x

Termasuk Persib, Ini 4 Klub Liga 1 yang Cocok Dibela Joey Suk Bila Dinaturalisasi

Sabtu, 30 Maret 2019 18:51 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Nama Joey Suk mendadak ramai menjadi perbincangan usai proses naturalisasi yang sedang ia jalani, andai telah jadi warga negara Indonesia (WNI) 4 klub Liga 1 ini layak untuk dicoba jika sang pemain memilih hengkang ke Indonesia.

Status proses naturalisasi Joey Suk menjadi WNI sendiri kembali mengemuka lewat salah satu wawancaranya kepada media olahraga asal Kroasia, cityportal.hr beberapa waktu lalu.

"Saya belum menjadi WNI, warga negara Indonesia, tapi saya harap tidak lama lagi. Proses naturalisasi sedang berjalan, saya harap segera selesai," ucap Joey Suk.

Baca Juga

Andai benar pemain berusia 29 tahun tersebut resmi berpindah kewarganegaraan menjadi WNI, tentu memberi kekuatan cukup besar kepada skuat Timnas Indonesia.

Naturalisasi Joey Suk pun bisa memberikan alternatif lain bagi tim Liga 1 yang membutuhkan pemain lokal berkualitas. Dengan menjadi WNI, tim-tim Liga 1 bisa menghemat satu kuota pemain asingnya dengan memboyong Joey Suk.

Namun dari beberapa tim peserta Liga 1, hanya ada 4 klub yang kemungkinan cocok dan bisa memboyong Joey Suk. Berikut INDOSPORT.COM coba merangkum.

1. Persib Bandung

Klub pertama yang paling rasional untuk mendatangkan Joey Suk adalah Persib Bandung, meski harga sang pemain cukup mahal namun tak menjadi masalah bagi maung Bandung.

Buktinya pemain sekelas Michael Essien dan Carlton Cole mampu mereka datangkan pada musim 2017 lalu, apalagi Persib juga membutuhkan gelandang berpotensi untuk menggantikan beberapa pemain uzur dilini tengah macam Srdan Lopicic dan Esteban Vizcarra.


1. 2. Bali United

Joey Suk saat berseragam NAC Breda.

Klub berikutnya adalah Bali United, yang memang secara statistik cukup ramah dengan pemain-pemain naturalisasi. Bahkan di musim ini Bali United menjadi klub dengan pemain naturalisasi terbanyak ketimbang klub lain.

Tercatat dalam skuat Laskar Tridatu saat ini dihuni tiga pemain naturalisasi, mereka adalah Ilija Spasojevic, Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly yang menjadi warga negara Indonesia.

Bahkan Bali United bisa menjadi rumah kedua Joey Suk lantaran beberapa pemain asingnya berasal dari Belanda, negara yang sama dengan Joey Suk.

Ilija Spasojevic saat membela Timnas Indonesia melawan Bali United.

3. PSM Makassar

Klub berujuk Juku Eja ini juga bisa menjadi alternatif Joey Suk bila dirinya berniat tampil di Liga Indonesia. Pasalnya PSM cukup familiar dengan pemain-pemain Eropa khusunya yang berasal Belanda.

Bahkan musim lalu PSM diisi oleh tiga orang asal negara Kincir Angin ini, mereka adalah Wiljan Pluim, Marc Klok dan sang pelatih Robert Rene Alberts.

Wiljan Pluim dan Marc Klok sendiri terlihat betah berada di PSM, terbukti Marck Klock yang telah berseragan PSM sejak 2017 lalu mau memperpanjang masa baktinya hingga tahun 2023.

Baca Juga

4. Borneo FC

Terakhir adalah Borneo FC, klub yang juga diperkuat mantan rekan setim Joey Suk saat masih di Belanda, Diego Michiels. Keduanya pernah saling bahu-membahu saat berseragam Go Ahead Eagles pada 2009 hingga 2011.

Kedekatan dengan Diego Michiels yang telah lebih dulu menjadi WNI dan bermain di Liga Indonesia, bisa membuat Joey Suk mudah beradaptasi dan memahai kutur Liga 1 jika bergabung bersama Bornoe FC.

Tim asal Kalimantan itu juga cukup ramah dengan pemain Eropa, di awal musim ini misalnya mereka berhasail mendatangkan Jan Lammers dari klub Erste Divise, RKC Waalwijk.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferNaturalisasiLiga IndonesiaLiga 1Joey SukTRIVIA

Berita Terkini