x

Hasil Pertandingan Piala AFC 2019 PSM Makassar vs Home United: Lolos!

Selasa, 30 April 2019 16:54 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Marc Klok berusaha mengambil bola dari salah satu pemain Home United. Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Indonesia, PSM Makassar menang 3-2 atas Home United pada lanjutan pertandingan Piala AFC 2019 grup H, Selasa (30/04/19), di Stadion Pakansari, Bogor.

Kedua tim bermain sama kuat di babak pertama. Hujan deras yang mengguyur lapangan membuat PSM Makassar dan Home United sulit bermain maksimal.

Home United membuka keunggulan pada menit ke-51 melalui gol tendangan menyusur tanah yang dilepaskan oleh Hafiz Nor. Beberapa menit berselang, Hafiz Nor kembali membobol gawang Rivky Mokodompit dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Home United.

Baca Juga

Tertinggal dua gol, pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, memasukkan M. Rahmat dan Rizky Pellu untuk menambah intensitas serangan.

Hasilnya, serangan M. Rahmat berbuah penalti bagi PSM Makassar. Marc Klok sukses mengeksekusi penalti tersebut dan mengubah skor menjadi 1-2.

PSM Makassar menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-77 lewat sepakan melengkung yang dilepaskan oleh Marc Klok dari luar kotak penalti. Lagapun berlangsung menarik setelah gol calon pemain naturalisasi tersebut.


1. Jalannya Pertandingan

Wiljan Pluim saat akan mengeksekusi bola dari serangan dua pemain Home United. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Home United sudah mengancam pada awal babak pertama. Pemain Home United yang bergerak dari sisi kiri melepaskan umpan pendek yang masih bisa dihalau Aaron Evans.

The Protectors, julukan Home United, kembali memperoleh peluang. Berawal dari skema sepak pojok pendek, back-heel Abdil Qaiyyim masih menyamping dari gawang Rivky Mokodompit.

PSM Makassar mendapatkan 2 peluang matang di menit ke-11. Namun demikian, tembakan Guy Junior dan M. Arfan masih sebatas mengancam gawang Home United dan belum tepat sasaran.

Baca Juga

Giliran Wiljan Pluim yang membahayakan gawang tim tamu. Pluim menerima umpan dari sisi kiri dan melepaskan shot on target yang masih bisa ditepis Nazri Sabri.

Rapatnya pertahanan Home United membuat lini depan PSM Makassar kesulitan mencetak gol. M. Arfan mencoba peruntungan lewat tendangan jarak jauh yang masih terlalu lemah.

Pada menit ke-29, Adam Swandi yang tanpa penjagaan melakukan terobosan di area sebelah kiri. Umpannya ke area kotak penalti masih gagal disambut pemain Home United lainnya.

Hujan lebat yang mengguyur stadion membuat kedua tim kesulitan mengembangkan permainan. Skor imbang 0-0 untuk kedua tim bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, kedua tim masih saling berganti melakukan jual-beli serangan. Pada menit ke-47, Hafiz Nor melakukan sundulan keras yang masih bisa ditepis Rivky Mokodompit.

Hafiz Nor berhasil menjebol gawang PSM Makassar pada menit ke-51. Ia mengelabuhi Taufik Hidayat dan melepaskan tembakan menyusur tanah ke sudut kanan bawah gawang Juku Eja.

Home United menggandakan keunggulan 3 menit berselang setelah Hafiz Nor mencetak gol kedua atau brace pada pertandingan kali ini.

Baca Juga

Pelatih Darije Kalezic memasukkan M. Rahmat untuk menambah intensitas serangan. Hasilnya, serangannya pada menit ke-58 berbuah penalti setelah bek Home United melakukan handball.

Marc Klok membuat PSM Makassar memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 setelah eksekusi penaltinya mengelabuhi Nazri Sabri.

Pada menit ke-64, umpan terobosan Rizky Pellu berhasil dimanfaatkan M. Rahmat untuk membobol gawang Home United. Sayangnya, M. Rahmat terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Rizky Pellu giliran mengancam gawang Home United beberapa menit berselang. Sundulannya masih menyamping di sisi kiri gawang The Protectors.

PSM Makassar menyamakan kedudukan pada menit ke-77. Marc Klok melepaskan tembakan melengkung dari dari luar kotak penalti dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

PSM Makassar berbalik unggul pada menit ke-87. Tendangan keras Guy Junior dari luar kotak penalti menembus sisi kanan gawang Home United.

Kemenangan 3-2 atas Home United memastikan Juku Eja lolos ke semifinal Zonal ASEAN Piala AFC 2019 meski masih menyisakan 1 pertandingan melawan Lao Toyota FC.


2. Susunan Pemain

prediksi pertandingan PSM Makasar vs Home United.

PSM Makassar Xl:

Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Munhar, Taufik Hidayat; Asnawi Mangkualam, Wiljan Pluim, Marc Klok, M. Arfan; Zulham Zamrun, Guy Junior

Baca Juga

Home United XI:

Nazri Sabri; Juma’at Jantan, Abdil Qai, M. Faritz, Wai Loon; M. Izzdin, M. Hami, Adam Swandi; Song Ui-young, Hafiz Nor, Amiruldin

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Piala AFC dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

PSM MakassarAFC CupReviewBola InternasionalHasil PertandinganGuy Junior Nke OndouaHome UnitedMarc KlokBola Indonesia

Berita Terkini