x

Dirumorkan ke Ligue 1 Prancis, Jose Mourinho Bisa Ciptakan 4 Perombakan Ini

Rabu, 27 Maret 2019 12:15 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jose Mourinho dirumorkan ke Ligue 1 Prancis.

INDOSPORT.COM - Setelah menyatakan siap kembali menjadi pelatih mulai musim panas mendatang, Jose Mourinho langsung dikaitkan dengan dua tim Ligue 1 Prancis, yakni Lyon dan AS Monaco.

Meski baru sebatas rumor, munculnya Lyon dan Monaco sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, Mourinho dalam beberapa musim terakhir justru lebih sering dikaitkan dengan raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG).

Baca Juga

Mourinho sendiri menaggapi positif rumornya melatih salah satu tim Ligue 1 Prancis, meski memang tak secara spesifik menyebutkan nama klub mana yang tertarik untuk ditanganinya.

Dan jika pada akhirnya rumor tersebut benar terwujud, yakni Mourinho menjadi pelatih Lyon ataupun AS Monaco, maka pria yang dijuluki The Special One itu dapat menciptakan empat rekor tersendiri di Ligue 1 Prancis. Apa saja? berikut INDOSPORT menjabarkannya untuk Anda.


1. Pamor dan PSG

Paris Saint-Germain saat menjuarai Coupe de La Ligue 2013/14.

Mengangkat Pamor Ligue 1 Prancis

Dengan nama besar yang dimiliki Jose Mourinho, mau tak mau pamor Ligue 1 pasti akan terangkat. Lengkap dengan prestasi dan berbagai aksi kontrovesialnya, nama Jose Mourinho memang selalu bisa menjadi penarik perhatian para pemburu berita di seluruh dunia.

Dan jika dirinya menukangi salah satu di antara Lyon ataupun AS Monaco, potensi tersebut pasti akan berlanjut. Dan jika itu terjadi, maka sorotan ke Ligue 1 Prancis otomatis akan melonjak ke arah popularitas yang lebih tinggi di seluruh dunia.

Baca Juga

PSG Punya Pesaing 

Satu hal lagi yang kemungkinan besar akan terwujud jika nantinya Mourinho menukangi Lyon atau Monaco, yakni PSG akan mempunyai pesaing berat di Ligue 1 Prancis.

Seperti banyak diketahui, dengan pemain bintang yang mereka miliki, PSG hingga kini tak terbendung di kasta tertinggi sepak bola Prancis.

Dan dengan kapabilitas yang dimiliki Mourinho, kemungkinan besar untuk menghadirkan klub yang bisa menjadi pesaing utama PSG tentu bisa diwujudkan pria asal Portugal itu.

Belum lagi dnegan nama besarnya, Mourinho pasti akan dengan mudah mendatangkan pemain bintang ke klub yang akan dilatihnya nanti. Meski juga bergantung pada keungan klub tersebut pada akhirnya.


2. Prestasi Eropa

Jose Mourinho saat mencium trofi liga Europa.

Angkat Prestasi Klub Prancis di Eropa

Bukan hanya menyaingi PSG di kompetisi lokal, nama Mourinho secara langsung juga bisa menjanjikan prestasi di kancah eropa.

Dua gelar Liga Champions, satu Piala UEFA, satu trofi Liga Europa dan UEFA super cup adalah jaminan prestasi yang bisa ditawarkan pelatih berjuluk The Special One itu kepada calon klubnya nanti.

Dan jika pada akhirnya Mourinho bisa bebicara banyak di kancah eropa bersama klub barunya nanti, tentu secara langsung juga akan berimplikasi kepada sepak bola Prancis.

Mereka berpeluang mendapatkan jatah tiket ke kompetisi Eropa yang lebih banyak. Di mana saat ini hanya tiga klub teratas mereka yang berhak merasakan Liga Champions dan satu ke Liga Europa.

Karier Mourinho Semakin Lengkap

Jika tiga hal di atas berkaitan dengan klub dan kompetisi Ligue 1 secara umum, maka hal terakhir ini adalah yang berhubungan dengan pribadi Jose Mourinho.

Andai nantinya menukangi salah satu klub Ligue 1 Prancis, maka karier pria 56 tahun itu semakin lengkap. Lengkap dengan Ligue 1 sebagai kompetisi eropa kelima yang pernah dicicipinya. Setelah sebelumnya di Liga Portugal, Liga Inggris, Liga Italia dan Liga Spanyol.

Dan akan semakin semakin lengkap jika nantinya karier kepelatihannya di klub Ligue 1 bisa berujung dengan gelar domestik.

Karena seperti diketahui, di empat kompetsi yang dilaluinya dulu, Mourinho selalu bisa memberikan trofi juara liga domestik pada klub yang diasuhnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional dan Ligue 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Jose MourinhoAS MonacoPSGLigue 1 PrancisOlympique LyonBola InternasionalLiga PrancisLigue 1TRIVIA

Berita Terkini