x

Hasil Pertandingan Persahabatan Myanmar vs Timnas Indonesia: Berkah 2 Pemain Naturalisasi

Senin, 25 Maret 2019 20:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Myanmar vs Indonesi

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sukses menang 2-0 atas tuan rumah Myanmar dalam laga persahabatan FIFA di Stadion Mandalar Rhiri, Myanmar, Senin (25/03/19) malam WIB.

Dua gol timnas dicetak oleh Greg Nwokolo pada menit 40 dan penalti Spasojevic pada menit 85'.

Timnas Indonesia tampil ofensif di babak pertama. Formasi 3-4-3 yang diterapkan Simon McMenemy menjanjikan serangan dari dua lini sayap. 

Baca Juga

Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat sejumlah peluang timnas terbuang di babak pertama. Hanya peluang Greg yang sanggup dijadikan gol pada babak pertama. 

Pada babak kedua, Myanmar mulai mengembangkan permainan. Beruntung, sejumlah peluang dari tim tuan rumah berhasil digagalkan Indonesia. 

Timnas Indonesia justru sukses menggandakan skor melalui penalti Spasojevic yang terjadi menjelang akhir pertandingan. 


1. Babak Pertama

Myanmar vs Timnas Indonesia

Timnas Indonesia tampil dengan formasi 3-4-3 dengan menempatkan Lilipaly, Riko, dan Greg di depan. 

Agresivitas Timnas Indonesia telah terlihat sejak menit awal babak pertama. Serangan-serangan berbahaya dibangun oleh Greg di kiri dan Riko di kanan.

Pada menit 3, Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas pertamanya melalui Greg Nwokolo.

Lolos dari penjagaan, Greg merangsek ke sisi kiri penalti Myanmar dan melepaskan tembakan keras yang sayangnya masih bisa dihalau kiper Vietnam, Kyaw Zin Phyo. 

Myanmar bukan tanpa peluang, mereka pun membalas serangan Indonesia melalui pemainnya, Win Naing Sore. 

Tempo pertandingan berjalan cepat. Kedua tim saling balas serangan sampai memasuki pertengahan babak pertama.

Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas pada menit ke-20. Dalam sebuah serangan balik, Stefano Lilipaly sukses merangsek ke kotak penalti dan mengecoh kiper Myanmar.

Lilipaly pun menembakkan bola ke gawang yang sudah tanpa penjagaan kiper. Namun, bola sepakan pemain Bali United itu masih bisa dihalau bek Myanmar. 

Memasuki pertengahan hingga akhir babak pertama, Timnas Indonesia melakukan serangan bertubi-tubi ke gawang Myanmar. 

Lagi-lagi, penyelesaian akhir yang buruk membuat Indonesia harus menunda gol. 

Timnas Indonesia akhirnya berhasil unggul melalui aksi Greg Nwokolo pada menit 40. Berawal dari serangan balik, Riko yang memegang bola memberi operan kepada Lilipaly yang berlari ke kotak penalti. 

Alih-alih menembak bola, Lilipaly memberikan operan pendek ke Greg yang berlari di belakangnya. Greg pun melakukan beberapa gerakan tipuan sebelum akhirnya menembakan bola ke gawang Myanmar untuk memberi Indonesia keunggulan. 

Vietnam mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan usai mendapat hadiah penalti pada menit 42. Beruntung, Andritany yang tampil di mistar gawang sanggup menepis bola. 

Di masa injury time Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas melalui Lilipaly. Sayang, Lilipaly yang tinggal berhadapan dengan kiper gagal mencetak gol. 

Hingga wasit meniupkan peluit akhir babak pertama, skor 1-0 tetap bertahan. indonesia/babak-pertama


2. Babak Kedua

Ilija Spasojevic salah satu pemain yang berhasil di naturalisasi

Timnas Indonesia berusaha menjaga ritme permainan di babak kedua. 

Namun, pergantian pemain yang dilakukan oleh Simon membuat serangan timnas mengendur. Stefano Lilipaly yang tampil dominan dalam serangan di babak pertama harus ditarik keluar digantikan oleh Spasojevic. 

Myanmar pun mendapatkan momentum dan tampil lebih menekan di pertengahan babak pertama. Beruntung, barisan pertahanan Indonesia tampil cukup solid. 

Myanmar yang tampil menekan di babak kedua harus menelan pil pahit usai Indonesia dihadiahi tendangan penalti menjelang akhir babak kedua. 

Berawal dari kemelut di kotak penalti, Novri Setiawan yang mendapat bola dilanggar dari belakang oleh pemain tim tuan rumah. 

Baca Juga

Wasit pun menunjuk titik putih. Spasojevic yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan perannya dengan baik. Indonesia pun memperbesar keunggulan menjadi 2-0. 

Kedua tim masih melancarkan sejumlah serangan, namun hingga peluit panjang, skor 2-0 tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia.    

Susunan Pemain

Myanmar (4-3-3): Kyaw Zin Htet; Zaw Min Tun, Min Kyaw Khant, Hlaing Bo Bo, La Din Maw Yar (b); Yan Naing Oo, Aung Thu, Thet Naing; Win Naing Soe, Mg Mg Lwin, Pyae Phyo Zaw. 

Timnas Indonesia (4-4-2): Andritany, Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Yanto Basna, Ruben Sanadi, Rizky Pellu, Evan Dimas, Yustinus Pae, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Riko Simanjuntak.

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

FIFAGreg NwokoloMyanmarStefano LilipalyTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini