x

Deretan Pemain Asing Liga 1 2019 yang Akan Menjalani Puasa di Indonesia

Minggu, 5 Mei 2019 18:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Seperti mayoritas pemain sepak bola Indonesia, beberapa pemain sepak bola asing muslim juga tetap akan melakoni pertandingan Liga 1 2019 selama bulan puasa.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, momen bulan Ramadan atau kerab disebut bulan puasa selalu disambut dengan spesial di Indonesia.

Baca Juga

Namun dalam beberapa tahun ke belakang, momen bulan puasa nyatanya tak bisa menghentikan bergulirnya kompetisi sepak bola di tanah air Liga 1 2019.

Kompetisi Liga 1 tetap bergulir selama bulan puasa, tentunya dengan beberapa penyesuaian. Misalnya pertandingan yang semuannya akan digelar malam hari, sesudah buka puasa.

Buat para pemain yang berpuasa, kebijakan tersebut tentu menjadi solusi yang menguntungkan. Begitupun buat pesepak bola asing muslim, yang biasanya akan tetap bermain di siang hari meski bulan puasa dalam kompetisi lainnya di luar negeri.

Baca Juga

Di Liga 1 2019 saat ini sendiri, ada beberapa pesepak bola asing muslim yang akan kembali menjalani momen pertandingan di malam selama bulan puasa.

Mayoritas pemain tersebut, memang merupakan muka-muka lama yang sudah ada di sepak bola Indonesia, meski ada juga muka baru di antara mereka.

Siapa saja pemain asing muslim tersebut, berikut INDOSPORT merangkumkan beberapa di antaranya.


1. Makan Konate (Arema FC)

Pemain Arema FC, Makan Konate saat memakai baju Gamis. Foto: instagram.com/makankonate10

Sudah sejak tahun 2012 bermain di Indonesia, kala bergabung di PSPS Pekanbaru, Makan Konate tentu sudah tidak asing dengan suasana bulan puasa di Tanah Air.

Dalam sebuah kesempatan, Konate sempat mengaku tak terkendala sama sekali dalam adaptasinya menjalani puasa di Indonesia. Karena dalam hal durasi puasa, di Indonesia tak jauh beda dengan di negara asalnya Mali.

Baca Juga

Namun satu hal yang membedakan, di Indonesia disebutnya banyak varian santapan buka puasa yang bisa menjadi pilihan. Di antara banyaknya itu, Konate pun menyebut kolak sebagai makanan favoritnya untuk buka puasa selama di Indonesia.


2. Manuchekhr Dzhalilov (Persebaya Surabaya)

Manuchekhr Dzhalilov melakukan selebrasi saat melawan Persib Bandung di Piala Presiden 2019.

Sosok pemain anyar Persebaya Surabaya, Manuchekhr Dzhalilov, juga menjadi pemain asing muslim yang akan kembali mejalani puasa di Indonesia. Dzhalilov mengawali puasa pertamanya di Indonesia, ketika masih berseragam Sriwijaya FC tahun 2018 lalu.

Baca Juga

Sebagai seorang muslim yang taat, Dzhalilov bahkan diketahui masih menyempatkan diri menjalankan ibadah solat tarawih di masjid, di tengah jadwal padatnya sebagai pesepak bola profesional. Salah satunya seperti yang terjadi kala Sriwijaya bertandang ke Medan di kompetisi Liga 1 2018 lalu.


3. Loris Arnaud (TIRA-Persikabo)

Loris Arnaud saat menendang bola ke arah gawang PSMS Medan.

Mirip seperti Dzhalilov, musim ini juga menjadi kesempatan kedua penyerang TIRA-Persikabo Loris Arnaud menjalani puasa di Indonesia.

Pada musim lalu, kala masih berseragam Persela Lamongan, Loris mengaku sangat antusias menyambut bulan puasa di Indonesia, karena melihat rekan-rekannya dan masyarakat Indonesia yang sangat gembira menyambut bulan suci bagi umat Islam itu.

Selain ketiga nama di atas, ada beberapa pesepak bola asing muslim lainnya yang akan berjibaku di Liga 1 2019. Seperti penyerang Persija Jakarta yang sedang dalam proses naturalisasi Silvio Escobar.

Juga pemain baru TIRA-Persikabo asal Tajikistan Khurshed Beknazarov yang diketahui beragam Islam, akan menjalani kesempatan pertamanya berpuasa di Indonesia.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Makan KonateLiga IndonesiaLiga 1Manucheckhr DzhalilovSilvio EscobarTRIVIALoris ArnaudBola Indonesia

Berita Terkini