pernah bermain untuk tim junior Swiss. 

Sebelum memperkuat Thailand mulai dari level U-23 hingga senior, Chappuis tercatat menjadi anggota timnas Swiss U-17 dan bahkan bagian dari tim yang sukses menjuarai Piala Dunia pada 2009.

Baca Juga

Pada 2013 ia mendapat panggilan pertama dari pelatih Thailand, Windfried Schafer, untuk berlaga lawan Lebanon di kualifikasi Piala Asia 2015. 

Namun, sama seperti Ezra, ia tidka diperbolehkan tampil lantaran Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) belum melaporkan dokumen soal perubahan status warganegara serta konfirmasi resmi dari Federasi Sepakbola Swiss kepada FIFA.

Namun, pada prosesnya, Charyl Chappuis tetap dapat membela Timnas Thailand setelah FAT memberikan dokumen pendukung yang lebih lengkap. PSSI pun bisa belajar dari kasus Charyl Chappuis dalam menangani kasus yang menimpa Ezra Walian. 

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia U-23 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

ThailandTimnas Indonesia U-23Bola InternasionalCharyl Yannic Chappuis

Berita Terkini