x

3 Masalah yang Dijumpai Robert Rene Alberts Bersama Persib Bandung

Selasa, 7 Mei 2019 13:42 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (04/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COMRobert Rene Alberts telah menjalani pertandingan pertama bersama Persib Bandung. Meski menang melawan Borneo FC, Sabtu (04/05/19), Maung Bandung harus tersingkir dari turnamen Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19.

Mantan pelatih PSM Makassar tersebut kini punya waktu sepekan untuk berbenah sebelum bergulirnya kompetisi kasta tertinggi Liga 1 2019.

Menurut draft jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia Baru, Persib Bandung menjalani laga perdana menghadapi Persipura Jayapura, Sabtu (18/05/19).

Baca Juga

Mempersiapkan tim dalam jangka waktu singkat tentu bukanlah perkara mudah. Robert harus kembali menanamkan filosofi permainannya yang sebelumnya diisi Miljan Radovic.

Meskipun begitu, Robert sudah mengenal Persib Bandung dari sisi luar sebagai lawan. Sekarang, ia mengetahui lebih dalam kondisi internal tim sebagai pelatih.

Robert mengatakan telah menemukan permasalahan yang menghantui skuat Persib Bandung, salah satunya mental bermain. Di samping itu, ada beberapa masalah lain yang patut dicermati Robert.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com merangkum 3 masalah yang dijumpai Robert Rene Alberts bersama Persib Bandung.


1. Mental Bermain

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (kanan) ditemani pemainnya Dedi Kusnandar seusai pertandingan menghadapi Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (04/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Seperti yang telah disebutkan di awal, Robert Rene Alberts menyebut masalah mental bermain menjadi hal pertama yang akan dibenahinya.

Permasalahan itu ia lihat saat Persib Bandung berjumpa Borneo FC, Sabtu (04/05/19) lalu. Robert melihat adanya penurunan mental bertarung dari sejumlah pemainnya, terutama penggawa muda.

“Ketika pemain berada dalam tekanan, mereka kesulitan dalam membuat keputusan. Kamu bisa melihat pemain bisa bermain cukup bagus ketika kita unggul 1-0.”

“Tapi saat Borneo FC menyamakan kedudukan menjadi 1-1 kita bisa melihat penurunan mental di dalam tim,” ungkap Robert dalam jumpa pers, Sabtu (04/05/19) kemarin, seperti dilansir dari situs resmi klub.

Baca Juga

Skuat Gemuk

Persib Bandung kini memiliki skuat gemuk yang dihuni 33 pemain, termasuk Fabiano Beltrame yang masih menjalani proses naturalisasi.

Robert mengatakan akan membawa 29 pemain untuk mengarungi Liga 1 2019. Jumlah tersebut masih bisa bertambah apabila proses naturalisasi Fabiano selesai tepat waktu.

"Kita sudah rapat dengan manajemen hari ini, komposisi tim Persib ini dihuni 29 pemain," kata Robert Alberts di Lapangan Saraga ITB, Rabu (06/05/19).

"Kita juga masih menunggu naturalisasi Fabiano. Jika naturalisasinya disetujui, dia akan menjadi pemain ke-30. Jika tidak, kita akan memikirkannya lagi."

Gemuknya skuat Persib Bandung tentu memiliki keuntungan tersendiri sebab mereka punya kedalaman skuat. Di sisi lain, akan ada beberapa pemain yang kurang mendapatkan menit bermain padahal Persib Bandung dihuni skuat bertabur bintang.


2. Pertahanan Rapuh

Penjaga gawang Persib Bandung, M. Aqil Savik

Persib Bandung mendapatkan ‘ultimatum’ dari Bobotoh melalui media sosial usai tersingkir dari Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 lalu.

Bobotoh menyoroti rapuhnya lini pertahanan Persib Bandung. Duet Bojan Malisic dan Indra Mustafa dinilai belum bisa memberikan kenyataman bagi lini belakang.

Baca Juga

mhmdsandinc_ otw Indra out udah ada Jupe sama Fabiano

akmalrhamadana yow, tinggal menunggu Jupe dan Fabiano.

farizdestiadhi Coba Aqil Savik atau I Made lah kipernya. Natsir reflek na kurang euy.

ramzyfauza EVALUASI KIPER!

eldy_kandea Evaluasi bek

Selain itu, Bobotoh juga meminta adanya evaluasi di sektor penjaga gawang. Deden Natshir dan I Made Wirawan sudah selayaknya diparkirkan dan memberikan kesempatan kepada kiper muda Aqil Savik.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persib BandungBobotohRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1TRIVIABola Indonesia

Berita Terkini