x

3 Bintang Liga Primer Inggris Ini Ternyata dari Akademi Sheffield United

Selasa, 30 April 2019 13:43 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Inggris, Sheffield United berhasil mengunci tiket promosi ke Premier League usai menempati posisi ke-2 divisi Championship dengan raihan 88 poin dari 45 laga.

Meski saat ini divisi Championship masih menyisakan satu pertandingan, raihan poin Sheffield United tidak akan disalip oleh Leeds United yang ada di posisi ke-3 dengan koleksi 82 poin.

Kembali berkompetisi di liga kasta teratas Inggris, membuat Sheffield United menjadi sorotan banyak pecinta bola. Pasalnya, klub yang bermarkas di Bramall Lane ini memang bukan tim langganan yang selalu berkompetisi di Premier League.

Baca Juga

Tercatat, Sheffield United hanya tiga kali tampil di Liga Primer Inggrs. Penampilan pertama mereka terjadi di musim 1992/93. Bahkan terakhir kali Sheffield United bermain di kompetisi yang terkenal dengan nama kick n'rush itu sekitar 12 tahun lalu pada musim 2006/07.

Meski begitu, ternyata Sheffield United telah mencetak pemain-pemain berbakat yang kini berkompetisi di Premier League.

Berikut INDOSPORT.COM rangkum 3 pemain bintang Premier League yang merupakan jebolan akademi Sheffield United.

1. Phil Jagielka

Phil Jagielka berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arsenal.

Bek veteran yang kini membela Everton ini ternyata jebolan akademi Sheffield United. Ia memulai kariernya di tim muda Sheffield United pada tahun 1998.

Kemudian, Jagielka dipromosikan ke tim senior pada tahun 2000. Pesepak bola yang kini sudah berumur 36 tahun ini menjalani tujuh musim bersama Sheffield United.

Selama tujuh musim berkarier bersama Sheffield United, ia mencatatkan 254 penampilan dan mencetak 18 gol. Kemudian Everton membeli Jagielka dari Sheffield United pada tahun 2007.


1. 2. Kyle Walker

Kyle Walker dalam laga Newcastle United vs Manchester City, di St. James Park, Selasa (29/01/19).

Siapa sangka bintang Manchester City, Kyle Walker merupakan jebolan akademi Sheffield United. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini menimba ilmu di akademi Sheffiel United dari tahun 1997. Namun, ia baru promosi ke tim senior di tahun 2008.

Setahun merumput dengan Sheffield United, Walker kemudian dibeli oleh Tottenham Hotspur pada 2009.

Di Tottenham, Walker sempat dipinjamkan ke berbagai klub, hingga kemudian ia menjelma sebagai salah satu bek kanan terbaik di Premier League. Pada akhirnya di tahun 2017, Manchester City memboyong Walker ke Etihad Stadium dari Tottenham Hotspur.

Baca Juga

3. Harry Maguire

Harry Maguire, pemain Leicester City.

Tembok pertahanan Leicester City, Harry Maguire, ternyata juga jebolan akademi Sheffield United. Maguire pernah membela Sheffield United selama tiga tahun dan mencatatkan 134 penampilan dan membukukan sembilan gol.

Setelah itu, ia baru pindah ke Hull City pada tahun 2014. Tiga musim bersama Hull, Maguire lalu dibeli Leicester City pada tahun 2017.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Liga Inggris lainnya di INDOSPORT.COM

Manchester CityEvertonLeicester CitySheffield UnitedKyle WalkerPhil JagielkaLiga InggrisHarry MaguireSepak Bola

Berita Terkini