x

Antarkan Arsenal ke Final, Unai Emery Resmi Jadi ‘Raja’ Liga Europa

Jumat, 10 Mei 2019 06:01 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
Manajer Arsenal, Unai Emery

INDOSPORT.COM – Arsenal memastikan satu tempat di partai final Liga Europa 2018/19 setelah mengalahkan Valencia 4-2 di Stadion Mestalla, Jumat (10/5/19) dini hari WIB. Kemenangan di Mestalla membuat Arsenal unggul agregat 7-3 atas Valencia.

Keberhasilan Arsenal melangkah ke laga final Liga Europa 2018/19 juga menjadi catatan rekor tersendiri bagi sang manajer, Unai Emery. Manajer asal Spanyol itu semakin menegaskan statusnya sebagai raja di kompetisi Liga Europa.

Baca Juga

Final Liga Europa 2018/19 merupakan final keempat Emery di kompetisi level kedua antar klub Eropa tersebut. Sebelumnya, Emery sudah pernah tiga kali mengantarkan klub yang ia latih berlaga di partai puncak Liga Europa.

Tiga final Liga Europa tersebut ia lakoni bersama satu klub, yakni Sevilla. Emery mengantarkan Sevilla ke final Liga Europa dalam tiga musim beruntun, yaitu musim 2013/14, 2014/15, dan 2015/16.

Rekor Emery di Liga Europa semakin mentereng karena pelatih kelahiran Hondarribia selalu memenangi tiga final yang ia lakoni bersama Sevilla. Dari tiga kesempatan berlaga di final Liga Europa, Emery selalu menjadi juara.

Seiring keberhasilan mengantar Arsenal ke final Liga Europa 2018/19, Emery mencatatkan namanya sebagai pelatih pertama empat kali berlaga di final Liga Europa. Pelatih berusia 47 tahun itu melewati catatan Giovanni Trapattoni yang pernah tiga kali berlaga di final Liga Europa (dulu Piala UEFA).

Selebrasi dari 2 striker Arsenal, Alexandre Lacazette (kiri) dan Pierre-Emerick Aubameyang saat unggul atas Valencia.

Seperti diketahui, Arsenal sukses mengalahkan Valencia 4-2 pada leg kedua semifinal untuk merebut satu tiket final Liga Europa 2018/19.

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pahlawan The Gunners berkat tiga gol yang ia cetak pada menit ke-17, 69, dan 88. Satu gol Arsenal lainnya dicetak oleh Alexandre Lacazette pada menit ke-50. Sedangkan dua gol Valencia dicetak oleh Kevin Gameiro pada menit ke-11 dan 58.

Baca Juga

Pada partai final Liga Europa 2018/19 yang akan dihelat di Stadion Olimpiade Baku, tanggal 29 Mei 2019 mendatang, Arsenal akan menghadapi Chelsea yang pada babak semifinal sukses menyingkirkan wakil Jerman, Eintracht Frankfurt, melalui adu tendangan penalti.

Terus Ikuti Berita Liga Europa Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM