x

Dobel Sial, Diego Costa Terancam Dipenjara karena Pajak

Kamis, 18 April 2019 17:51 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Diego Costa bintang Atletico Madrid

INDOSPORT.COM – Peribahasa ‘Sudah jatuh tertimpa tangga pula’ nampaknya cocok untuk menggambarkan nasib bintang Atletico Madrid, Diego Costa, yang baru saja diduga terlibat dalam kasus penggelapan pajak.

Masalah ini harus ia alami setelah dijatuhi hukuman larangan bermain di delapan pertandingan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), sebagai buntut atas sikap buruknya usai menghina wasit Gli Manzano saat kalah atas Barcelona 0-2 pada awal April ini.

Kantor pajak Spanyol mencurigai bahwa Costa telah melakukan penggelapan pajak dengan tidak melaporkan sejumlah uang yang ia terima sebelum kepindahannya dari Atletico ke Chelsea.

Baca Juga

Uang yang ‘disembunyikan’ Costa bernilai 1,1 juta euro atau setara dengan Rp17,6 miliar atas hak gambarnya dengan sponsornya yakni Adidas pada 2014.

"Administrasi pajak menuduh Diego Costa melakukan penipuan dengan total 1,1 juta euro terkait hak gambarnya pada 2014," tulis pernyataan surat kabar El Mundo.

Akan tetapi, tuduhan tersebut belum dikonfrimasi secara langsung oleh otoritas pajak setempat. Namun, jika terbukti bersalah, maka dirinya terancam dipenjara atau dijatuhi hukuman denda.

Baca Juga

Pemain sepak bola berusia 30 tahun tersebut bukanlah satu-satunya pemain yang tersandung kasus pajak. Sebelumnya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi juga mengalami hal serupa.

Ronaldo akhirnya dijatuhi hukuman denda senilai 18,8 juta euro (Rp 297 miliar) pada Januari 2019 ini. Sementara Messi  membayar denda 2 juta euro (Rp 31,6 miliar) terkait terbelit kasus dan menerima hukuman penjara 21 bulan pada 2016 silam.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT

Atletico MadridCristiano RonaldoSpanyolDiego CostaLionel MessiLiga SpanyolSepak Bola

Berita Terkini