x

5 Pemain Senior Indonesia yang Bisa Hijrah ke Liga Korea Selatan

Jumat, 19 April 2019 14:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Lima pemain senior Indonesia yang bisa hijrah ke Liga Korea Selatan, di antaranya Stefano Lilipaly.

INDOSPORT.COM – Kabar baik datang untuk pesepakbola Indonesia. Itu terjadi ketika Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) baru saja mengeluarkan aturan baru dengan memberikan slot pemain Asia Tenggara kepada kontestan K-League.

Aturan yang baru akan diterapkan pada musim 2020 itu pun tentunya akan sangat berarti bagi sepak bola Indonesia. Karena dengan demikian, para pemain Indonesia memiliki peluang untuk bermain di kasta tertinggi sepak bola Korea Selatan.

Meski bersaing dengan para pemain Thailand, namun pesepakbola asal Indonesia juga punya keunggulan tersendiri untuk menarik perhatian klub-klub asal Negeri Gingseng tersebut.

Baca Juga

Sejauh ini, banyak pemain muda yang memiliki kesempatan bermain di luar negeri. Sedangkan pemain senior Tanah Air hanya memenuhi skuat di klub-klub yang bersaing di kompetisi lokal.

Kendati demikian, bukan berarti para pemain senior Indonesia tidak bisa bersaing dengan sejumlah pemain Asia lainnya. Kepercayaan itu telah ditingkatkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.

Mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut dentgan berani merombak skuat Timnas Indonesia, yang dalam beberapa tahun terakhir selalu diisi oleh pemain-pemain muda. Namun dirinya kembali memanggil nama-nama veteran seperti Greg Nwokolo hingga Ruben Sanadi.

Baca Juga

Simon McMenemy pun juga berani mencoret nama bintang Persib Bandung, Febri Hariyadi, meski akhirnya dipanggil kembali karena kekurangan pemain. Ini menunjukkan bahwa pemain senior Indonesia juga masih bisa mengharumkan nama tanah kelahirannya.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum setidaknya lima pemain senior yang bisa hijrah ke kasta tertinggi sepak bola Korea Selatan pada musim depan.


1. 1. Manahati Lestusen

Manahati Lestusen dalam jumpa pers.

Manahati Lestusen menjadi bagian vital di lini tengah ataupun pertahanan Tira Persikabo dalam beberapa musim terakhir. Tak heran jika saat ini namanya kembali dipercaya untuk mengisi skuat Timnas Indonesia di bawah asuhan Simon McMenemy.

Kekuatan Manahati Lestusen dalam menjaga area pertahanan bisa menjadi nilai lebih untuk dirinya bermain di K-League pada musim depan. Dirinya bisa mengantisipasi gaya permainan Korea Selatan yang kerap kali menggunakan pressing intensitas tinggi.

2. Stefano Lilipaly

Pemain Bali United, Stefano Lilipaly saat bertarung di atas lapangan.

Stefano Lilipaly menjadi bintang Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dirinya mampu membantu produktivitas Skuat Garuda meski posisinya bukanlah seorang penyerang murni.

Baca Juga

Terlebih, Lilipaly juga berpengalaman di persepakbolaan Eropa. Dengan begitu, ia bakal cocok mewakili Indonesia bermain di Korea Selatan.

3. Andik Vermansah

Andik Vermansyah bersiap mengikuti OT di Stadion GBT pada Selasa (2/4/19).

Andik Vermansah memiliki pengalaman bermain di Liga Malaysia dalam beberapa musim terakhir. Itu menjadi modal bagi sang pemain untuk memikat perhatian klub-klub Negeri Gingseng.

4. Riko Simanjuntak

Bintang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak saat turun dari bus tim.

Nama Riko Simanjuntak semakin melejit ketika dirinya memnerima pinangan Persija Jakarta pada musim 2018 lalu. Kecepatannya pun bisa saja dimanfaatkan klub Korea Selatan untuk memberikan warna baru di K-League.

Baca Juga

5. Andritany Ardhiayasa

Andritany terbang meninju bola.

Tak hanya Riko Simnajuntak, penggawa Persija Jakarta Andritany Ardhiayasa juga bisa mendapatkan kesempatan berkarier di kasta teratas sepak bola Korea Selatan. Karena ia punya karisma saat menjaga gawang Persija saat bertarung di kompetisi level Asia.

Terus Ikuti Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Bursa TransferTimnas SeniorStefano LilipalyManahati LestusenAndik VermansahTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaBola InternasionalRiko SimanjuntakK-LeagueTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini