x

Menanti 4 Klub Calon 'Batu Sandungan' yang Siap Promosi ke Liga Top Eropa

Senin, 1 April 2019 16:33 WIB
Editor: Juni Adi
Para pemain Leeds United.

INDOSPORT.COM - Tak terasa kurang dari dua bulan lagi, kompetisi kasta tertinggi di beberapa liga domestik Eropa akan segera berakhir seperti Inggris, Prancis, Spanyol dan Italia.

Itu artinya, akan ada kabar bahagian untuk tiga klub yang akan mendapat jatah promosi. Di sisi lain, berakhirnya kompetisi juga akan menjadi kabar buruk bagi tiga tim terbawah klasemen akhir, karena mereka akan terdegradasi.

Baca Juga

Di musim baru, biasanya klub-klub promosi tampil mengejutkan di awal kompetisi. Hal tersebut dikarenakan, mereka lebih serius mempersiapkan tim, untuk bertahan di kasta tertinggi setelah susah payah naik kasta.

Seperti yang bisa dilakukan oleh empat tim ini. Mereka bisa jadi batu sandungan untuk klub-klub papan atas di masing-masing liganya, siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

Baca Juga

1. Leeds United (Liga Primer Inggirs)

Penantian panjang Leeds United untuk bisa merasakan kembali bersaing di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Liga Primer Inggris akhirnya akan segera terwujud.

Sejauh ini, Leeds United berada di peringkat kedua Divisi Championship dengan koleksi 76 poin dari 39 laga yang sudah dilakoni. Mereka unggul dua poin dari Sheffield United yang berada di peringkat ketiga.

Andai mereka mampu mempertahankan posisi dua besar, secara otomatis Leeds United akan promosi ke Premier League bersama Norwich City yang saat ini masih memuncaki klasemen, dengan 81 poin.

Leeds sendiri bukanlah klub kemarin sore di dunia sepak bola Britania Raya dan Eropa, karena pada era 90an mereka sempat berjaya. Tercatat, tiga gelar Liga Primer Inggris sudah dimenangkan pada musim 91/92, 73/74, 68/69.

Musim depan bersama pelatih jenius Marcelo Bielsa, Leeds United diprediksi bisa tampil mengejutkan seperti yang dilakuakn Wolverhampton Wanderers musim ini di Premier League.


1. 2. Deportivo La Coruna (LaLiga Spanyol)

Selebrasi para pemain Deportivo La Coruna usai mendapatkan gol atas Barcelona.

Hanya semusim berada di kasta kedua sepak bola Liga Spanyol, Segunda Division karena musim lalu terdegradasi, Deportivo La Coruna berpeluang kembali naik kasta ke LaLiga musim depan.

Saat ini, tim berjuluk Branquiazuis berada di peringkat ke-5 klasemen sementara Segunda Division, dengan 54 poin. Torehan tersebut sudah cukup membuat mereka bisa lolos, melalui jalur play-off andai di akhir musim nanti bertahan di peringkat kelima.

Namun Deportivo La Coruna juga bisa lolos otomatis, andai mampu menggeser Granada di peringkat dua. Keduanya saat ini hanya terpaut empat angka. 

Baca Juga

Melihat dari sisa laga yang masih ada, bukan tidak mungkin Deportivo mengakhiri musim di peringkat kedua dan lolos otomatis ke LaLiga.

Kabar promosinya Deportivo La Coruna sendiri bisa jadi mimpi buruk bagi klub-klub papan atas LaLiga seperti Real Madrid dan Barcelona. Sebab keduanya pernah tersandung oleh penampilan impresif tim besutan Natxo González itu. 

Selain itu, Deportivo La Coruna juga mampu merusak dominasi Barcelona dan Real Madrid dalam menjuarai LaLiga pada tahun 2000. Menjadi juara dengan torehan dramatis karena mampu unggul 5 poin dari Barcelona dan Valencia yang sama-sama meraih poin 64.

3. Palermo (Serie A Italia)

Tim selanjutnya yang berpeluang promosi musim depan adalah Palermo, dari Serie B ke Serie A. Saat ini, Palermo berada di zona play-off menempati urutan ketiga klasemen sementara Seri B, dengan koleksi 50 poin.

Selisih satu poin dengan peringkat kedua Lecce, Palermo berpeluang bisa lolos otomatis pada akhir musim nanti. Bahkan, mereka bisa saja promosi dengan status juara karena selisih tiga poin dengan pemuncak klasemen, Brescia.

Palermo sendiri pernah menjadi penantang klub-klub papan atas Serie A, lantaran kerap melahirkan sejumlah pemain berkualitas seperti Edison Cavani, Andrea Belotti, Paulo Dybala dan Matteo Darmian.

Namun sayang, para pemain tersebut harus hengkang lantaran tak kuasa menerima tawaran dari klub top Eropa lainnya. Musim depan, Palermo bisa tampil menggebrak di Serie A.

Hal tersebut dikarenakan mereka punya beberapa amunisi berbahaya seperti striker Ilija Nestorovski yang sudah mengemas 9 gol dari 19 pertandingan Serie B sejauh ini.

4.  Paris FC (Ligue 1)

Klub terakhri yang bisa tampil mengejutkan dan jadi batu sandungan klub-klub mapan adalan Paris FC. Tim besutan Mehmed Bazdarevic itu saat ini bertengger di posisi tiga klasemen sementara Ligue 2 dengan 53 poin. 

Paris FC berpeluang promosi ke Ligue 1 musim depan, melalui jalur play-off andai mereka bertahan di peringkat ketiga akhir musim nanti. Namun, jika bisa merangsek ke urutan dua ataupun jadi juara, Paris FC bisa lolos otomatis.

Hadirnya Paris FC di Ligue 1 musim depan akan menambah semarak kompetisi kasta tertinggi liga Prancis tersebut. Selain itu, dengan adanya Paris FC juga menambah warna baru untuk sepak bola Paris, karena bisa terjadi derby dengan Pari Saint-Germain.

Deportivo La CorunaPalermoLeeds UnitedBola InternasionalTRIVIASepak Bola

Berita Terkini