x

PSSI Ulang Tahun ke-89, Warganet Tuntut Perubahan

Jumat, 19 April 2019 11:37 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

INDOSPORT.COM – Tepat tanggal 19 April 2019 hari ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-89. Di usianya yang ke-89, pecinta sepak bola Indonesia punya harapan tinggi pada PSSI.

Harapan agar sepak bola Indonesia menjadi lebih baik mengiringi pertambahan usia PSSI yang ke-89. Harapan agar Timnas Indonesia meraih prestasi di tingkat internasional juga disuarakan oleh warganet menyambut hari ulang tahun PSSI.

Baca Juga

Terlepas dari dukungan dan harapan kepada PSSI, sejumlah kritik dan saran juga ditujukan pada induk sepak bola Indonesia tersebut. Poin-poin yang menjadi sasaran kritik warganet antara lain pembinaan usia muda yang dan jadwal Liga Indonesia yang masih carut-marut.

Terlepas dari kritik dan saran yang mengiringi hari ulang tahun PSSI, harapan pecinta sepak bola Indonesia masih sama, yaitu menginginkan sepak bola yang bersih dan Timnas Indonesia yang mampu berprestasi di level internasional.

PSSI resmi berdiri pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI lahir berkat inisiasi Soeratin Sosrosoegondo dan keberanian tujuh klub (bond) pendirinya yang bertujuan untuk membentuk wadah sepak bola milik pribumi serta sebagai bentuk perjuangan melawan kolonialisme.

Baca Juga

Tujuh klub pendiri PSSI adalah Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ, sekarang Persija), Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB, Persib), Perserikatan Sepakraga Mataram (PSIM), Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB, Persis Solo), Madioensche Voetbal Bond (MVB, PSM Madiun), Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM, PPSM Magelang), dan Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB, Persebaya).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM