x

Song for Pride: Bukti Fanatisme Bonek untuk Persebaya Dalam Alunan Lagu

Selasa, 9 April 2019 15:26 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Euforia Bonek saat menonton langsung laga Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo.

INDOSPORT.COMSong for Pride, merupakan salah satu dari sekian banyak bukti fanatisme Bonek untuk Persebaya  Surabaya yang kali ini tersirat dalam sebuah alunan lagu.

Belakangan lagu tersebut memang menjadi viral di dunia maya, terlebih saat Andik Vermansah yang notabene pemain sepak bola klub Madura United terlihat ikut menyanyi bahkan sampai menangis kala mendengar lagu itu.

Kejadian terjadi usai laga sepak bola semifinal leg pertama Piala Persiden 2019 antara Persebaya Surabaya vs Madura United, Rabu 3 April 2019 lalu di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Baca Juga

Tak cuma Andik, ada beberapa pemain lain yang juga meneteskan air mata saat 'lagu kebangsaan' Persebaya Surabaya ini dimainkan. Seperti Hansamu Yama, Rendi Irwan bahkan mantan penyerang asing Bajul Ijo, David da Silva.

Melansir dari laman emosijiwaku.com, anthem Song for Pride diketahui merupakan ciptaan Mahardika Nurdiansyah. Meski telah lama dibuat, namun lagu tersebut mulai rutin dinyanyikan saat Persebaya degradasi ke Liga 2 musim 2017 dan akhirnya di Liga 1 musim lalu, hampir setiap laga usai di GBT lagu Song for Pride selalu dinyanyikan.

Jika mengulik tiap lirik dalam lagu tersebut, sangat terlihat jelas makna dan besarnya kecintaan bonek untuk Persebaya. Seperti dalam sepenggal lirki berikut, 'Kukorbankan semua untuk kau sang pahlawan.. Kan kubela dengan penuh rasa bangga di dada'.

Lirik tersebut sangat tepat untuk mendiskripsikan jati diri Bonek yang selalu siap mendukung Persebaya dalam setiap pertandingan, meski harus menempuh jarak jauh di pertandingan away, Bonek tak pernah mundur untuk datang memenuhi stadion.

Bonek memadati Stadion Gelora Bung Tomo
Baca Juga

Tradisi menyanyikan song for pride juga bisa menjadi ajang protes kepada para pemain Persebaya jika bermain buruk, hal tersebut pernah terjadi saat kompetisi Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) musim 2018 lalu.

Saat itu Persebaya berhadapan dengan Barito Putera di Gelora Bung Tomo, Minggu (08/04/18), bermain di depan pendukung sendiri Persebaya malah kalah dengan skor tipis 1-2.

Mengkritisi buruknya penampilan Persebaya, ribuan Bonek yang datang ke stadion memilih diam saat lagu song for pride dimainkan, dan athem tersebut terlihat hanya menjadi hiburan ketimbang pemompa semangat.

Berkaca pada insiden tersebut, para pemain Persebaya akhirnya berpikir dua kali untuk bermain buruk terlebih jika tampil di hadapan bonek.

Imbasnya, Persebaya Surabaya berhasil tampil garang khususnya dalam ajang Piala Presiden 2019 ini, di mana skuat arahan Djajang Nurjaman tersebut mampu menembus final bahkan menaklukan skuat bertabur bintang, Madura United di semifinal leg kedua.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Persebaya SurabayaPiala PresidenBonekBonekmaniaLiga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoPiala Presiden 2019Bola IndonesiaPersebaya vs Arema FC

Berita Terkini