x

Media Amerika Soroti Sosok Penting Persib Bandung dan Persija Jakarta

Kamis, 11 April 2019 15:40 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Sepak bola Indonesia kembali menjadi sorotan media asing FOX Sports Asia. Kali ini, yang menjadi sorotan media asal Amerika Serikat itu adalah sosok penting bagi Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Baru-baru ini, FOX Sports Asia mengunggah foto pelatih sepak bola Arcan Iurie di akun Instagram resmi mereka. Dalam foto tersebut, FOX Sports Asia menulis Iurie adalah satu-satunya orang yang pernah memimpin dua tim besar Indonesia, yaitu Persib dan Persija.

Baca Juga

Arcan Iurie yang kini berusia 54 tahun memang memiliki catatan unik selama kariernya menjadi pelatih di kompetisi sepak bola Indonesia. Pelatih kelahiran Moldova itu merupakan satu-satunya pelatih yang pernah menangani Persib dan Persija.

Iurie menjadi sosok penting di kursi kepelatihan Persija pada kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia musim 2005/06. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu merupakan klub Indonesia kedua yang ditangani Iurie, setelah sebelumnya ia menangani Persita Tangerang pada musim debutnya di Liga Indonesia.

Bersama Persija, prestasi Iurie terbilang bagus. Pelatih sepak bola bersertifikat UEFA Pro itu berhasil mengantar Macan Kemayoran menempati peringkat 2 klasemen Wilayah Barat. Namun sayang, langkah Persija harus terhenti di babak 8 besar.

Usai menangani Persija, Iurie kemudian menyeberang ke Persib Bandung. Namun prestasi Iurie bersama Persib tak sebaik seperti ketika ia melatih Persija. Di tangan Iurie, Persib hanya mampu finish di posisi 5 klasemen Wilayah Barat dan gagal lolos ke babak 8 besar.

Baca Juga

Selepas menangani Persib, Iurie yang kini beristrikan orang Indonesia lalu bertualang menangani sejumlah tim di Indonesia. Ia pernah melatih Persik Kediri, Persebaya, dan Madura United.

Saat ini Arcan Iurie tercatat sebagai pelatih Cilegon United. Ia telah menangani tim sepak bola berjuluk The Volcano tersebut sejak 2017 lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM