x

Pensiun, Xavi Dihujani Pujian Setinggi Langit dari Para Tokoh Sepak Bola Dunia

Jumat, 3 Mei 2019 12:50 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Xavi Hernandez mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola pada usia 39 tahun. Ia mengundurkan diri ketika masih membela klub sepak bola Qatar, Al-Sadd.

Dilansir dari laman situs resmi UEFA, banyak tokoh sepak bola dunia yang memuji mantan pemain Barcelona itu. Mereka menganggap Xavi sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

"Saya sudah tidak bisa memujinya lebih banyak lagi. Tidak ada seorang pun yang setara dengannya. Dia adalah sosok yang unik dan menjadi peman kunci bagi klubnya dan Spanyol," ungkap Andres Iniesta yang juga pernah bermain bersama Xavi di Barcelona.

Baca Juga

"Orang-orang selalu bertanya kepada saya siapa yang ingin saya bawa keluar dari Barcelona untuk memperkuat tim kami, saya katakan Xavi. Keahliannya mengontrol bola membuatnya menjadi pemain terbaik Barcelona," ucap Iker Casillas, mantan pemain Real Madrid yang juga satu tim dengan Xavi di Timnas Spanyol.

"Dia sangat terhormat di ruang ganti. Ketika dia sedang tidak bermain, dia pasti selalu menyaksikan pertandingan sepak bola. Dia akan menjadi pelatih. Saya yakin itu," ujar Pep Guardiola, mantan pelatih Barcelona yang sekarang mengasuh klub Manchester City.

"Sebenarnya, bukan hanya Messi yang hebat. Iniesta dan Xavi selalu menguasai bola setiap pertandingan," ungkap mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson.

"Xavi adalah pemain terbaik, dia adalah sosok yang pantas diperbincangkan. Saya mengagumi Xavi. Bahkan, salah satu alasan kenapa saya suka Barcelona adalah karena ada Xavi," tutur legenda sepak bola Brasil, Pele.

Baca Juga

Xavier Hernandez Creus pernah membela Barcelona sejak 1998-2015. Selama periode tersebut, gelandang bernomor punggung enam ini telah mencetak 58 gol dari 505 pertandingan.

Setelah itu, ia pindah ke klub Qatar, Al-Sadd, sampai 2019 ini. Di klub tersebut, Xavi berhasil menyumbang 21 gol dari 82 pertandingan.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Internasional Hanya di INDOSPORT.COM

PeleBarcelonaIker CasillasAndres IniestaSir Alex FergusonXavi HernandezAl SaddBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini