x

Semen Padang Layak Jadi Contoh Klub Liga 1 Lain, Ini Alasannya

Minggu, 28 April 2019 20:34 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Profil Tim Semen Padang Liga 1 2019

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Semen Padang dinyatakan siap untuk mengikuti Liga 1 2019 setelah lolos verifikasi awal dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Bukan sekadar lolos, Semen Padang bahkan dinyatakan BOPI mampu memenuhi beberapa aspek, yang klub-klub Liga 1 2019 lainnya tak bisa penuhi. Seperti di antaranya masalah kontrak, pajak dan kitas (izin tinggal) pemain asing.

“Setelah verifikasi awal, kita ketahui semua klub belum memberikan kontrak dan pajak pemain, termasuk kitas asing. Sedangkan Semen Padang FC kita lihat sudah melakukan hal tersebut," terang Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal BOPI Sandi Suwardi Hasan, seperti dikutip dari halaman resmi Semen Padang.

Baca Juga

"Kita ambil empat tim sampel salah satunya Semen Padang FC. Selain itu ada Persipura, Bali United dan Perseru Badak Lampung FC. Setelah koordinasi, temuan kami Semen Padang FC salah satu klub yang sangat ready untuk untuk menghadapi Liga 1,” tambahnya.

Dalam verifikasinya, BOPI memang sangat menekankan aspek finansial, karena masalah finansial itu yang hingga kini masih banyak menjadi kendala klub-klub Indonesia. Selain juga ke masalah infrastruktur yang juga masih harus diperbaiki Semen Padang.

Dengan berbagai temuannya dalam proses verifikasi, Sandi berharap Semen Padang bisa menjadi acuan klub-klub lain di Liga 1, sebagai tolok ukur klub yang baik.

Baca Juga

“Semoga Semen Padang FC menjadi parameter klub yang baik, untuk dijadikan contoh di Liga 1,” tutupnya.

Meski telah melakukan verifikasi, BOPI sebenarnya tak punya wewenang untuk memutuskan sebuah klub layak atau tidak untuk mengikuti Liga 1 2019. Namun verifikasi tersebut bisa digunakan BOPI untuk memberikan rekomendasi ke PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Mengenang Herlina Kasim, Sang Kartini Sepak Bola Indonesia

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Semen PadangBadan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI)Liga IndonesiaLiga 1Bola Indonesia

Berita Terkini