x

Termasuk Lionel Messi, Harga Transfer 4 Pemain LaLiga Spanyol Ini Jeblok

Minggu, 14 April 2019 10:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
Pemain depan Barcelona, Lionel Messi mengalami penurunan harga di musim 2018/19 kali ini. (Quality Sport Images/Getty Images)

INDOSPORT.COM – Termasuk Lionel Messi, terdapat empat pemain LaLiga Spanyol yang mengalami penurunan harga di bursa transfer selama berlangsungnya musim 2018/19 kali ini.

LaLiga Spanyol yang merupakan kasta tertinggi sepak bola negeri Matador itu dikenal telah menampung beberapa pemain termahal di dunia.

Dana fantastis telah dikucurkan oleh klub-klub papan atas Liga Spanyol demi memboyong pemain hebat untuk mempertajam dan memperkuat tim masing-masing.

Baca Juga

Namun, setiap pemain pasti menunjukkan pasang-surut performa selama karier sepak bolanya, yang tentunya membuat nilai mereka anjlok di bursa transfer.

Terdapat deretan pemain terhebat di dunia yang juga mengalami penurunan nilai transfer termasuk salah satu megabintang sepak bola, Lionel Messi.

Disadur dari Transfermarkt, berikut INDOSPORT telah merangkum empat pemain yang mengalami penurunan harga transfer. Ini lah ulasannya:


1. Diego Costa - Atletico Madrid

Diego Costa, salah satu bintang Atletico Madrid saat mengolah si kulit bundar di lapangan.

Diego Costa dianggap sebagai salah satu striker tertajam di dunia. Kemampuannya telah membuat ia ditakuti oleh beberapa musuhnya saat tengah berlaga.

Akan tetapi, performa Costa mengalami penurunan dan diterpa cedera yang masih terus membuntutinya. Hal ini membuat nilai transfernya di musim 2018/19 ini menurun drastis.

Ia hanya mampu menceploskan lima gol plus tiga assist dalam 21 laga yang dilakoninya pada kampanye kali ini. Sementara harga transfernya turun menjadi 40 juta euro (Rp576 miliar).

Sebelumnya ia bernilai 54 juta euro atau setara dengan Rp864 miliar. Ini berarti Costa memiliki penurunan nilai sebesar Rp288 miliar.

Lionel Messi – Barcelona

Pemain depan Barcelona, Lionel Messi Foto: Quality Sport Images/Getty Images

Lionel Messi merupakan salah satu pemain terhebat sepanjang masa dan berhasil mempertahankan kehebatannya dalam satu dekade ini.

Namun siapa sangka pemain sepak bola berpaspor Argentina itu pun mengalami penurunan nilai transfer? Pasalnya Messi telah mengalami degradasi performa karena usianya tak lagi muda yakni 31 tahun.

Pada mulanya ia dihargai senilai 162 juta euro (Rp2,5 triliun). Namun kini nilainya turun menjadi 144 juta euro atau setara dengan Rp2,3 triliun.

Pada musim 2018/19 kali ini, Messi telah mencatatkan 43 gol dan 21 assist dalam 41 pertandingan yang dijalaninya bersama Barcelona.


2. Marcelo - Real Madrid

Marcelo, bek kiri Real Madrid.

Pada musim 2018/19 kali ini Real Madrid telah mengalami masa transisi yang cukup sulit, apalagi setelah kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus serta mengalami tiga kali pergantian pelatih.

Nyatanya masa sulit itu juga dialami para pemainnya, termasuk Marcelo. Pemain sepak bola asal Brasi tersebut kini kesulitan untuk masuk dalam tim regular yang saat ini kembali diasuh oleh Zinedine Zidane.

Nilai transfernya pun ikut mengalami penurunan secara drastic, yakni dari 63 juta euro (Rp1 triliun) menjadi 31,5 juta euro (Rp504 miliar)

Marcelo pada musim ini hanya tampil dalam 28 laga dan mencetak tiga gol serta enam assist.

Philippe Coutinho – Barcelona

Philippe Coutinho, gelandang serang Barcelona.

Sejak memutuskan untuk hengkang dari Liverpool ke Barcelona, ternyata Philippe Coutinho tak kunjung menunjukan performa terbaiknya.

Padahal pelatih Blaugrana, ​​Ernesto Valverde, telah memberinya banyak peluang untuk unjuk gigi di atas lapangan hijau bahwa keterampilan yang dimilikinya setara dengan harga fantastis yang telah dikeluarkan.

Tak adanya peningkatan membuat nilai Coutinho yang semula bernilai 135 juta euro (Rp2,1 triliun) menjadi 90 juta euro (Rp1,44 triliun).

Sejauh ini Coutinho hanya mampu mencetak 10 gol dan lima assist dalam 46 laga di musim 2018/19.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT

Real MadridAtletico MadridMarceloDiego CostaBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolPhilippe CoutinhoLiga SpanyolSepak Bola

Berita Terkini