x

4 Pemain yang Layak Menjadi Virgil van Dijk-nya Manchester United

Jumat, 26 April 2019 17:03 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT.COM - Buruknya lini pertahanan Manchester United menjadi lampu kuning bagi Ole Gunnar Solskjaer untuk mencari bek baru, mungkin seorang yang seganas Virgil van Dijk.

Van Dijk didatangkan dari Southampton ke Liverpool saat bursa transfer Januari 2018. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menyesuaikan diri bermain di klub sebesar The Reds dan bekerja sama dengan para pemain hebat asuhan Jurgen Klopp.

Ia bahkan berhasil menyabet nominasi predikat Pemain Terbaik Inggris 2018/19 bersaing dengan sejumlah nama besar seperti Raheem Sterling, Eden Hazard, Bernardo Silva, Sergio Aguero, dan Sadio Mane.

Baca Juga

Dengan performanya yang apik dalam menjaga wilayah pertahanan Liverpool, tentunya bek seperti Van Dijk layak menjadi idaman setiap klub sepak bola, terutama Manchester United yang sudah kebobolan 50 gol di ajang Liga Primer Inggris 2018/19.

Jumlah tersebut bisa dibilang cukup mencengangkan lantaran Setan Merah menjadi tim yang paling banyak kebobolan dibandingkan para pesaingnya yang turut memperebutkan posisi 4 besar, yaitu Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Lantas siapa yang cocok jadi bek baru Manchester United dengan karakter dan bakat istimewa seperti Van Dijk untuk musim depan? Berikut ini INDOSPORT merangkum sejumlah nama yang mungkin cocok jadi Virgil van Dijk-nya Manchester United. 


1. Matthijs de Ligt dan Raphael Varane

Di usia muda, Matthijs de Ligt sudah jadi kapten Ajax Amsterdam. Dean Mouhtaropoulos/Getty Images.

Matthijs de Ligt

Nama pemain muda Ajax Amsterdam ini belakangan sering muncul di banyak pemberitaan bursa transfer. Ini menjadi bukti bahwa banyak klub elite dunia yang memang ingin memakai jasanya sebagai seorang bek.

Masih berusia 19 tahun, De Ligt jelas akan menjadi aset berharga yang bisa dimanfaatkan oleh Manchester United jika ia benar-benar didatangkan Soslkjaer musim panas nanti. Kontribusinya untuk Ajax dan Timnas Belanda pun begitu signifikan.

Musim ini saja, De Ligt hanya absen dalam tiga laga di seluruh kompetisi. Berkat kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai starter, ia juga sudah mengoleksi durasi permainan yang lumayan banyak.

Dari statistik permainannya, De Ligt memiliki kemampuan menghadang, tekel, duel udara, dan akurasi operan yang layak disejajarkan dengan seorang Van Dijk.

Untuk mendatangkan De Ligt, Man United harus bersaing dengan banyak klub Eropa. Dia sedang santer dirumorkan akan merapat ke Barcelona.

Baca Juga
Raphael Varane sudah setia bertahun-tahun membela Real Madrid.

Raphael Varane

Tidak jauh berbeda dengan De Ligt, nama Raphael Varane juga berseliweran di perbincangan menjelang bursa transfer musim panas 2019. Ia bahkan dikabarkan ingin meninggalkan Real Madrid setelah delapan tahun mengabdi untuk klub raksasa LaLiga Spanyol tersebut.

Varane sendiri belum pernah mencicipi bermain di liga sepak bola Inggris lantaran selama karier seniornya ia hanya bermain di Prancis (RC Lens) dan Spanyol (Real Madrid). 

Dari catatan statistik, Varane juga bisa dianggap setipe dengan Van Dijk, meski ia punya peran sedikit berbeda di Real Madrid soal teknik penguasaan bola di lini belakang.

Akan tetapi, dengan pengalamannya yang sudah mumpuni di kancah liga domestik dan internasional, Varane bisa jadi pilihan tepat bagi Manchester United. Hanya saja, Varane masih terikat kontrak bersama Real Madrid hingga 2022 dan kerap berkutat dengan cedera.


2. Samuel Umtiti & Kalidou Koulibaly

Samuel Umtiti tengah kesulitan meraih posisi reguler di Barcelona.

Samuel Umtiti

Talenta pemain Prancis seolah memang tidak ada habisnya. Samuel Umtiti yang bermain untuk Timnas Prancis kini sedang dikabarkan ingin hengkang dari Barcelona.

Umtiti disinyalir ingin meninggalkan Camp Nou karena menjadi pilihan kedua oleh Ernesto Valverde, bersaing sengit dengan Clement Lenglet. Namanya pun lalu dikaitkan dengan Manchester United yang sedang mencari bek baru.

Seperti Van Dijk, sebelum ini eksistensi Umtiti tergolong cukup baik lantaran mencatat 96 penampilan sejak didatangkan dari Olympique Lyon tiga tahun lalu. Pemain berusia 25 tahun itu hanya butuh memulihkan kondisi setelah mengalami cedera lutut yang membuatnya hanya tampil 12 kali musim ini.

Baca Juga
Koulibaly kabarnya juga diminati Manchester United

Kalidou Koulibaly

Pemain Napoli ini juga memiliki kualitas yang tidak kalah hebatnya dari Van Dijk. Ia memiliki perawakan fisik yang cukup unggul, sekitar 195 cm yang bahkan bisa menjadikannya seorang bintang NFL di Amerika.

Kontribusi Koulibaly sejauh ini begitu signifikan baik bagi Napoli dan Timnas Senegal. Manchester United pun bisa menggaet Koulibaly jika ingin memiliki skuat pemain belakang yang terlihat tangguh seperti Liverpool yang dijaga Van Dijk.

Pihak manajemen Manchester United sendiri kabarnya juga tertarik memboyong Koulibaly. Mereka pun konon tidak segan mengeluarkan dana besar demi mendatangkan pemain tersebut ke Old Trafford.

Untuk ukuran bek, Koulibaly juga bisa dibilang cukup produktif dan hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Setan Merah jika jadi mendatangkannya. Namun, mengingat perannya yang penting di Napoli, klub Italia tersebut tentu tidak akan mudah melepasnya.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Bursa TransferManchester UnitedOle Gunnar SolskjaerLiga Primer InggrisLiga InggrisVirgil van DijkSepak Bola

Berita Terkini