x

Rekam Jejak Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Sedekade Terakhir

Kamis, 28 Maret 2019 14:30 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Perjalanan panjang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022 di Qatar

INDOSPORT. COM - Timnas Sepak Bola Indonesia punya rekam jejak yang kurang apik di Kualifikasi Piala Dunia. Wajar, mengingat Skuat Garuda belum pernah sekalipun mencicipi lolos ke ajang pesta sepak bola dunia empat tahunan tersebut.

Harapan untuk memperbaiki sejarah kelam masa lalu memang masih ada. Timnas Indonesia akan kembali berkecimpung di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia mulai 6 Juni 2019 mendatang.

Pada keikutsertaan kali ini, Timnas Indonesia bakal memulai perjuangannya dari putaran kedua zona Asia. Hal tersebut dikarenakan Timnas Indonesia kini menempati posisi ke-32 di antara negara-negara Asia.

Baca Juga

Sebelum melangkah jauh menuju perhelatan Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti, tak ada salahnya bila kita menengok sedikit ke belakang. Siapa tahu, kisah kegagalan masa lalu bisa jadi pelajaran yang berharga untuk meraih prestasi apik ke depannya.


1. Kualifikasi Piala Dunia 2018

Tampak sedih seluruh pemain & pelatih Timnas Indonesia usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018

Timnas Indonesia harus mendapati kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 tanpa sekalipun pernah bertanding. Kala itu, hak Timnas Indonesia untuk mengikuti kualifikasi dicopot oleh AFC.

Ya, AFC terpaksa mencoret Timnas Indonesia dari Kualifikasi Piala Dunia 2018. Keputusan ini merupakan dampak dari sanksi FIFA kepada pihak PSSI.

Baca Juga

Sanksi dari FIFA sendiri resmi dijatuhkan kepada PSSI per tanggal 30 Mei 2015. Sanksi diberikan setelah FIFA menilai adanya intervensi pemerintah Indonesia (Kemenpora) terhadap organisasi PSSI.


2. Kualifikasi Piala Dunia 2014

Timnas Indonesia kala dibungkam Bahrain 10-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Kisah Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 terbilang cukup miris. Timnas Indonesia yang bisa ikut Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia dari putaran ketiga, nampak tak berdaya menghadapi pesaing-pesaingnya.

Ya, kala itu Timnas Indonesia tergabung di Grup E bersama tiga negara lainnya, yakni Iran, Qatar, dan Bahrain. Sayangnya, dari enam laga yang dilalui di Grup E itu, Timnas Indonesia selalu menderita kekalahan.

Baca Juga

Parahnya lagi, Timnas Indonesia sempat menelan kekalahan telak ketika jumpa Bahrain. Skuat Garuda menyerah dari Bahrain dengan skor 0-10.


3. Kualifikasi Piala Dunia 2010

Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

Timnas Indonesia memang selalu menuai hasil buruk ketika berlaga di Kualifikasi Piala Dunia. Tak terkecuali pada Kualifikasi Piala Dunia 2010 lalu.

Kala itu, Timnas Indonesia memulai perjuangannya di Kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Asia dari babak pertama. Timnas Indonesia bertemu Guam dan berhasil menang WO sekaligus berhak melaju ke fase selanjutnya.

Baca Juga

Pada babak kedua, lawan yang dihadapi Timnas Indonesia adalah Suriah. Bermain dalam laga dua leg, Timnas Indonesia harus tersingkir setelah kalah agregat 1-11.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Timnas Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Piala DuniaTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIASepak BolaBerita Olahraga

Berita Terkini