x

3 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bakal Libas Vietnam Malam Nanti

Minggu, 24 Maret 2019 13:26 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi laga hidup mati menghadapi Vietnam di Grup K babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Minggu (24/03/19). 

Pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia U-23 menderita kekalahan telak atas Thailand dengan skor 0-4. Kekalahan tersebut membuat peluang anak asuh Indra Sjafri untuk lolos ke putaran final kian tipis.

Timnas Indonesia U-23 wajib merebut kemenangan di dua laga sisa melawan Vietnam dan Brunei Darussalam sambil memantau hasil pertandingan Thailand.

Baca Juga

Timnas Indonesia sendiri diprediksi bakal tampil beda ketimbang saat melawan Thialand kemarin. 

Berikut ini kami rangkum tiga alasan mengapa Timnas Indonesia U-23 bakal melibas Vietnam di laga malam nanti. 


1. 1. Masih Punya Senjata Rahasia

Witan Sulaeman dan Todd Ferre akan melakukan selebrasi

Indra Sjafri tentunya segera melupakan kekalahan dari Thailand dan menatap laga melawan Vietnam. Ia pun siap melakukan perubahan guna meraih kemenangan melawan Vietnam.

Di Timnas Indonesia saat ini masih memiliki setidaknya tiga pemain yang siap menjadi senjata rahasia tim. 

Pemain itu adalah Witan Sulaiman, Sani Rizki, dan Bagas Adi Nugroho. 

Witan Sulaiman tidak masuk sejak menit awal pada pertandingan melawan Thailand. Indra Sjafri memilih untuk memainkan Saddil Ramdani di sektor kanan.

Menghadapi Vietnam nanti, Witan layak mendapatkan kesempatan sejak menit awal. Ia tidak hanya kuat dalam menyerang, namun sigap dalam bertahan.

Witan terkadang mampu melepaskan tembakan jarak jauh tanpa diduga-duga. Sementara itu, Saddil bisa disimpan di babak kedua saat para pemain Vietnam sudah kelelahan.

Sementara itu masuknya Sani Rizki Fauzi terbukti meningkatkan intensitas serangan Timnas Indonesia U-23 pada pertengahan babak kedua.

Selain itu, karena Osvaldo Haay yang kerap telat panas di atas lapangan. Sani Rizki bisa menjadi ‘senjata rahasia’ yang bisa menusuk dari sisi kanan sebagai inverted winger.

Terakhir, timnas masih punya Bagas Adi Nugroho yang pantas menjadi starter. 

Baca Juga

Bagas Adi Nugroho layak mengisi barisan lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Vietnam. Ia punya catatan apik kala dipercaya tampil ketika Piala AFF U-22 2019 lalu.

Duet bek anyar Bhayangkara FC ini bersama Nurhidayat Haji Haris sempat dua kali membawa Garuda Muda meraih clean sheet.


2. 2. Catatan Buruk Vietnam Tiap Jumpa Indonesia

Pertemuan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2016.

Walau secara head to head Vietnam cukup bagus, namun berdasarkan sejarah, Timnas Vietnam selalu apes tiap jumpa Indonesia. 

Setidaknya sudah empat kali Vietnam harus tersingkir dalam sebuah turnamen tiap jumpa Indonesia. 

Baca Juga

Deretan kesialan itu antara lain terjadi di fase grup Piala AFF U-18 2017, fase grup SEA Games 2017, serta semifinal Piala AFF 2016 dan 2010. 


3. 3. Perbaikan Mental dan Moral Bermain

4 Persamaan Gelar Juara Timnas Indonesia U-19 dan U-22 bersama Indra Sjafri.

Skor 4-0 yang diderita Indonesia atas Thailand tentunya tidak layak terjadi mengingat skuat yang dimiliki Indonesia tak jau berbeda dari milik Negeri Gajah Putih. 

Secara tim, Thailand memang lebih kuat dari Indonesia,. Namun hal yang menghancurkan Indonesia hingga harus kebobolan empat gol tak lain adalah mentalitas pemain dan moral bermain skuat Indonesia U-23. 

Beruntung, hal vital ini pun menjadi perhatian Indra Sjafri. Sang pelatih mengaku bakal membenahi dua kelemahan ini. 

"Mentalitas harus diperbaiki. Moral harus dikembalikan. Kami sudah siap untuk laga nanti. Terkait kekuatan Vietnam, kami akan respons dengan taktik," ujar Indra Sjafri. 

Baca Juga

Dengan mental dan moral bermain yang diperbaiki, niscaya Timnas indonesia bakal tampil garang seperti layaknya di Piala AFF U-22 lalu. 

Terus Ikuti Perkembangan Kualifikasi Piala Asia U-23 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

VietnamTimnas Indonesia U-23Bola InternasionalKualifikasi Piala Asia U-23 2020

Berita Terkini