x

Baru Seumur Jagung, Eks Kapten Italia Mundur Jadi Pelatih Timnas China

Senin, 29 April 2019 19:02 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
Fabio Cannavaro yang pernah menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia kini sedang bekerja di liga sepak bola China.

INDOSPORT.COM - Eks kapten Timnas Italia, Fabio Cannavaro, mundur dari Timnas China usai melakoni dua laga perdananya yang semuanya berujung pada kekalahan.

Cannavaro ditunjuk sebagai pelatih sementara menggantikan Marcello Lippi sejak pertengahan Maret 2019 lalu. Namun sayang debutnya tidak berjalan lancar setelah Timnas China menderita dua kekalahan di ajang Piala China 2019.

China harus mengakui keunggulan Thailand dan Uzbekistan secara berturut-turut pada 21 dan 25 Maret lalu. Yang lebih menyakitkan lagi, dua laga tersebut digelar di hadapan publik sendiri di Nanning, China.

Baca Juga

“Dengan penuh rasa hormat terhadap China sebagai negara yang hebat, saya perlu mengumumkan pengunduran diri saya dari posisi pelatih Timnas putra China,” demikian bunyi pernyataan Cannavaro melalui akun Weibo-nya, seperti diberitakan Fox Sports Australia.

Lantas apa yang melatarbelakangi keputusan Cannavaro tersebut? Ternyata Cannavaro berniat fokus menangangi klub Liga Super China yang sedang ditanganinya, Guangzhou Evergrande. Ia mengaku kewalahan jika harus menekuni dua tugas dalam satu waktu.

“Saya diminta melatih dua tim terpenting di China. Akan tetapi, peran ganda tersebut membuat saya tidak punya banyak waktu untuk keluarga,” ucap pemain yang pernah mengantarkan Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Lippi tersebut.

Baca Juga

Penunjukan Cannavaro sebagai pelatih Timnas China beberapa waktu sebenarnya mendapat respons positif dari publik China yang berambisi memajukan sektor sepak bola mereka. Namun keputusan Cannavaro sudah bulat.

Desas-desus soal kembalinya Lippi sebagai pelatih utama pun mulai menyeruak. Pria berusia 76 tahun tersebut mundur dari Timnas China setelah ajang Piala Asia 2019 lalu, namun masih bertindak sebagai penasihat di balik layar saat Cannavaro ditunjuk menggantikannya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

ItaliaChinaFabio CannavaroMarcello LippiGuangzhou EvergrandeLiga Super ChinaBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini