x

Piala Presiden 2019: Menanti 4 Aksi Bonek di Laga Persebaya vs Arema FC

Senin, 8 April 2019 10:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
Bonek membawa jersey bernomor 19, nomor yang dikenakan Eri Irianto. Rabu (3/4/19).

INDOSPORT.COM - Melajunya Persebaya Surabaya ke Final Piala Presiden 2019 untuk berjumpa Arema FC membuat suporter setia mereka, Bonek mania menjadi sorotan.

Sorotan terhadap Bonek tak lepas dari calon lawan yang akan dihadapi Persebaya Surabaya, Arema FC dan suporternya. Seperti yang telah banyak diketahui oleh pencinta sepak bola Indonesia sejati, Bonek sejak lama memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan suporter Arema FC, Aremania.

Baca Juga

Rekam jejak yang kurang harmonis tersebut tak bisa ditampik memberikan kekhawatiran kepada banyak pihak, namun jika melihat apa yang ditunjukan Bonek mania setidaknya masih ada harapan besar bahwa partai final Piala Presiden 2019 akan berjalan damai tanpa kendala.

Jika berkaca pada apa yang ditunjukan Bonek belakangan ini, daripada mengkhawatirkan akan hal hal yang tak diinginkan, sebenarnya harapan akan aksi-aksi spektakuler yang positif juga berpotensi untuk terjadi. 

Untuk itu berikut INDOSPORT coba rangkumkan hal-hal positif apa saja yang layak dinanti dari Bonekmania di laga final Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya vs Arema FC.


1. Tertib dan Koreografi

Bonek tribun timur membuat koreo bergambar Eri Irianto, Rabu (3/4/19).

Tertib dan Santun

Seiring kembalinya Persebaya Surabaya ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Bonek terlihat telah melakukan reformasi besar dalam tindak-tanduknya. Gambaran akan suporter yang sering memantik keributan dalam pertandingan, seakan sirna dari Bonek kini. 

Tak bisa ditampik memang masih ada sekali dua kali ada oknum Bonek yang terlibat keributan, seperti yang terjadi di pertengahan tahun 2018 lalu di ajang Liga 1, namun di luar itu, belakangan akan lebih mudah menyaksikan tertib dan santunnya suporter setia Persebaya Surabaya itu di dalam pertandingan.

Dengan hal tersebut, tentu harapannya ketertiban dan sikap santun yang telah dilakukan Bonek belakangan ini bisa kembali tersaji di laga final Piala Presiden 2019, Persebaya vs Arema FC.

Koreografi

Koreo kreatif yang ditampilkan Bonek Kidul saat mendukung Persebaya vs Borneo FC di tahun 2018 lalu.

Bukan cuma ketertiban yang belakangan mulai ditunjukan Bonek, lebih dari itu mereka kini mulai rutin menyajikan pertunjukan aktraktif dengan koreografi di stadion Gelora Bung Tomo.

Di Piala Presiden 2019 ini, koreografi Bonek tersebut sempat terlihat dalam laga permepatfinal dan semifinal saat  Persebaya Surabaya menjamu Madura United. Dan dengan label final yang lebih bergengsi, rasannya kesempatan untuk bisa menghadirkan koreografi yang lebih spektakuler tentu tak akan dilewatkan begitu saja oleh Bonek nanti.

Utamanya ketika Persebaya Suarabaya bermain di Stadion Gelora Bung Tomo menjamu Arema FC, Selasa (08/04/19).


2. Aksi Amal dan Sambut Aremania

Hujan Boneka di laga Persebaya vs Tira Persikabo sebagai bentuk solidaritas untuk anak-anak penderita kanker.

Aksi Amal

Satu lagi yang bisa diharapkan akan dilakukan Bonek di final Piala Presiden 2019 adalah aksi amal, seperti yang pernah mereka tunjukan di laga perempatfinal Piala Presiden 2019 kontra TIRA-Persikabo, Jumat (29/03/19). 

Saat itu Bonek melemparkan boneka ke dalam lapangan, sebagai aksi solidaritas ke anak-anak penderita kanker. Aksi Bonek tersebut sontak menghadirkan banyak pujian dari berbagai pihak, termasuk dari badan amal PBB UNICEF.

Dengan banyaknya pujian yang datang, harapannya akan memantik aksi serupa bisa kembali dihadirkan Bonek. Terlebih di laga final Piala Presiden 2019 nanti.

Sambutan Untuk Aremania

Hal terakhir yang sangat mungkin menjadi harapan banyak pecinta sepak bola nasional di laga final Piala Presiden 2019 nanti, adalah Bonek bisa menunjukan aksi menyambut Aremania di stadion Gelora Bung Tomo.

Dengan tujuan dan visi Piala Presiden 2019, tentu laga final nanti menjadi kesempatan yang ideal untuk menyempurnakan perubahan postif yang belakangan ini sudah ditujukan Bonek. Dan menyambut Aremania dengan baik di kandang mereka tentu akan membuat Bonek semakin layak untuk diberikan pujian.

Jika itu dilakukan Bonek, harapannya Aremania juga bisa menyambut dengan tak kalah baiknya. Datang dengan tertib ke Gelora Bung Tomo, dan menyambut balik Bonek dalam laga leg kedua final Piala Presiden 2019 di stadion Kanjuruhan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia  Liga 1 dan Piala Presiden  2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persebaya SurabayaSuporterBonekBonekmaniaLiga IndonesiaArema FCTRIVIAPiala Presiden 2019Bola Indonesia

Berita Terkini